ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PELANGGAN DALAM MENGGUNAKAN JASA GOJEK DI KOTA SEMARANG

Authors

  • Sulistyowati Sulistyowati Universitas Maritim AMNI
  • Dio Rizky Pratama Universitas Maritim AMNI

DOI:

https://doi.org/10.58192/ebismen.v1i3.73

Keywords:

Inovasi, Kepercayaan, kemudahan, loyalitas pelanggan

Abstract

Loyalitas Pelanggan dipengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya adalah Inovasi, Kepercayaan dan Kemudahan. Dari ketiganya, mempunyai peranan penting dalam meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Inovasi, Kepercayaan dan Kemudahan terhadap Loyalitas Pelanggan dalam menggunakan jasa Gojek Online di kota Semarang. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi penelitian adalah Loyalitas Pelanggan di kota Semarang dengan pengambilan sistem sampel dengan jumlah 100 responden (sampel). Variabel pada penelitian terdiri dari: Variabel bebas Inovasi (X1), Kepercayaan (X2), dan Kemudahan (X3) serta variabel terikat yaitu Loyalitas Pelanggan (Y). Model penelitiannya adalah analisi regresi linear berganda. Hasil analisis dengan alat bantu statistic program SPSS V.22 diperoleh persamaan regresi linear berganda adalah Y= 0,533+ 0,223 X1 + 0,460 X2 + 0,245 X3 + µ. Hasil persamaan linear berganda menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan antara Inovasi terhadap Loyalitas Pelanggan (t hitung 2,580 > t table sebesar 1,98498), Kepercayaan terhadap Loyalitas Pelanggan ( t hitung 4,042 > t tabel 1,98498), Kemudahan terhadap Loyalitas Pelanggan (t hitung 2,597 > t table 1,98498), secara individual Inovasi, Kepercayaan dan Kemudahan berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan. Pengaruh ketiga variabel penelitian sangat kuat dengan nilai koefisien (R Square) yang diperoleh sebesar 61,9% terhadap Loyalitas Pelanggan dan 37,1% dipengaruhi oleh variabel yang tidak terdeteksi pada penelitian ini.

 

References

Aprilla, I. W., & Amalia, S. (2019). Peran Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Jasa Transportasi Online. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, Vol 5(1), Hal 1-9

Dewi, P.Ari.,& Warmika, Kt. (2016) Peran Persepsi Kemudahan Penggunan, Persepsi Manfaat dan Persepsi Risiko Terhadap Niat Menggunakan Mobile Commerce di Kota Denpasar. Jurnal Manajemen Universitas Udayana Bali, Vol 5(4), Hal 2606-2636

Fachrian,A. F& Ode. S (2018) Inovasi Pelayanan Transportasi Publik Kereta Commuter Indonesia di Wilayah Jabodetabek Jurnal Manajemen Pemerintahan. Vol 4(1), Hal 3-21

Gunawan, H., & Ayuningtiyas, K. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Daring Di Aplikasi Bukalapak Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Batam. Journal of Applied Business Administration, Vol 2(1), Hal 152–165.

Hajar, S., Lubis, A. R., & Lubis, P. H. (2018). Pengaruh Perilaku Kepemimpinan Dan Kepercayaan Terhadap Kinerja Dinas Sosial Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Magister Manajemen, Vol 2(1), Hal 46–57.

Maharama, A. R., & Kholis, N. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Gojek Di Kota Semarang Yang Dimediasi Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, Vol 19(2), Hal 203-213.

Nainggolan, Nora Pitri. (2018). Pengaruh Kepuasan, Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pt Great Seasons Tours and Travel Di Kota Batam. Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam, Vol 6(1), Hal 49-62 .

Nugraheni, R. (2012). Pengaruh citra toko terhadap loyalitas konsumen. Universitas Negeri Malang , Vol 2(2), Hal 11–24.

Nugroho, W. A., & Hidayat, R. (2017). Pengaruh Kenyamanan Dan Kepercayaan Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Konsumen Go-Jek Di Bandung Tahun 2017). Vol 3(3), Hal 1115–1121.

Priambodo, S., & Prabawani, B. (2016). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Layanan Uang Elektronik (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol 5(2), Hal 127–135.

Prihadyanti., Di, I., & Triyono, B. (2017). Peran Kementrian Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Dalam Penguatan Sistem Inovasi Di Indonesia. Hal 1–12.

Putri, Y. L., & Utomo, H. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening (Studi Persepsi Pada Pelanggan Dian Compp Ambarawa). Among Makarti, Vol 10(19), Hal 70–90.

Ramadhan, M. A. F. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan, Dan Komitmen Terhadap Loyalitas Pelanggan Aplikasi Transportasi Online Gojek Di Kota Malang. Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU), Vol 4(2), Hal 153-169

Wahyudi, Septian. (2019). Teori Inovasi : Sebuah Tinjauan Pustaka. Jurnal Valuta, Vol 5 (2), Oktober 2019, Riau, Hal : 93-101.

Wicaksono, K. W. (2019). Tipologi Inovasi Sektor Publik Pada Tiga Program Inovatif Pemerintah Daerah Kota Surabaya (Tinjauan Reflektif terhadap Tiga Inovasi Pelayanan Publik Pemerintah Kota Surabaya Tahun 2018). Jurnal Manajemen Pelayanan Publik, Vol 1(2), Hal 196.

Winata, A., & Fiqri, I. A. (2017). Pengaruh Harga Dan Kualitas Jasa Terhadap Loyalitas Pelanggan Hotel Emersia Di Bandar Lampung. Jurnal Manajemen Magister, Vol 3(2), Hal 133–149.

Downloads

Published

2022-09-20

How to Cite

Sulistyowati, S., & Rizky Pratama, D. (2022). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PELANGGAN DALAM MENGGUNAKAN JASA GOJEK DI KOTA SEMARANG. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 1(3), 119–127. https://doi.org/10.58192/ebismen.v1i3.73

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.