Strategi Optimasi Model Bisnis pada AIF Digital Custom Agency Menggunakan Business Model Canvas

Authors

  • Icha Maulidya IPB University
  • Afnan Zahra IPB University
  • Fatih Kawakib Kartono IPB University
  • Wien Kuntari IPB University

DOI:

https://doi.org/10.58192/ebismen.v3i4.2763

Keywords:

Business Model Canvas (BMC), Digital Custom Agency, Pemasaran Digital, Teknologi Desain

Abstract

Penelitian ini berfokus pada perancangan strategi bisnis AIF Digital Custom Agency menggunakan kerangka Business Model Canvas (BMC) yang disusun berdasarkan analisis SWOT. Kerangka ini memetakan sembilan elemen utama dalam model bisnis untuk menciptakan strategi yang terintegrasi dan responsif terhadap tantangan pasar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi oleh AIF Digital Custom Agency. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan utama bisnis ini terletak pada komunikasi yang efektif dengan pelanggan, penggunaan teknologi desain mutakhir seperti Adobe Creative Suite, serta penawaran harga yang kompetitif. Namun, tantangan yang dihadapi meliputi optimalisasi sumber daya dan perluasan penetrasi pasar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan BMC memungkinkan AIF Digital Custom Agency untuk meningkatkan daya saing melalui optimalisasi operasional dan pengelolaan hubungan pelanggan yang lebih baik. Rekomendasi diberikan untuk memperkuat strategi pemasaran digital dan meningkatkan efisiensi proses internal, guna mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan di industri desain digital custom.

References

Adilla, M., Rahman, H., & Ma’ruf. (2023). Pengembangan Model Bisnis Layanan Mobile Banking PT. Bank Nagari menggunakan Business Model Canvas. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 606–613. https://doi.org/10.37034/infeb.v5i2.562

Anwari, F., Mega Charisma, A., Nurdianto, A., & Rohmah, M. (2024). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Sidoarjo Melalui Bisnis Model Canvas. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 4, 389–394. https://doi.org/10.54082/jamsi.1108

Bakti, F., Alkodri, A. A., Rachmansyah, A. D., & Isnanto, B. (2024). Pelatihan Bisnis Model Dan Market Riset Bagi Generasi Muda Babel Inovatif. Bhinneka Tunggal Ika : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), Article 1.

Gisha, N., Kania, E., & Malinda, M. (2023). Penerapan Business Model Canvas pada Bisnis Merek Shayn. Seminar Nasional Teknik Dan Manajemen Industri, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.28932/sentekmi2023.v2i1.136

Hammam, A., & Pahlevi, R. W. (2022). ANALISIS PERKEMBANGAN USAHA DANDELLION MENGGUNAKAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS. JEMBA: JURNAL EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI, 1(6), Article 6.

Hidayah, R., Farid, E. S., & Adda, H. W. (2023). Penerapan Bisnis Model Kanvas Dalam Upaya Pengembangan Usaha Sweet Banana. Jurnal EMA, 8(1), 10–19. https://doi.org/10.51213/ema.v8i1.316

Kusriyanti, T. (2020). PERANCANGAN STRATEGI BISNIS DENGAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS PADA LEORA DESIGN INTERIOR & FURNITURE. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 1(2), 527–536. https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i2.294

Mardikaningsih, R., & Darmawan, D. (2023). Strategi Inovasi Bisnis Sebagai Upaya Peningkatan Keunggulan Kompetitif Dan Pertumbuhan Bisnis UMKM Industri Kreatif Di Era Digital. Global Leadership Organizational Research in Management, 1(4), Article 4. https://doi.org/10.59841/glory.v1i4.925

Mursyidah, A., & Alifa, S. (2022). Analisis Business Model Canvas Mengenai Program Dan Strategi Pemasaran Produk Bsi Griya Pada Bank Syariah Indonesia. https://doi.org/10.59818/tijarah.v1i1.96

Nurgraha, J. (2022). MERANCANG MODEL BISNIS RUMAHAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL BISNIS CANVAS. Jurnal Aplikasi Manajemen, 12, 679.

Poerwanto, G. H., Kristia, K., & Pranatasari, F. (2021). Praktik Model Bisnis Berkelanjutan pada Komunitas UMKM di Yogyakarta. EXERO : Journal of Research in Business and Economics, 2(2), 183–204. https://doi.org/10.24071/exero.v2i2.4050

Prasetyo, D., & Hapsari, T. P. (2023). STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS PADA USAHA TILAPIA FARM. JEMBA: JURNAL EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI, 2(5), Article 5.

Purwaingsih, A., Suseno, D., Royhaan, F., Hikmah, I., & Riskawati, Y. (2023). Peningkatan Pengetahuan dan Kemampuan UMKM dalam Pembuatan Bisnis Model Canvas. Jurnal Bina Desa, 4, 172–176. https://doi.org/10.15294/jbd.v4i2.32320

Rahmatang, R., Evahelda, E., & Agustina, F. (2019). Strategi Pengembangan Usaha Madu Dengan Pendekatan Business Model Canvas (Studi Kasus: UMKM Toko Pelawan Desa Namang Kabupaten Bangka Tengah). Journal of Integrated Agribusiness, 1(2), 115–129. https://doi.org/10.33019/jia.v1i2.1080

Ridwan, M., Awaliyah, F., Adinasa, M., & Febrianti, T. (2023). Analisis Model Bisnis Koperasi Eptilu Dengan Pendekatan Business Model Canvas. MAHATANI: Jurnal Agribisnis (Agribusiness and Agricultural Economics Journal), 6, 325. https://doi.org/10.52434/mja.v6i2.3288

Saebah, N., & Asikin, M. (2022). Efektivitas Pengembangan Digital Bisnis pada Gen-Z dengan Model Bisnis Canvas. Jurnal Syntax Transformation, 3, 1534–1540. https://doi.org/10.46799/jst.v3i11.649

Susilowati, I. H. (2021). Pengembangan Bisnis Fashion Muslim Dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC). Jurnal Perspektif, 19(2), Article 2. https://doi.org/10.31294/jp.v19i2.11183

Uddin, S. (2022). INDUSTRI KREATIF.

Wardana, M., & Sitania, F. (2023). Strategi Pengembangan Bisnis Melalui Pendekatan Business Model Canvas pada Kedai Kabur Bontang. Jurnal Teknik Industri (JATRI), 1, 10–17. https://doi.org/10.30872/jatri.v1i1.492

Yudha, M., Mariam, I., & Rosalina, E. (2023). Analisis Strategi Pengembangan Usaha dengan Pendekatan BUSINESS MODEL CANVAS. Ekonomi & Bisnis, 22, 17–24. https://doi.org/10.32722/eb.v22i1.5291

Zakiyah, R. Z., & Islam, M. A. (2022). USER INTERFACE WEBSITE SEBAGAI MEDIA PROMOSI VILOVY DESIGN. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 3(3), 174–185.

Published

2024-12-11

How to Cite

Icha Maulidya, Afnan Zahra, Fatih Kawakib Kartono, & Wien Kuntari. (2024). Strategi Optimasi Model Bisnis pada AIF Digital Custom Agency Menggunakan Business Model Canvas. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 3(4), 296–306. https://doi.org/10.58192/ebismen.v3i4.2763

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.