Penerapan Business Model Canvas pada Bisnis Kreatif Digital Usaha Stiker Ketempelan

Authors

  • Ibnu Aqil Mahendar IPB University
  • Azhar Nadhif Annaufal IPB University
  • Muhammad Al Amin IPB University
  • Wien Kuntari IPB University

DOI:

https://doi.org/10.58192/ebismen.v3i4.2736

Keywords:

Bisnis, BMC, Bisnis Kreatif Digital, Stiker Kustom

Abstract

Bisnis kreatif digital mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir, terutama pada produk stiker kustom yang memenuhi kebutuhan personal dan promosi. Penelitian ini mengkaji penerapan Business Model Canvas (BMC) pada bisnis kreatif digital yang berfokus pada stiker kustom. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk mengeksplorasi sembilan elemen BMC, termasuk segmen pelanggan, proposisi nilai, dan saluran distribusi. Temuan menunjukkan bahwa BMC mempermudah identifikasi peluang inovasi, efisiensi operasional, dan strategi keterlibatan pelanggan. Penelitian ini memberikan kontribusi dengan menawarkan rekomendasi praktis bagi pelaku usaha untuk mengoptimalkan model bisnis mereka dan tetap kompetitif di industri kreatif digital.

References

Armayani, R. R., Tambunan, L. C., Siregar, R. M., Lubis, N. R., & Azahra, A. (2021). Analisis Peran Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Penjualan Online. 5.

Dilla, A., & Mandataris, M. (2024). Business Model Canvas (BMC) Pada UMKM Ud. Zul Brother Usaha Olahan Ikan Patin di Kecamatan Kampar. eCo-Buss, 7(1), 283–303. https://doi.org/10.32877/eb.v7i1.1518

Fabtian, D. J. S., & Sutejo, A. (2023). Konsistensi Desain sebagai Identitas Lembaga Amil Zakat Dompet Amanah Umat. Student Research Journal, 1(6), 97–106. https://doi.org/10.55606/srjyappi.v1i6.802

Febriana, H., Andita, K. V., Rismarina, R. A., & Maulana, A. (2023). Peluang Bisnis Digital di Indonesia Pada Era Society 5.0. Jurnalku, 3(3), 365–374. https://doi.org/10.54957/jurnalku.v3i3.595

Hakim, A., & Muliyadi, D. Z. (2024). PENDAMPINGAN BISNIS MODEL CANVAS UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING DAN EFISIENSI OPERASIONAL BENGKEL MOTOR BINTANG MOTOR SARANANI DI KOTA KENDARI. 5.

Hapriyanto, A. R. (2024). Strategi Inovatif dalam Meningkatkan Daya Saing Bisnis di Era Digital. Nusantara Journal of Multidisciplinary Science, 2(1), 115–124. https://doi.org/10.60076/njms.v2i1.255

Haryanto, T., & Harsono, M. (2022). Brand Image dalam Kajian Filsafat Ilmu. Jurnal Manajemen Bisnis dan Keuangan, 3(2), 115–130. https://doi.org/10.51805/jmbk.v3i2.71

Hidayah, R., Farid, E. S., & Adda, H. W. (2023). Penerapan Bisnis Model Kanvas Dalam Upaya Pengembangan Usaha Sweet Banana. Jurnal EMA, 8(1), 10. https://doi.org/10.51213/ema.v8i1.316

Kusriyanti, T. (2020). PERANCANGAN STRATEGI BISNIS DENGAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS PADA LEORA DESIGN INTERIOR & FURNITURE. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 1(2), 527–536. https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i2.294

Maddinsyah, A., Hidayat, D., Juhaeri, J., Susanto, D., & Sunarsi, D. (2020). DESAIN FORMULASI DAN IMPLEMENTASI BISNIS STRATEGIK DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) TERINTEGRASI KERANGKA INTEGRATED PERFORMANCE MANAGEMENT SYSTEM (IPMS) PADA KOPERASI ASPERINDO. Inovasi, 7(2), 67. https://doi.org/10.32493/Inovasi.v7i2.p67-76.8141

Mardikaningsih, R., & Darmawan, D. (2023). Strategi Inovasi Bisnis Sebagai Upaya Peningkatan Keunggulan Kompetitif Dan Pertumbuhan Bisnis UMKM Industri Kreatif Di Era Digital.

