Penerapan Business Model Canvas pada Bisnis Kreatif Digital Usaha Stiker Ketempelan
DOI:
https://doi.org/10.58192/ebismen.v3i4.2736Keywords:
Bisnis, BMC, Bisnis Kreatif Digital, Stiker KustomAbstract
Bisnis kreatif digital mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir, terutama pada produk stiker kustom yang memenuhi kebutuhan personal dan promosi. Penelitian ini mengkaji penerapan Business Model Canvas (BMC) pada bisnis kreatif digital yang berfokus pada stiker kustom. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk mengeksplorasi sembilan elemen BMC, termasuk segmen pelanggan, proposisi nilai, dan saluran distribusi. Temuan menunjukkan bahwa BMC mempermudah identifikasi peluang inovasi, efisiensi operasional, dan strategi keterlibatan pelanggan. Penelitian ini memberikan kontribusi dengan menawarkan rekomendasi praktis bagi pelaku usaha untuk mengoptimalkan model bisnis mereka dan tetap kompetitif di industri kreatif digital.
References
Armayani, R. R., Tambunan, L. C., Siregar, R. M., Lubis, N. R., & Azahra, A. (2021). Analisis Peran Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Penjualan Online. 5.
Dilla, A., & Mandataris, M. (2024). Business Model Canvas (BMC) Pada UMKM Ud. Zul Brother Usaha Olahan Ikan Patin di Kecamatan Kampar. eCo-Buss, 7(1), 283–303. https://doi.org/10.32877/eb.v7i1.1518
Fabtian, D. J. S., & Sutejo, A. (2023). Konsistensi Desain sebagai Identitas Lembaga Amil Zakat Dompet Amanah Umat. Student Research Journal, 1(6), 97–106. https://doi.org/10.55606/srjyappi.v1i6.802
Febriana, H., Andita, K. V., Rismarina, R. A., & Maulana, A. (2023). Peluang Bisnis Digital di Indonesia Pada Era Society 5.0. Jurnalku, 3(3), 365–374. https://doi.org/10.54957/jurnalku.v3i3.595
Hakim, A., & Muliyadi, D. Z. (2024). PENDAMPINGAN BISNIS MODEL CANVAS UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING DAN EFISIENSI OPERASIONAL BENGKEL MOTOR BINTANG MOTOR SARANANI DI KOTA KENDARI. 5.
Hapriyanto, A. R. (2024). Strategi Inovatif dalam Meningkatkan Daya Saing Bisnis di Era Digital. Nusantara Journal of Multidisciplinary Science, 2(1), 115–124. https://doi.org/10.60076/njms.v2i1.255
Haryanto, T., & Harsono, M. (2022). Brand Image dalam Kajian Filsafat Ilmu. Jurnal Manajemen Bisnis dan Keuangan, 3(2), 115–130. https://doi.org/10.51805/jmbk.v3i2.71
Hidayah, R., Farid, E. S., & Adda, H. W. (2023). Penerapan Bisnis Model Kanvas Dalam Upaya Pengembangan Usaha Sweet Banana. Jurnal EMA, 8(1), 10. https://doi.org/10.51213/ema.v8i1.316
Kusriyanti, T. (2020). PERANCANGAN STRATEGI BISNIS DENGAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS PADA LEORA DESIGN INTERIOR & FURNITURE. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 1(2), 527–536. https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i2.294
Maddinsyah, A., Hidayat, D., Juhaeri, J., Susanto, D., & Sunarsi, D. (2020). DESAIN FORMULASI DAN IMPLEMENTASI BISNIS STRATEGIK DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) TERINTEGRASI KERANGKA INTEGRATED PERFORMANCE MANAGEMENT SYSTEM (IPMS) PADA KOPERASI ASPERINDO. Inovasi, 7(2), 67. https://doi.org/10.32493/Inovasi.v7i2.p67-76.8141
Mardikaningsih, R., & Darmawan, D. (2023). Strategi Inovasi Bisnis Sebagai Upaya Peningkatan Keunggulan Kompetitif Dan Pertumbuhan Bisnis UMKM Industri Kreatif Di Era Digital.
Mustika, A., Mindari, E., Kartawinata, B. R., Rachmawati, M., Mahriani, E., Nugraheni, K. S., Khaerana, K., The, H. Y., Wulansari, A. S., Syahputra, S., Ambarwati, R., Wicaksono, G., Suyatno, A., & Solihat, W. (2020). Pengantar Bisnis. Widina Bakti Persada Bandung.
Nurlaily, F., Priandhita Sukowidyanti Asmoro, & Edlyn Khurotul Aini. (2021). PELATIHAN TEKNIK FOTO PRODUK MENGGUNAKAN SMARTPHONE UNTUK MENINGKATKAN VISUAL BRANDING USAHA RINTISAN. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(3), 347–356. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i3.126
Pakan, W. M., Nurabdiansyah, & Irfan. (2022). PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL ALDY GALLERY TORAJA UTARA.
Pitrang, H. T., & Pahlevi, R. W. (2023). PENGEMBANGAN BISNIS JASA PEMASARAN DIGITAL “DIGITALEAD” DENGAN BUSINESS MODEL CANVAS. Journal Competency of Business, 6(02), 167–177. https://doi.org/10.47200/jcob.v6i02.1628
Poerwanto, G. H., Kristia, K., & Pranatasari, F. (2021). Praktik Model Bisnis Berkelanjutan pada Komunitas UMKM di Yogyakarta. EXERO : Journal of Research in Business and Economics, 2(2), 183–204. https://doi.org/10.24071/exero.v2i2.4050
Pratiwi, A. D., & Abidin, A. Z. (2023). ANALISIS PENGARUH BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI DAN PENERAPAN MODEL BISNIS BARU BAGI MAHASISWA: STUDI WIRAUSAHA MERDEKA.
Sukarno, B. R., & Ahsan, M. (2021). Implementasi Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Business Model Canvas. Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA), 4(2), 51–61. https://doi.org/10.15642/manova.v4i2.456
Syafi`’i, A., Brawijaya, A., & Hakim, A. R. (2023). STRATEGI INOVATIF MANAJEMEN DAN BISNIS DI ERA DIGITAL: ANALISIS PENGARUH TEKNOLOGI TERKINI TERHADAP KEBERLANJUTAN DAN KINERJA ORGANISASI. Jurnal Visionida, 9(2), 191–198. https://doi.org/10.30997/jvs.v9i2.11069
Trisna, N. M. S. W., & Zulkifli, F. F. (2021). BISNIS KREATIF DI ERA DIGITAL DENGAN MENGANGKAT KEARIFAN LOKAL. Jurnal Da Moda, 2(2), 42–47. https://doi.org/10.35886/damoda.v2i2.198
Wardhana, A. (2024). BRAND AND BRANDING. Dalam Brand in The Digital Edge. Eureka Media Aksara. (ISBN: 1-54).
Wijayanti, N., & Hidayat, H. H. (2020). Business Model Canvas (BMC) sebagai Strategi Penguatan Kompetensi UMKM Makanan Ringan di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. JURNAL AGROINDUSTRI HALAL, 6(2), 114–121. https://doi.org/10.30997/jah.v6i2.2631
Zaratrzhembsky, Z., & Abdullah. (2020). ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) & SWOT PADA USAHA UMKM DOGDAG METALWORKS DI BANDUNG.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.