PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN BAKMI TANDO 07

Authors

  • Gita Sagita Institut Manajemen Wiyata Indonesia
  • Zeffanya Raphael Wijaya Institut Manajemen Wiyata Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58192/ebismen.v1i3.37

Keywords:

Digital Marketing, Strategi Pemasaran, UMKM

Abstract

Pandemi covid-19 telah menghadirkan berbagai tantangan khususnya bagi pelaku UMKM. Pergeseran cara melakukan pemasaran offline ke online nampaknya memaksa UMKM untuk dapat mengikuti perubahan tersebut. Saat ini, berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM baru sekitar delapan juta pelaku usaha atau 13% dari seluruh UMKM yang mampu memanfaatkan teknologi informasi dalam bisnisnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan digital marketing yang dilakukan oleh Bakmi Tando 07 dan apa kendala yang dihadapi saat menerapkan digital marketing. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan wawancara terstruktur, wawancara mendalam, dan observasi terhadap pelaku usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan digital marketing dilakukan dengan memposting produk di media sosial seperti Facebook, Instagram, dan status Whatsaap. Selain itu juga membangun kemitraan dengan Go-Food, Grab-Food, dan Shopee-Food untuk menambah platform pemasaran produk secara digital dan kemudahan dalam pesan-antar makanan. Kendala yang dihadapi dalam menerapkan digital marketing adalah koneksi internet yang tidak stabil, keterlambatan dalam pengiriman, serta masalah internal karena kurangnya SDM akibat pesanan yang banyak karena promosi di media sosial.

References

Arda, M., & Andriany, D. (2019). Analisis Faktor Stimuli Pemasaran dalam Keputusan Pembelian Online Produk Fashion Pada Generasi Z. Jurnal INTEKNA: Informasi Teknik Dan Niaga, 19(2), 115–120.

Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Avriyanti, S. (2021). Strategi bertahan bisnis di tengah pandemi covid-19 dengan memanfaatkan bisnis digital (studi pada ukm yang terdaftar pada dinas koperasi, usaha kecil dan menengah kabupaten Tabalong). Jurnal PubBis, 5(1), 60–74.

Az-Zahra, N. S. (2021). Implementasi Digital Marketing Sebagai Strategi Dalam Meningkatkan Pemasaran UMKM. NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science, 1(1), 77–88.

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital marketing: strategy, implementation & practice. Pearson uk.

Chakti, G. (2019). The Book of Digital Marketing: Buku Pemasaran Digital (Vol. 1). Celebes Media Perkasa.

CNBCIndonesia. (2022). Data Terbaru! Berapa Pengguna Internet Indonesia 2022? Cnbcindonesia.Com. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220609153306-37-345740/data-terbaru-berapa-pengguna-internet-indonesia-2022#:~:text=Sedangkan data terbaru APJII%2C tahun,juta pengguna internet di Indonesia.

Gaikwad, J., & Kate, P. H. (2016). E-Marketing: A Modern Approach of Business at The Door of Consumer. Clear International Journal of Research in Commerce & Management, 7(9).

Gunawan, C., & Septianie, I. (2021). The Effect of Trust and Risk Perceptions Using E-Commerce on Consumer Purchase Intentions. Journal of Economics and Business (JECOMBI), 1(3), 239–247.

Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). Strategi Digital Marketing Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) untuk Bersaing di Era Pandemi_Strategi Digital Marketing Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) untuk Bersaing di Era Pandemi. Competitive, 16(1), 32–41.

Keegan, B. J., & Rowley, J. (2017). Evaluation and decision making in social media marketing. Management Decision.

Lindawati, S., Hendri, M., & Hutahaean, J. (2020). Pemasaran Digital. Yayasan Kita Menulis.

Ramadhan, H., Gunawan, C., & Taslim, M. (2020). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Penjualan Krispy Yammy Babeh. WINTER JOURNAL: IMWI STUDENT RESEARCH JOURNAL, 1(2), 1–10.

Saifuddin, M. (2021). Digital Marketing: Strategi Yang Harus Dilakukan Umkm Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Bisnis Terapan, 5(1), 115–124.

Saputra, D. H., Sutiksno, D. U., Kusuma, A. H. P., Romindo, R., Wahyuni, D., Purnomo, A., & Simarmata, J. (2020). Digital Marketing: Komunikasi Bisnis Menjadi Lebih Mudah. Yayasan Kita Menulis.

Smith, C., Smith, J. B., & Shaw, E. (2017). Embracing digital networks: Entrepreneurs’ social capital online. Journal of Business Venturing, 32(1), 18–34.

Smith, K. T. (2003). The Marketing Mix of IMC: A Move from the 4 P’s to the 4C’s. Journal of Integrated Marketing Communicatons, 2003, 1–3.

Sobandi, A., & Somantri, B. (2020). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Winter Journal: IMWI Student Research Journal, 1(1), 41–52.

Veranita, M., Yusuf, R., Sahidin, Y., Susilowati, R., Fatihah, D. C., & Warsiati, W. (2021). Empowering UMKM Dengan Pemanfaatan Digital Marketing Di Era New Normal (Literasi Media Digital Melalui Webinar): Literasi Media Digital melalui Webinar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 4(2).

Wijoyo, H. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di masa pandemi. Insan Cendekia Mandiri.

Wiyata, M. T., Putri, E. P., & Gunawan, C. (2020). Pengaruh Customer Experience, Ease of Use, dan Customer Trust Terhadap Repurchase Intention Konsumen Situs Jual Beli Online Shopee. Cakrawala, 3(1), 11–21.

Downloads

Published

2022-09-06

How to Cite

Sagita, G., & Raphael Wijaya, Z. (2022). PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN BAKMI TANDO 07. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 1(3), 24–31. https://doi.org/10.58192/ebismen.v1i3.37

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.