Analisis Keunggulan Produk Pegadaian Dalam Persaingan UPC Dengan Menggunakan Teknik Competitive Profile Matrix (CPM) Di UPC Karang Lewas dan UPC Alun-Alun Purwokerto

Authors

  • Andina Velisha Saputri UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Anisa Cahyawiru Khasanah UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Ziddan Ni’am Raihan UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Yoiz Shofwa Shafrani UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.58192/ebismen.v4i1.3459

Keywords:

Pawnshop, Competitive Profile Matrix, product excellence, competition, UPC Karanglewas, UPC Alun-Alun Purwokerto

Abstract

This study aims to analyze the superiority of Pegadaian products in competition between Branch Service Units (UPC) using the Competitive Profile Matrix (CPM) technique at UPC Karanglewas and UPC Alun-Alun Purwokerto. The approach used is descriptive qualitative through case studies, with data collection through in-depth interviews, observation, and documentation. CPM analysis is carried out by identifying key success factors such as service quality, product variety, price, promotion, ease of access, company reputation, and digital product innovation. The results of the study show that UPC Karanglewas has a stronger competitive position with a CPM score of 3.65 compared to UPC Alun-Alun Purwokerto which obtained a score of 3.25. The main advantages of UPC Karanglewas lie in a more complete product variety, ease of access, and digital innovation, while UPC Alun-Alun Purwokerto excels in promotion. This study recommends that each UPC strengthen product differentiation, increase digital service innovation, and optimize promotional strategies to strengthen competitiveness in the national pawn.

 

References

Santia, M., Budiman, F., & Eriawati, Y. (2023). Strategi Pemasaran Produk

Gadai Emas Pada PT. Pegadaian Simpang Empat Pasaman Barat. Inisiatif:

Jurnal Ekonomi, Akuntansi dan Manajemen, 2(4), 404-419.

Harisudin, M. O. H. D. (2011). Competitive profile matrix sebagai alat

analisis strategi pemasaran produk atau jasa. SEPA: Jurnal Sosial

Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 7(2).

Nasrullah, M. A. (2024). ANALISIS STRATEGI BERSAING KECAP

MANIS BANGOMENGGUNAKAN COMPETITIVE PROFILE MATRIX

(CPM) DI KOTASURAKARTA.

FAHREZI, A. K. ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK

TABUNGAN EMAS DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT

NASABAH DI PT. PEGADAIAN (PERSERO) UPC BALUNG.

OISINA, M. R. (2018). ANALISIS SWOT STRATEGI PEMASARAN

PRODUK-PRODUK PEMBIAYAAN PADA PEGADAIAN SYARIAH

(Studi Pada Pegadaian Syariah Unit Way Halim) (Doctoral dissertation,

UIN Raden Intan Lampung).

Gunawan, C., Suriana, I., & Arazy, D. R. (2022). Analisis Swot Pegadaian

Digital Service Studi Kasus Pada Nasabah Pegadaian Cabang

Manggar. Jurnal Mahasiswa Akuntansi Poltekba (JMAP), 4(1), 159-167.

Antani, P. M., & Luthfi, M. Y. (2024). Analisis Strategi Bisnis Pada Pt.

Rempoa Indonesia Teknologi. Jurnal Ekonomi Trisakti, 4(2), 1151-1158.

Irawan, F., & Suranto, I. (2024). Perencanaan Strategi Pemasaran Di

UMKM (Studi Kasus; CV. SR Bakery) (Doctoral dissertation, Universitas

Muhammadiyah Surakarta).

OISINA, M. R. (2018). ANALISIS SWOT STRATEGI PEMASARAN

PRODUK-PRODUK PEMBIAYAAN PADA PEGADAIAN SYARIAH

(Studi Pada Pegadaian Syariah Unit Way Halim) (Doctoral dissertation,

UIN Raden Intan Lampung).

Ningsih, Kustiawati dan Hamamah, Matriks Internal Factor Evaluation

(IFE) dan External Faactor Evaluation (EFE) Buah Naga Organik

(Hylocereus Undatus).

Nasrullah, M. A. (2024). ANALISIS STRATEGI BERSAING KECAP

MANIS BANGOMENGGUNAKAN COMPETITIVE PROFILE MATRIX

(CPM) DI KOTASURAKARTA.

Qazzam, A. A. (2021). Analisis SWOT Terhadap Produk Gadai Emas di

Pegadaian Syariah Pinrang (Doctoral dissertation, IAIN Parepare)

Pratiwi, R. S., Aizza, D., Saputro, D., & Shafrani, Y. S. (2025). Analisis

Kompetitif Pegadaian Syariah Purwokerto Menggunakan Metode

Porter’s Five Forces Strategi Pemasaran Produk Gadai Tabungan

Emas. Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(2), 257-272.

Nanda Prasetya Ningrum, R. (2019). ANALISIS STRATEGI BISNIS PADA

LAYANAN APLIKASI MOBILE PEGADAIAN SYARIAH DIGITAL (PSD)

MENGGUNAKAN SWOT ANALYSIS (STUDI PADA PT PEGADAIAN

SYARIAH CABANG SIMPANG SKIP BENGKULU) (Doctoral

dissertation, IAIN BENGKULU).

Suharto, Frento T (2014). Menambang Kekayaan dari Bisnis Emas:

Jakarta. Kompas Gramedia. PT. Elex Media Komputindo

Rangkuti, Freddy (2014). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analasis

SWOT. Edisi delapan belas. Jakarta. Gramedia

Peter, J. Paul dan C.Olson, Jerry (2014) Prilaku Konsumen dan Strategi

Pemasaran. Edisi Sembilan: Jakarta. Salemba empat

Lupiyoadi, Rambat (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi tiga:

Jakarta. Salemba Empat

Kotler, Philip dan Keller Kevin (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi tiga

belas: Erlangga. PT. Gelora Aksara Pratama

Cannon, Perreault dan McCarthy (2008). Pemasaran Dasar. Edisi enam

belas: Jakarta. Salemba Empat

Juliandi, Azuar dan Irfan (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Edisi

kedua. Bandung. Citapustaka Media Perintis

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Saputri, A. V., Khasanah, A. C., Raihan, Z. N., & Shafrani, Y. S. (2025). Analisis Keunggulan Produk Pegadaian Dalam Persaingan UPC Dengan Menggunakan Teknik Competitive Profile Matrix (CPM) Di UPC Karang Lewas dan UPC Alun-Alun Purwokerto. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 4(1), 258–268. https://doi.org/10.58192/ebismen.v4i1.3459

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>