Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Customer Relationship Management (CRM) terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Pada CV Mars Global Group

Authors

  • Imam Munandar Universitas Potensi Utama
  • Tika Nirmala Sari Universitas Potensi Utama

DOI:

https://doi.org/10.58192/ebismen.v2i1.573

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Customer Relationship Management (CRM), Keputusan Pembelian, Pelanggan, CV. MARS GLOBAL GROUP

Abstract

Keputusan pembelian yaitu berupa tahapan yang dilakukan oleh konsumen sebelum melakukan pembelian suatu produk. Produk yang dicarinya serta mengevaluasi alternatif yang paling menguntungkan. pengambilan keputusan merupakan suatu pendekatan yang sistematis terhadap suatu masalah yang dihadapi. Masalah tersebut menyangkut pengetahuan tentang hakikat dari masalah yang dihadapi. Oleh karena itu pengambilan keputusan oleh konsumen didasari pada perbandingan sebagai referensi, peluang dan manfaat serta mudharat yang ada. Masalah yang terjadi terkait kualitas pelayanan adalah banyak pelanggan yang tidak puas dengan kualitas pelayanan yang telah diberikan selama ini kepada para pelanggan. Masalah yang terjadi terkait pekerja adalah pelanggan menilai bahwa sumber daya manusia atau pekerja CV Mars Global Group masih kurang baik. Masalah dalam hal pendekatan diri terhadap para pelanggan sehingga para pelanggan tidak selalu memberikan keputusan untuk membeli produk CV Mars Global Group. Berdasarkan hasil uji SPSS pada data Anova dalam kolom R Square = 0.879, maka seluruh variabel berpengaruh terhadap Variabel Keputusan Pembelian sebesar 87.9% dan sisanya yaitu 12.1% dijelaskan oleh faktor variabel lain seperti harga, promosi, dan citra merek yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

References

Asraini, D. (2019). Pengaruh Customer Relationship Management Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pt. Nusantara Surya Sakti Sumbawa. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1).

Dewi, F., Rahayu, L., & Safitri, U. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada CV. XP Computer, Boyolali). EKOBIS : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 8(1).

Iqbal, M., & Kadir, A. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Merchant Go Food Festival Duta Mall Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 6(2).

Nabila, P. A., Indriyansyah, W. A., & Dwita, F. (2022). Pengaruh Customer Relationship Management dan Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Pelanggan Ekspor Laut. Jurnal Nusantara Madani, 1(1).

Putri, D. K., Agus, R., & AK, M. F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Kpr Ib Subsidi Pada Bank Sumut Syariah Karya. Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal, 2(2).

Shabrina S, A. A. (2019). Aktivitas Customer Relationship Management (Crm) Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Pt. Sun Star Motor Sidoarjo (Doctoral Dissertation, Universitas Bhayangkara Surabaya).

Sofyan. (2020). Pengaruh Pemasaran Online Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Mebel Rumah Q-Ta). JURNAL EKONOMI, Manajemen, Bisnis Dan Sosial Available, 1(46).

Sulaeman, A., Komarudin, K., &Rahayu, S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Motor Kawasaki Pada Pt. Kawansakti Adhisejahtera Bintaro Tangerang Selatan. Jurnal Arastirma, 1(1).

Downloads

Published

2023-02-16

How to Cite

Imam Munandar, & Tika Nirmala Sari. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Customer Relationship Management (CRM) terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Pada CV Mars Global Group. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 2(1), 16–26. https://doi.org/10.58192/ebismen.v2i1.573