Pengaruh Strategi Pemasaran Media Sosial (Instagram) dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Lokal Compass Dengan Minat Beli Sebagai Mediasi

Authors

  • Elita Tanujaya Julianto Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.58192/ebismen.v1i4.146

Keywords:

citra merek, keputusan pembelian, minat beli, strategi pemasaran media sosial.

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh strategi promosi melalui sosial media dan citra sebuah merek terhadap minat beli konsumen, pengaruh langsung media sosial serta minat beli terhadap keputusan pembelian konsumen, serta pengaruh secara tidak langsung media sosial terhadap keputusan pembelian sepatu lokal “Sepatu Compass” melalui minat beli konsumen. Penelitian dilakukan dengan menggunakan survei yang disebarkan secara online kepada 115 masyarakat yang berdomisili di Jabodetabek dan pernah melakukan pembelian Sepatu Compass. Metode penelitian yang digunakan yaitu Analisis Jalur. Hasil menunjukan bahwa strategi pemasaran media sosial berpengaruh terhadap minat beli konsumen Sepatu Compass, citra merek berpengaruh terhadap minat beli konsumen Sepatu Compass, minat beli berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Sepatu Compass, strategi pemasaran media sosial tidak berpengaruh  terhadap keputusan pembelian produk Sepatu Compass, citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Sepatu Compass, strategi pemasaran media sosial berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui minat beli konsumen Sepatu Compass, dan citra merek tidak berpengaruh langsung terhadap keputusan pembelian melalui minat beli konsumen Sepatu Compass.

References

Adila, S. N., & Aziz, N. (2019). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Oleh Minat Beli Pada Konsumen Restoran Kfc Cabang Khatib Sulaiman Padang. 1–16. https://doi.org/10.31219/osf.io/dqb9m

Aditya, Kurniawan, M., & Budiatmo, A. (2018). Pembelian Toyota Rush Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening ( Studi Pada Konsumen Toyota Rush Di Nasmoco Kota Semarang ). Bisnis, Departemen Administrasi, IX(Iv), 548–553.

Agustin, R., & Hasyim. (2019). Membangun niat beli secara online melalui kemudahan dan kepercayaan konsumen. Journal of Economic, 10(2), 121–132.

Ahmad, M., & Kalangi, J. A. F. (2020). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Oriflame Di Kota Manado. Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 10(1), 25–31. https://doi.org/10.35797/jab.10.1.2020.28826.25-31

Ariesandy, P., & Zuliestiana, D. A. (2019). Pengaruh Social Media Marketing Melalui Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Ladyfameshop. E-Proceeding of Management, 6(2), 2767–2772.

Diyatma, A. J. (2017). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Saka Bistro & Bar. E-Proceding of Management, 4(1), 175–179.

Farisi, S. (2018). Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian sepatu Adidas pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Publikasi Ilmiah, 689–705. Retrieved from http://hdl.handle.net/11617/9995

Hartono, R., Arifin, R., & Hufron, M. (2016). Pengaruh Strategi Promosi Sosial Media (Instagram) Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Kuliner Mbok taya. E – Jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN, 167–184.

Hasyim, H., & Anindita, R. (2016). Developing Conceptual Model for Online Shopping Attitude in Indonesia : Based on the Diffusion of Innovations Theory. International Journal of Economics, Commerce and Management, IV(6), 560–581.

Herwat Setiawan, H., & Mutiara. (2020). Marketing Mix and Trust as A Visiting Intention Factors. Journal of Multidisciplinary Academic, Vol. 4(No. 6, 2020), 373–380.

Hilmi, D. A. (2019). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Nasabah. 1.

Jati, W., & Yuliansyah, H. (2017). PENGARUH STRATEGI PEMASARAN ONLINE (ONLINE MARKETING STRATEGY) TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Studi Kasus Pada Toko Online Shop Azzam Store). 1(1), 2598–2823.

Junior, O. M. S., Areros, W. A., & Pio, R. J. (2019). Pengaruh Brand Image dan Persepsi Harga Terhadap Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelanggan Datsun Nissan Martadinata). Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2), 1. https://doi.org/10.35797/jab.8.2.2019.23508.1-9

Kaplan, A. M. (2018). Social Media, Definition, and History. In R. Alhajj & J. Rokne (Eds.), Encyclopedia of Social Network Analysis and Mining (pp. 2662–2665). https://doi.org/10.1007/978-1-4939-7131-2_95

Kurniasari, M., & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada J.Co Donuts & Coffee Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1), 25. https://doi.org/10.14710/jab.v7i1.22571

Kurniawati, D., & Arifin, N. (2015). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial dan Minat Beli Mahasiswa. Jurnal Simbolika, I, 193–198.

