HUBUNGAN STRES KERJA, MOTIVASI KERJA DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP RSUD PASAMAN BARAT

Authors

  • Ria Nofriani Institusi Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim Bukittinggi
  • Sumihardi Institute Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim Bukittinggi

Keywords:

Stres Kerja, Motivasi Kerja, Kompetensi dan Kinerja Karyawan

Abstract

Banyak perawat di Ruang Rawat Inap RSUD Pasaman Barat yang hasil kerjanya mengalami penurunan, yang dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya stres kerja, motivasi kerja dan kompetensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan untuk mengetahui hubungan stres kerja, motivasi kerja dan kompetensi terhadap kinerja perawat di Ruang Rawat Inap RSUD Pasaman Barat. Populasi adalah seluruh perawat di ruang rawat inap RSUD Pasaman Barat yang berjumlah 84 orang. Sampel penelitian ini diambil dari seluruh populasi sebanyak 84 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain sampling jenuh. Teknik analisis yang digunakan adalah univariat, bivariat dan multivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara stres kerja dengan kinerja pegawai di RSUD Pasaman Barat. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi kerja dengan kinerja pegawai di RSUD Pasaman Barat. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kompetensi dengan kinerja pegawai di RSUD Pasaman Barat. Stres kerja, motivasi kerja dan kompetensi secara bersama-sama memiliki hubungan positif dan signifikan dengan kinerja karyawan. Dari hasil penelitian diatas direkomendasikan kepada RSUD Pasaman Barat untuk lebih meningkatkan kompetensi dan motivasi kerja terhadap kinerja RSUD Pasaman Barat.

 

 

References

Alfida, R., & Widodo, S. (2022). Pengaruh Beban Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Perawat Ruang Isolasi Rsau Dr. Esnawan Antariksa Halim Perdanakusuma Jakarta Timur. 11, 35–44.

Bagiada, I. P. S., & Netra, I. G. S. K. (2019). Pengaruh Stres Kerja , Burnout Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Perawat Rsd Mangusada Kabupaten Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Inedonesia Email : Bagiadasurya@Gmail.Com Abstrak Pendahuluan Manusia Merupakan Salah Satu. 5, 493–524.

Bukhari, S. E. P. (2019). Pengaruh Motivasi, Kompetensi, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Bukhari 1)* , Sjahril Effendi Pasaribu 2) 1,2. 2(1), 89–103.

Danie Sulistiyaningrum. (2018). Pengaruh Motivasi, Kompensasi, Gaya Kepemimpinan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan.

Ghozali, I. (2016). Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja Dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjar. Jieb, 130–137.

Hasibuan, S. P. M. (2019). Manajemen Sdm (5th Ed.). Albeta.

Junaidi, J. (2021). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Kompetensi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Pegawai. 1(4), 411–426.

Laksana, I. G. D., & Mayasari, N. M. D. A. (2021). Pengaruh Kompetensi Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Perawat Di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Bali. 7(2), 192–200.

Mangkunegara, A. . A. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Pt Remaja Rosda Karya.

Nurullah, M., Mardiana, N., Ahadiat, A., Fasa, M. I., Lampung, U., Islam, U., Raden, N., & Lampung, I. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil (Studi Pada Rumah Sakit Umum Daerah Jenderal Ahmad Yani Metro). Ecoplan, 3(29), 26–33.

Pratista, E. S. R. M. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Karyawan Pt Rafa Topaz Utama Di Jakarta. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 14(2), 43–58. Https://Doi.Org/10.47313/Oikonomia.V14i2.520

Purwanto;, A., Asbari;, M., & Santoso, P. B. (2019). Pengaruh Kompetensi, Motivasi, Kepemimpinan, Komitmen Dan Budaya Kerja Sistem Manajemen Integrasi Iso 9001, Iso 14000 Dan Iso 45001 Pada Industri Otomotif. Jurnal Produktivitas, 6(2), 158–166.

Qufni, D. D. (2022). Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Di Bank Perkreditan Rakyat Syariah Harum Hikmah Nugraha. 33–41.

Rakhmawati, P., Satoto, E. B., Nyoman, N., & Martini, P. (2021). Kinerja Melalui Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening ( Studi Pada Tim Koordinasi Penaggulangan Kemiskinan ( Tkpk ) Bappeda Kabupaten Bondowoso ).

Riduwan. (2017). Dasar-Dasar Statistika. In Bandung: Alfabeta.

Rompasl, G. A. C., Tewal, B., & Dotulong, L. O. H. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Pengawasan, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perhubungan Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4).

Saputro, G. B., & Siagian, H. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Variabel Intervening Motivasi Kerja Di Head Office Pt. Marifood. Agora, 5(3), 1–8.

Sedarmayanti. (2017). Perencanaan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Pt Refika Aditama.

Simamora, H. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. In Yogyakarta: Stiey.

Sipatu, L. (2019). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Perawat Di Ruang Rawat Inap Rsud Undata Palu. 147–158.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. In Bandung : Alfabeta, Cv.

Downloads

Published

2022-07-28

How to Cite

Ria Nofriani, & Sumihardi. (2022). HUBUNGAN STRES KERJA, MOTIVASI KERJA DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP RSUD PASAMAN BARAT. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 1(2), 107–120. Retrieved from https://journal.unimar-amni.ac.id/index.php/EBISMEN/article/view/29