Pentingnya Strategi Pemasaran Melalui Penguatan Citra Merek
DOI:
https://doi.org/10.58192/ebismen.v2i1.680Keywords:
Strategi, Pemasaran, Citra, MerekAbstract
Penguatan citra merek menjadi salah satu penentu bagi konsumen untuk melakukan pembelian produk. Artinya, konsumen membeli karena ada identitas yang membedakan dengan perusahaan yang menawarkan produk sejenis. Produk yang terjual menentukan tercapainya target penjualan untuk mempertahankan bisnis. Di tengah persaingan bisnis yang ketat perusahaan membutuhkan strategi pemasaran melalui penguatan citra merek. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pentingnya citra merek bagi perusahaan dalam persaingan bisnis, mengetahui bagaimana tingkat kesadaran citra merek pada konsumen sehingga menjadi loyal terhadap perusahaan dan produk yang ditawarkan. Sehingga perusahaan dan produk yang ditawarkan mendapatkan TOM (Top of Mind) dalam benak konsumen. Kuatnya citra merek dapat membantu perusahaan untuk mencapai tujuan yakni meningkatkan keuntungan dan keberlangsungan bisnis.
References
Aaker, David. A. 1995. Building Strong Brand, Free Publisher, Kansas City
Mardali, A. (2005), Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 9, No. 2, 111-119
Astuti, Miguna, MM, M. O. S., Matondang, Nurhafifah, Kom, S., & MM, M. Ti. (2020). Manajemen Pemasaran: UMKM dan Digital Sosial Media. Deepublish.
Dharmmesta, B. S., (1999) Loyalitas Pelanggan: Sebuah Kajian Konsep- tual sebagai Panduan bagi Penalty, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol. 14, No. 3. Pp. 73-88.
Fristiana, D. A. (2012). Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ramai Swalayan Peterongan Semarang. Ilmu Administrasi Bisnis, 1, 1–9.
Kotler, Philip, dan Amstrong, 1996, Dasar- Dasar Pemasaran. Indeks. Jakarta.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management (14th ed.). New Jersey: Pearson Prestice Hall.
Mowen, J.C. dan M. Minor (1998) Consumer Behavior, 5th Ed. Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall,Inc.
Permadi, G. (2016). Pengukuran Tingkat Kesadaran Merek (Brand Awareness) Pada Motor Honda (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Poilitik Universitas Riau). JOM FISIP, Vol. 3, No. 2, 1-12.
Sudarwati, Yuni, & Satya, Venti Eka. (2013). Strategi pengembangan merek usaha mikro, kecil, dan menengah. Jurnal Ekonomi & Kebijakan Publik, Vol. 1, No. 4, 89–101.
Tjiptono, F. (2011). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.