Lubis, E. E. (2016). Pemanfaatan Instagram sebagai Social Media Marketing Er-corner Boutique dalam Membangun Brand Awareness di Kota Pekanbaru. Jom Fisip, 3(1), 1–15.

Mileva, L., & DH, A. F. (2018). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ( Survei Online pada Mahasiswa Sarjana Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2014 / 2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Membeli Starbucks. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 58(1), 190–199.

Ningrat, D. R., Maruddani, D. A. I., & Wuryandari, T. (2016). Analisis Cluster dengan Algoritma K-Means dan Fuzzy C-Means Clustering Untuk Pengelompokan Data Obligasi Korporasi. Jurnal Gaussian, 5(4), 641–650.

Nurhayati, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian handphone samsung di yogyakarta. JBMA – Vol. IV, No. 2, September 2017 ISSN : 2252-5483, IV(2), 60–69.

Piero, A. Del, & Rubiyanti, R. N. (2021). Pengaruh Brand Image dan Perception to Country of Origin terhadap Keputusan Pembelian sepatu Compass. E-Proceeding of Management, 8(5), 5758–5767.

Ramadhan, A. G., & Santosa, S. B. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Ulang pada Sepatu Nike Running di Semarang melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, 6(1), 1–12. Retrieved from http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/management

Rizaty, M. A. (2021). No Title× Masuk Paket Berlangganan Data Stories Data Series Regional Dashboard Home Inilah Negara Pengguna Instagram Terbanyak, Indonesia Urutan Berapa? Inilah Negara Pengguna Instagram Terbanyak, Indonesia Urutan Berapa?

Rusidi, M. (2019). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada Perusahaan Genting Ud. Berkah Jaya Moh. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 49–54.

Sitorus, C. V., Maolana, A., & Se, H. (2019). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Iphone Di Bandug Tahun 2019. E-Proceeding of Applied Science, 5(2), 637–644.

Sugianto Putri, C. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cherie Melalui Minat Beli. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(5), 594–603.

Suharto, C. A. ., Tumbel, A. L., & Trang, I. (2016). Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Daya Tarik Iklan Terhadap MInat Beli Konsumen pada PT. Remaja Jaya Mobilindo Manado. Jurnal EMBA, 4(3), 209–221.

Susetyarsi, T., & Harminingtyas, R. (2021). PENGARUH STRATEGI PROMOSI MELALUI SOCIAL MEDIA (Context,Communication,Collaboration,Connection) TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Studi Kasus pada Produk Pakaian Old Man Store di Semarang). Jurnal STIE Semarang, 13(1), 51–69.

Tungka, D., Lionardo, M. M., Thio, S., & Iskandar, V. (2020). Pengaruh Social Media Marketing Pada Instagram Terhadap Minat Beli Chatime Indonesia. Jurnal Hospital Dan Manajemen Jasa, 8(2), 77–87.

Tutia, I., & Najib, M. F. (2019). Pengaruh Citra Merek dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Sport Hijab. Prosiding Industrial Research Workshop and …, 697–705. Retrieved from https://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/proceeding/article/view/1501

Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta - Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 271–278.

Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1), 59–66.

Widayati, W., & Augustinah, F. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Makanan Ringan Kripik Singkong Di Kabupaten Sampang. DIALEKTIKA : Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(2), 1–20. https://doi.org/10.36636/dialektika.v4i2.345

Wirayanthy, N., & Santoso, S. (2019). Pengaruh Harga, Citra Merek dan Kualitas Terhadap Minat Beli Produk Private Label. 2(4 (66)), 87–96.

Wulandari, R. D., & Iskandar, D. A. (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kosmetik. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(1), 11–18. https://doi.org/10.36226/jrmb.v3i1.81

Zulfikar, A. R., & Mikhriani. (2017). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP BRAND TRUST PADA FOLLOWERS INSTAGRAM DOMPET DHUAFA CABANG YOGYAKARTA. 1(2), 13–14.

Downloads

Published

2022-11-18

How to Cite

Elita Tanujaya Julianto. (2022). Pengaruh Strategi Pemasaran Media Sosial (Instagram) dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Lokal Compass Dengan Minat Beli Sebagai Mediasi. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 1(4), 16–29. https://doi.org/10.58192/ebismen.v1i4.146