ANALISIS KINERJA OPERASIONAL TERMINAL TIPE A DI KABUPATEN KLATEN
DOI:
https://doi.org/10.58192/ebismen.v1i1.40Abstract
Terminal merupakan salah satu komponen dari sistem transportasi yang mempunyai fungsi utama sebagai tempat pemberhentian sementara kendaraan umum untuk menaikkan dan menurunkan penumpang dan barang hingga sampai ke tujuan akhir suatu perjalanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas terminal, volume kendaraan penumpang, dan lokasi terminal dengan kinerja operasional terminal Ir. Soekarno Kab. Klaten. Populasi pada penelitian ini semua masyarakat yang menggunakan terminal Ir. Soekarno Kab. Klaten dan sampel sebanyak 100 responden. Dengan teknik non-probability sampling, jenis sampling kuota. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa model persamaan linier berganda : Y = -0,331 + 0,538X1 + 0,222X2 + 0,245X3 + µ menunjukkan bahwa ada pengaruh positif secara parsial Fasilitas Terminal (X1), Volume Kendaraan Penumpang (X2), dan Lokasi Terminal (X3) terhadap Kinerja Operasional Terminal (Y). pengaruh variabel independen dalam penelitian ini nilai korelasi koefisien determinasi (adjuster R2) sebesar = 0,607, yang artinya 60,7% variasi variabel terikat kinerja operasional terminal dapat dijelaskan oleh variabel fasiliitas terminal, volume kendaraan penumpamg, dan lokasi terminal. Sedangkan sisanya yaitu 39,3%, dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain diluar variabel yang diteliti.
Kata Kunci : Fasilitas Terminal, Volume Kendaraan, Lokasi Terminal, dan Kinerja Operasional Terminal.
References
Dewi, Wiwiek Nurkomala (2018), and Nurhayati Nurhayati. "Pengaruh Faktor Human Error Dan Kondisi Infrastruktur Jalan Terhadap Terjadinya Kecelakaan Di Jalan Tol Cipali." Jurnal Digit 6.1Dr.
Meiryani, S.E., Ak., M.M., M.Ak., CA. (2016). MEMAHAMI UJI MULTIKOLINEARITAS DALAM MODEL REGRESI. Accounting.Binus 2016 , https://accounting.binus.ac.id/2021/08/06
Data Satlantas Polres Semarang, Kecelakaan Lalu Lintas Tahun 2017 – 2021
Fridayanti, Virlia Dian (2019), and Dwi Prasetyanto. "Model Hubungan antara Angka Korban Kecelakaan Lalu Lintas dan Faktor Penyebab Kecelakaan pada Jalan Tol Purbaleunyi." RekaRacana: Jurnal Teknil Sipil5.2 124.
Imam Ghozali (2016). Desain penelitian kuantitatif & kualitatif untuk akuntansi, bisnis, dan ilmu sosial lainnya. OPAC Perpustakaan STIE La Tansa Mashirob. https://onesearch.id/Record/IOS3653.slims-1950
Magfirah, Magfirah (2019). "PERILAKU MASYARAKAT PENGENDARA BERMOTOR TERHADAP POTENSI KECELAKAAN LALU LINTAS DI KABUPATEN MAJENE PROVINSI SULAWESI BARAT." Jurnal Akrab Juara 4.3: 173-182.
Marsaid, dkk (2013). Faktor mengantuk terhadap kecelakaan lalu lintas. Jurnal Ilmu Keperawatan. 1(2)
Mukthadila, Indah, and Sofyan Syahnur (2018). "ANALISIS FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECELAKAAN LALU LINTAS DI PROVINSI ACEH." Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Pembangunan 3.4 523-530.
Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung : PT. Alfabet
Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : CV. Alfabet.
Undang – Undang No.22 Tahun 2009, Tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan.
Yuniardini, Erlin, Dewi Sriastuti Nababan and Agustan (2018). "Pengaruh Faktor Manusia dan Kendaraan Terhadap Kecelakaan Lalu Lintas Jalan Raya di Merauke." Musamus Journal of Civil Engineering 1.1 : 1-10..
V. Wiratna Sujarweni (2021). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: Pustaka baru press