Penerapan Digital Marketing Sebagai Sarana Promosi UMKM Legenda Photo di Kota Batam
DOI:
https://doi.org/10.58192/ebismen.v2i1.908Keywords:
Brand Awareness, Fotografi, Media DigitalAbstract
Perkembangan dunia fotografi dan dunia digital saat ini mengalami peningkatan yang pesat. Hal ini dilihat dari media-media digital yang semakin banyak digunakan oleh pengguna. Media digital digunakan oleh UMKM Legenda Photo untuk menjual serta memasarkan produk dan jasa yang mereka tawarkan kepada konsumen. Tujuannya adalah untuk membantu UMKM dalam pemanfaatan media digital untuk meningkatkan brand awareness pelanggan terhadap UMKM. Adapun hasil pengimplementasian strategi digital pada UMKM Legenda Photo yang dimana menunjukkan bahwa followers instagram Legenda Photo setelah melakukan promosi secara online meningkat sebanyak 37 kali lipat, dimana dari jumlah followers awal 9 followers meningkat menjadi 285 followers.
References
Al-azzam, A. F., & Al-mizeed, K. (2021). The Effect of Digital Marketing on Purchasing Decisions : A Case Study in Jordan. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(5), 455–463. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no5.0455
Anggraini, M., Fitriani, F., & Sanjaya, V. F. (2020). PENGARUH KELOMPOK REFERENSI , MEDIA SOSIAL , WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA GENERASI. Jurnal Ekonomak, 6(3), 1–8. https://www.ejournal.stiepgri.ac.id/index.php/ekonomak/article/download/117/81
Arbi, F., & Dewi, S. I. (2017). PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT FOTOGRAFI PADA KOMUNITAS FOTOGRAFI KAMERA. 6(2), 69–74.
Desai, V. (2019). Fostering Innovation, Integration and Inclusion Through Interdisciplinary Practices in Management Digital Marketing : A Review. International Journal of Trend in Scientific Research and Development (IJTSRD), March, 196–200. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/90185943/ijtsrd23100-libre.pdf?1661336613=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DDigital_Marketing_A_Review.pdf&Expires=1682954933&Signature=Za0MNsX63salOWJ~pD7KlW5efXJ3z7fXpeVVQnWOI~Btf94sb4jBQom-Bc5isXhY
Dhaefina, Z., Nur, M. A., Sanjaya, V. F., & Artikel, I. (2021). Pengaruh Celebrity Endorsment, Brand Image dan Testimoni terhadap Minat Beli Konsumen Produk Mie Lemonilo pada Media Sosial Intagram. Jurnal Manajemen, 7(1), 43–48. http://ejournal.lmiimedan.net
Faeq, D. K., Abdulla, D. F., Ali, B. J., & Akoi, S. (2021). Impact of job resources on employee green behavior: An Empirical Investigation Among Employees Work in The Tourist Companies in Erbil-City Kurdistan Region of Iraq. The Scientific Journal of Cihan University– Sulaimaniya, 5(2), 115–126. https://doi.org/https://doi.org/10.25098/5.2.22
Harahap, H. S., Dewi, N. K., & Ningrum, E. P. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi UMKM. Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences, 3(2), 77. https://doi.org/10.32493/jls.v3i2.p77-85
Hartanto, Y., Firmansyah, M. A., & Adhrianti, L. (2022). Implementation Digital Marketing Pesona 88 Curup in to Build Image for the Decision of Visit Tourist Attraction. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 658, 589–594.
Junusi, R. El. (2020). Digital Marketing During the Pandemic Period ; A Study of Islamic Perspective. Journal of Digital Marketing And Halal Industry, 2(1), 15–28. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/JDMHI/article/viewFile/5717/2714
Kalangi, N. J., Tamengkel, L. F., & Walangitan, O. F. C. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Shampoo Clear. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 44. https://doi.org/10.35797/jab.8.1.2019.23499.44-54
Mason, A. N., Narcum, J., & Mason, K. (2021). Social media marketing gains importance after Covid-19. Cogent Business & Management, 8(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2020.1870797
Olanrewaju, A. T., Hossain, M. A., Whiteside, N., & Mercieca, P. (2020). International Journal of Information Management Social media and entrepreneurship research : A literature review. International Journal of Information Management, 50(May 2019), 90–110. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2019.05.011
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1). https://ojs.unikom.ac.id/index.php/common/article/download/1950/1307
Raharja, J., & Natari, S. U. (2021). OPTIMALISASI PENGGUNAAN DAN PENGELOLAAN MEDIA DIGITAL. Kumawula : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1). https://scholar.archive.org/work/3lybzgd74rdnbh6v7dds7vm7tu/access/wayback/http://jurnal.unpad.ac.id/kumawula/article/download/32361/pdf
Singh, G., Singh, H., & Shriwastav, S. (2019). Improving Email Marketing Campaign Success Rate Using Personalization. In Springer Proceedings in Business and Economics. Springer Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-13-1208-3_8
Umami, Z., & Darma, G. S. (2021). Digital Marketing: Engaging Consumers With Smart Digital Marketing Content. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 23(2), 94–103. https://doi.org/10.9744/jmk.23.2.94-103
Wibisono, A. (2019). Memahami Metode Penelitian Kualitatif. Www.Djkn.Kemenkeu.Go.Id. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/12773/Memahami-Metode-Penelitian-Kualitatif.html
Widiastuti, S. (2023). Sejarah Perkembangan Fotografi Dari Masa Ke Masa. Stekom.Ac.Id. https://desain-grafis-s1.stekom.ac.id/informasi/baca/Sejarah-Perkembangan-Fotografi-Dari-Masa-Ke-Masa/a8a683aa8cc8ed8daf36aa54a4cf0d40ed05e3cc