Analisis Mutu Pelayanan PT Kereta Api Indonesia Melalui Kepuasan Pengguna Layanan Pada Stasiun Transit Kereta Rel Listrik (KRL)

Authors

  • Rizki Kurnia Rohman
  • Devi Puspita Sari UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
  • Bugi Alifya
  • Irma Damayanti

DOI:

https://doi.org/10.58192/ebismen.v3i2.2147

Keywords:

Mutu Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Kereta Rel Listrik (KRL), Stasiun Transit

Abstract

Dalam membantu mobilitas masyarakat besar, transportasi umum yang memadai menjadi salah satu langkah tepat untuk memfasilitasinya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk pelayanan mengetahui bersama PT. Kereta Api Indonesia melalui kepuasan pengguna Kereta Rel Listrik (KRL) di stasiun transit. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui kuisioner secara personal untuk mendapatkan respon para pengguna terhadap pelayanan pada tasiun transit. Kuisioner ini berisi pertanyaan seputar kualitas pelayanan yang disediakan di stasiun transit. hasil penelitian yang didapat dari 63 orang responden rata-rata memberikan nilai cukup baik pada fasilitas yang disediakan yang diberikan penyedia layanan, dengan nilai sebesar 7,4 poin untuk total pelayanan pada stasiun transit. Dengan diadakannya penelitian ini, diharapkan mutu pelayanan yang disediakan pada transportasi umum semakin meningkat, sehingga akan memberikan kepuasan pada lebih banyak pengguna transportasi.

References

Sahara, S., & Silitonga, R. J. (2022). Optimalisasi Kegiatan Trucking di PT. Jasa Prima Logistik Bulog. LOGISTIK, 15(02), 120-134. https://doi.org/10.21009/logistik.v15i02.26382

Karim, M. al, Utomo, G. J., & Fauziah, B. (2019). Kualitas Hidup Dan Pertumbuhan Ekonomi, Studi Kasus Dki Jakarta Dan Daerah Penyangganya. JURNAL PEMBANGUNAN WILAYAH & KOTA, 15(3). https://doi.org/10.14710/pwk.v15i3.22287

Sahara, S., & Yuliana, D. (2021). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Dalam Penerapan Sistem Boarding Pass Di Gate Keberangkatan Terminal Terpadu Pulo Geban. LOGISTIK, 14 (1), 44–56. https://doi.org/10.21009/logistik.v14i1.20507

Sahara, S. (2021). EVALUASI PROGRAM PRAKTIK KERJA LAPANGAN KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIIK PENDINGIN DAN TATA UDARA SE-KOTA BEKASI. Jurnal Pendidikan Teknik Dan Vokasional, 4(2). https://doi.org/10.21009/jptv.4.2.64

Putra, D. D., Aufaa, R. D., Luthfiyah, H., & Sahara, S. (2023). Peningkatan Mutu Transportasi Umum Demi Kenyamanan Dan Keamanan Pengguna. MIMBAR ADMINISTRASI FISIP UNTAG Semarang, 20(1), 112-119. https://doi.org/10.56444/mia.v20i1.659

Habel, R. H., Romadhon, M. A., Putri, M. A., & Sahara, S. (2023). Analisis Tingkat Kualitas Pelayanan Pelanggan KRL Commuterline Jabodetabek. MIMBAR ADMINISTRASI FISIP UNTAG Semarang, 20(1), 161–171. https://doi.org/10.56444/mia.v20i1.665

Sahara, S., & Pradana, A. R. (2021). Optimalisasi Penggunaan Forklift Terhadap Kelancaran Proses Bongkar Steel Coil Di Pt. Daisy Mutiara Samudra. LOGISTIK, 14(1), 01-10. https://doi.org/10.21009/logistik.v14i1.20508

Pristanto, A., Lauren, O. T., Aryani, D., & Sahara, S. (2023). Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Fasilitas yang Disediakan oleh Pihak Transjakarta. Jurnal Manajemen Riset Inovasi, 1(3).

Ayuningtias, M. D., Putri, R. R., & Sahara, S. (2023). Pengaruh Tingkat Kualitas Pelayanan Oleh Petugas Dalam Transportasi Umum Transjakarta. Jurnal Publikasi Sistem Informasi dan Manajemen Bisnis, 2(2), 188-197. https://doi.org/10.55606/jupsim.v2i2.1346

Rozi, I. A., & Khuzaini. (2021). Pengaruh Harga Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee. Jurnal Ilmu Dan Riset Manaemen, 10.

Annisa, N., Husnurrofiq, H., & Kadir, A. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Caffe Titik Koma Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA), 3(2), 297–314. https://doi.org/10.36908/jimpa.v3i2.226

Appliansyach, M. F., Sugiyo, Q. N., Maulana, D. B., & Sahara, S. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Transportasi Umum Ojek Online (Gojek) Melalui Instrumen Layanan. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen, 2(2), 140-147. https://doi.org/10.58192/ebismen.v2i2.817

Muharrir, K. al, Shafwan, N., Saputra, T. A., & Sahara, S. (2023). STRATEGI PENINGKATAN MUTU DALAM PENGGUNAAN TRANSPORTASI DARAT. Jurnal Salome : Multidisipliner Keilmuan, 1(3).

Abadi, M. S. (2022). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN. Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Jurnal Ilmiah Multi Science, 13(1). https://doi.org/10.52657/jiem.v13i1.1730

Khoo, K. L. (2022). A study of service quality, corporate image, customer satisfaction, revisit intention and word-of-mouth: evidence from the KTV industry. PSU Research Review, 6(2). https://doi.org/10.1108/PRR-08-2019-0029

Published

2024-06-15

How to Cite

Rohman, R. K., Devi Puspita Sari, Alifya, B., & Damayanti, I. (2024). Analisis Mutu Pelayanan PT Kereta Api Indonesia Melalui Kepuasan Pengguna Layanan Pada Stasiun Transit Kereta Rel Listrik (KRL). Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 3(2), 90–99. https://doi.org/10.58192/ebismen.v3i2.2147