Strategi Peningkatan Kinerja Pegawai Di Rumah Sakit Sytematic Literature Review

Authors

  • Uci Pramida Universitas Sangga Buana YPKP Bandung
  • Dety Mulyanti Universitas Sangga Buana YPKP Bandung

DOI:

https://doi.org/10.58192/ebismen.v2i1.677

Keywords:

Kinerja karyawan; rumah sakit; Strategi; Peningkatan; Pelayanan Kesehatan

Abstract

Rumah sakit sebagai lembaga pelayanan kesehatan memerlukan kinerja karyawan yang optimal dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada pasien. Kinerja karyawan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk keterampilan, pengetahuan, motivasi, dan lingkungan kerja. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang efektif untuk meningkatkan kinerja karyawan di rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi peningkatan kinerja karyawan di rumah sakit. Metode yang digunakan adalah studi literatur, yaitu dengan melakukan tinjauan terhadap artikel, jurnal, dan buku yang relevan dengan topik penelitian. Penelitian ini mengidentifikasi beberapa strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja karyawan di rumah sakit, antara lain pelatihan dan pengembangan karyawan, pemberian insentif dan reward, peningkatan komunikasi dan kolaborasi antar departemen, serta peningkatan kualitas lingkungan kerja. Hasil dari studi literatur menunjukkan bahwa strategi pelatihan dan pengembangan karyawan merupakan strategi yang paling efektif untuk meningkatkan kinerja karyawan di rumah sakit. Pelatihan dan pengembangan karyawan dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan karyawan, sehingga mereka dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pasien. Selain itu, pemberian insentif dan reward juga dapat meningkatkan motivasi karyawan, sehingga mereka lebih termotivasi untuk memberikan pelayanan yang berkualitas. Kesimpulannya, strategi peningkatan kinerja karyawan di rumah sakit perlu diimplementasikan secara efektif dan terencana, dengan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan dari strategi tersebut. Dalam jangka panjang, strategi tersebut dapat meningkatkan kinerja karyawan, sehingga meningkatkan kualitas pelayanan di rumah sakit dan memberikan kepuasan kepada pasien.

 

References

Dicky Yulius Pangkey, Masydzulhak Djamil, Ahmad Hidayat Sutawijaya, Ahmad Badawi Saluy, 2022. Strategi Pengelolaan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kinerja Berkelanjutan Di Rumah Sakit Tipe C Jakarta Timur. Jurnal Doktor Manajement Vol. 5, No.1, 15-25 .

Fadhilatul Hasnah & Dian Paramitha Asyari ( 2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Di Rumah Sakit. Jurnal Kesehatan Jompa Vol 1, No.1.

Isan Anwar Hasan, 2017. Strategi Peningkatan Kinerja Pegawai ( Studi Kasus di Kantor RRI cabang Biak Numfor), Jurnal Gema Kampus Iisip Yapis Biak. Vol 12, No 2.

Iqfan Agfianto, Sri Hartono, Djumali, 2019. Pengaruh Budaya Organisasi, Kedisiplinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Di rumah Sakit Umum DR.Soediran Mangun Sumarso Kabupaten Wonogiri, jurnal Ilmiah Edunomika. Vol 3, No 1.

Kartini Khoirunnisah, Indira Chotimah, Husnah Maryati, 2021. Faktor – Faktor Yang berhubungan dengan Kinerja Pegawai Loket Pendaftaran di Rumah Sakit Bogor, Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat. Vol 3, No. 6.

Moch. Bayu Hindarto, 2021. Pengatuh penilaian dan mentoring terhadap peningkatan kinerja karyawan di Rumah sakit IslamNasrul Ummah. Jurnal Ilmu Manajemen Vol 9, No. 4

Sopia Manusawai, Jacob Manusawai, Anton S. Sinery, 2021. Analisis faktor penentu kinerja pegawai Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Manokwari. Jurnal Cassowary Vol 4, No 1, 101-111.

https://jdihn.go.id/files/4/2009uu044.pdf

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Uci Pramida, & Dety Mulyanti. (2023). Strategi Peningkatan Kinerja Pegawai Di Rumah Sakit Sytematic Literature Review. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 2(1), 229–239. https://doi.org/10.58192/ebismen.v2i1.677