PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN PROVINSI SUMATERA UTARA

Authors

  • Anggi Dinanti Akhiriani Universitas Potensi Utama
  • Taufik Risal Universitas Potensi Utama

DOI:

https://doi.org/10.58192/ebismen.v2i1.575

Keywords:

Lingkungan Kerja, Gaya Kepemimpinan, Kinerja Karyawan

Abstract

Skripsi ini menggunakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui apakah lingkungan kerja dan gaya kepemimpinan memiliki pengaruh secara simultan dan parsial terhadap kinerja karyawan di Disperindag, dan juga diantara kedua variabel tersebut, variabel mana yang berpengaruh paling dominan terhadap variabel terikatnya.

Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 62 responden. Adapun responden dalam penelitian ini adalah keseluruhan pegawai yang bekerja di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Utara. Teknik pengumpulan data dengan memberi kuesioner pada responden dan dokumentasi. Teknik sampling yang dipakai adalah metode sensus dan teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas dengan analisis faktor, uji reliabilitas dengan Alpha Cronbach. Uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian.

      Hasil analisis melalui uji T menunjukkan bahwa lingkungan kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dan gaya kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Sedangkan hasil analisis melalui uji F menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan dan lingkungan kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Utara.

 

References

Wursanto.(2009). Dasar-Dasar Ilmu Organisasi. Yogyakarta: ANDI.

Kasir ( 2018 ). Manajemen Sumber Daya Manusia.Jakarta: Perdana Mulya Sarana.

Mangkunegara, A. A. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Badung: PT. Remaja Rosda Karya.

Martoyo, S. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Mathis, R. L., & Jackson, J. H. (2006). Human Resource Management (Manajemen Sumber Daya Manusia). Jakarta: Salemba Empat.

Sutrisno.(2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kartono, K. ( 2019). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Kartono, K. (2010). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Miftah, T. (2010). Kepemimpinan dan Manajemen. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.Perusahaan. 13(1), 1689–1699.

Nitisemito.(2013). Manajemen Personalia. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Noah,& Steve. (2014). Work Environment and Job Attitude Among Employees in a Nigerian Work Organization. Journal of Sustainable Society.

Sedarmayanti.(2011). Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: PT Refika Aditama..

Sugiyono.(2010).Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.(2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Anwar Sanusi. ( 2017 ). Metodeologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Downloads

Published

2023-02-16

How to Cite

Anggi Dinanti Akhiriani, & Taufik Risal. (2023). PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN PROVINSI SUMATERA UTARA. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 2(1), 27–36. https://doi.org/10.58192/ebismen.v2i1.575