Implementasi Business Model Canvas (Bmc) Dalam Perencanaan Strategi Pemasaran Toreko

Authors

  • Fikri Ihsanul Fuad Universitas Tadulako
  • Juliana Kadang Universitas Tadulako
  • Ihksan Syarifuddin Perusahaan Umum Daerah Kota Palu

DOI:

https://doi.org/10.58192/ebismen.v2i1.656

Keywords:

strategi pemasaran, business model canvas

Abstract

Setiap bisnis tentunya memiliki strategi pemasaran yang akan dimplementasikan untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan. Pada bisnis Toreko juga memiliki strategi pemasaran untuk menyampaikan produk yang dihasilkan kepada konsumen. Untuk merencanakan strategi pemasaran, Toreko menggunakan model bisnis yaitu Business Model Canvas (BMC) yang terdiri dari sembilan elemen yaitu costumer segments, value propositions, channels, customer relationship, revenue streams, key resources, key activities, key partnership, dan cost structure. Dengan menggunakan BMC, dapat mempermudah sebuah bisnis dalam merumuskan strategi pemasaran yang akan diimplementasikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan BMC dalam perencanaan strategi pemasaran pada bisnis Toreko. Adapun hasil dari penelitian ini, Toreko telah mengimplementasikan beberapa strategi pemasaran yang telah dirumuskan pada sembilan elemen BMC yang bertujuan untuk menyampaikan produk kepada konsumen.

References

Adry N. 2013. Tepung Mocaf (Modified Cassava Flour) Sebagai Produk Ketahanan Pangan Masa Depan. Diakses Tanggal 9 Juli 2018 http://distan.riau.go.id/index.php/component/content/article/54teknologi/329-tepung-MOCAF-produk-ketahan-pangan-masa-depan.

Bungin, B. 2017. Komunikasi Pariwisata (Tourism Communication): Pemasaran Dan Destination. Jakarta: Kencana.

Fawzi, M. G. H et al. 2022. STRATEGI PEMASARAN: Konsep, Teori Dan Implementasi. Tangerang Selatan: Pascal Books.

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Manajemen. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P, dan K.L Keller. 2016. Marketing Management. 15th Edition. New Jersey: Pearson Pratice Hall, Inc.

Osterwalder, Alexander, dan Yves Pigneur. 2012. Business Model Generation. Jakarta: PT. Elex Media Komput indo.

Prasojo, I. D. 2018. Manajemen Strategi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Rusdiana, M, dan S.M Moch. Irfan. 2014. Sistem Informasi Manajemen. Bandung: Pustaka Setia.

Sani, I, C.I.R Marsiti, dan L Masdarini. 2019. “Studi Eksperimen Pengolahan Brownies Kukus Berbahan Baku Tepung Ubi Jalar Ungu.” Jurnal Bosaparis : Pendidikan Kesejahteraan Keluarga 9(1): 67–75.

Tjiptono, F, dan A Diana. 2020. Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2023-03-28

How to Cite

Fikri Ihsanul Fuad, Juliana Kadang, & Ihksan Syarifuddin. (2023). Implementasi Business Model Canvas (Bmc) Dalam Perencanaan Strategi Pemasaran Toreko. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 2(1), 102–113. https://doi.org/10.58192/ebismen.v2i1.656