Mustika, A., Mindari, E., Kartawinata, B. R., Rachmawati, M., Mahriani, E., Nugraheni, K. S., Khaerana, K., The, H. Y., Wulansari, A. S., Syahputra, S., Ambarwati, R., Wicaksono, G., Suyatno, A., & Solihat, W. (2020). Pengantar Bisnis. Widina Bakti Persada Bandung.

Nurlaily, F., Priandhita Sukowidyanti Asmoro, & Edlyn Khurotul Aini. (2021). PELATIHAN TEKNIK FOTO PRODUK MENGGUNAKAN SMARTPHONE UNTUK MENINGKATKAN VISUAL BRANDING USAHA RINTISAN. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(3), 347–356. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i3.126

Pakan, W. M., Nurabdiansyah, & Irfan. (2022). PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL ALDY GALLERY TORAJA UTARA.

Pitrang, H. T., & Pahlevi, R. W. (2023). PENGEMBANGAN BISNIS JASA PEMASARAN DIGITAL “DIGITALEAD” DENGAN BUSINESS MODEL CANVAS. Journal Competency of Business, 6(02), 167–177. https://doi.org/10.47200/jcob.v6i02.1628

Poerwanto, G. H., Kristia, K., & Pranatasari, F. (2021). Praktik Model Bisnis Berkelanjutan pada Komunitas UMKM di Yogyakarta. EXERO : Journal of Research in Business and Economics, 2(2), 183–204. https://doi.org/10.24071/exero.v2i2.4050

Pratiwi, A. D., & Abidin, A. Z. (2023). ANALISIS PENGARUH BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI DAN PENERAPAN MODEL BISNIS BARU BAGI MAHASISWA: STUDI WIRAUSAHA MERDEKA.

Sukarno, B. R., & Ahsan, M. (2021). Implementasi Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Business Model Canvas. Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA), 4(2), 51–61. https://doi.org/10.15642/manova.v4i2.456

Syafi`’i, A., Brawijaya, A., & Hakim, A. R. (2023). STRATEGI INOVATIF MANAJEMEN DAN BISNIS DI ERA DIGITAL: ANALISIS PENGARUH TEKNOLOGI TERKINI TERHADAP KEBERLANJUTAN DAN KINERJA ORGANISASI. Jurnal Visionida, 9(2), 191–198. https://doi.org/10.30997/jvs.v9i2.11069

Trisna, N. M. S. W., & Zulkifli, F. F. (2021). BISNIS KREATIF DI ERA DIGITAL DENGAN MENGANGKAT KEARIFAN LOKAL. Jurnal Da Moda, 2(2), 42–47. https://doi.org/10.35886/damoda.v2i2.198

Wardhana, A. (2024). BRAND AND BRANDING. Dalam Brand in The Digital Edge. Eureka Media Aksara. (ISBN: 1-54).

Wijayanti, N., & Hidayat, H. H. (2020). Business Model Canvas (BMC) sebagai Strategi Penguatan Kompetensi UMKM Makanan Ringan di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. JURNAL AGROINDUSTRI HALAL, 6(2), 114–121. https://doi.org/10.30997/jah.v6i2.2631

Zaratrzhembsky, Z., & Abdullah. (2020). ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) & SWOT PADA USAHA UMKM DOGDAG METALWORKS DI BANDUNG.

Published

2024-12-06

How to Cite

Mahendar, I. A., Annaufal, A. N., Muhammad Al Amin, & Kuntari, W. (2024). Penerapan Business Model Canvas pada Bisnis Kreatif Digital Usaha Stiker Ketempelan. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 3(4), 143–155. https://doi.org/10.58192/ebismen.v3i4.2736

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.