Pengembangan Pemasaran Produk Keripik Pisang Sebagai Upaya Peningkatan Umkm Desa Balaroa Pewunu Kecamatan Dolo Barat Kabupaten Sigi

Authors

  • Zulfirly Kurniawan Universitas Tadulako
  • Mohammad Zeylo Auriza Universitas Tadulako
  • Maskuri Sutomo Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.58192/ebismen.v2i1.660

Keywords:

Pengembangan; Pemasaran; Promosi; Produk; UMKM

Abstract

Desa Balaroa Pewunu memiliki potensi dan Produk UMKM yang bersumber dari sektor pertanian dan perkebunan. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menganalisa dan mengidentifikasi masalah yang dihadapi serta menyusun strategi dalam pengembangan pemasaran Produk keripik pisang tanduk sebagai upaya peningkatan UMKM yang ada didesa Balaroa Pewunu,Kecamatan Dolo Barat, Kabupaten Sigi. Metode yang dilakukan menggunakan metode deskriptif observasional, Metode deskriptif ini dilakukan bertujuan untuk mendekripsikan secara sistematis, factual dan akurat mengenai fakta-fakta yang menggambarkan fenomena secara detail agar mendapatkan analisis permasalahan yang lebih dalam dan menyajikan solusi penyelesaian yang tepat. kemudian analisa pengembangan dengan  metode STP (segmentation, targeting, dan positioning) agar mendapatkan strategi pengembangan secara valid dan ilmiah dengan sistem pemasaran dan promosi menggunakan konsep reseller dan direct selling atau secara lansung.  Selain itu kegiatan pengabdian ini pula dilakukan dengan pelatihan dan pendampingan kepada pelaku usaha keripik pisang tanduk. Berdasarkan seluruh penerapan strategi dalam pengembangan pemasaran pada keripik pisang tanduk menghasilkan dampak yang cukup positif, dibeberapa bulan terakhir dimulai dari pendampingan pada bulan September hingga desember 2022 tercatat produk keripik pisang telah tersebar di 100 outlet pedagang kecil yang berada di wilayah kecamtan marawola, kecamatan dolo barat, kecamatan dolo selatan dan sekitaran kecamatan terdekat di kabupaten Sigi

References

Fabiana Meijon Fadul. 2019. “No Title No Title No Title.” 1–5.

Habibi, Nur Syakherul, Rani Nur Fitrianti, Junaidi Efendi, dan Ria Kasanova. 2022. “Pengembangan Pemasaran Produk Umkm Di Desa Larangan Tokol Jawa Timur.” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 6(3):2275–88.

Setiawan, Iikhsan Budi. 2017. “Respon Masyarakat Terhadap Pembangunan Jalan Kereta Api di Desa Bagan Sinembah Kota Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir.” Jom Fisip 4(2):1–15.

Sihombing, Volvo, dan Gomal Juni Yanris. 2020. “Penerapan Aplikasi Dalam Mengolah Aset Desa (Studi Kasus : Kepenghuluan Sri Kayangan) 1).” Terakreditasi DIKTI 4(1):12–15.

Rahmad Solling Hamid, dan Muhammad Ikbal. 2017. “Analisis Dampak Kepercayaan pada Penggunaan Media Pemasaran Online (E-Commerce) yang Diadopsi oleh UMKM: Perspektif Model DeLone & McLean.” Jurnal Manajemen Teknologi 16(3):310–37. doi: 10.12695/jmt.2017.16.3.6.

Downloads

Published

2023-03-28

How to Cite

Zulfirly Kurniawan, Mohammad Zeylo Auriza, & Maskuri Sutomo. (2023). Pengembangan Pemasaran Produk Keripik Pisang Sebagai Upaya Peningkatan Umkm Desa Balaroa Pewunu Kecamatan Dolo Barat Kabupaten Sigi. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 2(1), 147–159. https://doi.org/10.58192/ebismen.v2i1.660

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.