STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN DI ALFAMART MALALAYANG SATU TIMUR

Authors

  • MICHIKO NISHINO Universitas Teknologi Sulawesi Utara

DOI:

https://doi.org/10.58192/profit.v1i4.578

Keywords:

Strategi Pemasaran, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menginterpretasikan strategi pemasaran dalam meningkatkan kepuasan konsumen dan faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran dalam meningkatkan kepuasan konsumen di Alfamart Malalayang Satu Timur. Penelitian yang di lakukan ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menciptakan, menguasai, menjelaskan, serta mendapatkan cerminan fenomena-fenomena yang di kaji. Oleh sebab itu, penelitian ini memakai pendekatan kualitatif. Teknik analisis yang di lakukan dengan memakai teknik analisis data yang di kemukakan oleh Miles serta Herberman mencakup 3 aktivitas bersamaan yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Dari hasil penelitian ada beberapa faktor yang menjadi kendala atau kekurangan di Alfamart Malalayang Satu Timur dalam meningkatkan kepuasan konsumen. Oleh karena itu manajemen Alfamart di tuntut untuk meningkatkan strategi pemasaran dalam meningkatkan kepuasan konsumen, kelengkapan ragam produk, harga yang di tawarkan, penawaran-penawaran yang menarik serta citra perusahaan yang baik sehingga dapat memberikan kepuasan kepada konsumen.

 

 

References

Amalia Aisyah, 2016. “perencanaan strategi pemasaran dengan pendekatan bauran pemasaran dan swot pada perusahaan popsy tubby” dalam jurnal manajemen dan star-up bisnis Vol. 1 (halaman 298-299).

Anisah, 2020. “Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Busana Muslim Di Pasar Aceh, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Atikasari Linda, 2014. Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah Melalui Kualitas Produk tabungan BSM Di Bank Syariah Mandiri Kc Ajibarang.

Chandra, R. (2019). ANALISIS STRATEGI PERSAINGAN PASAR DENGAN MODEL SWOT PADA RUMAH MAKAN AYAM PENYET PAK ULIS DI LANGSA. Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (JENSI), 3(2), 162-173.

Dimas Hendika Wibowo, Zainul Arifin, & Sunarti Sunarti. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi Pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 29(1), 59–66. https://doi.org/https://media.neliti.com/media/publications/86529-ID-analisis-strategi-pemasaran-untuk-mening.pdf

Enue Esuje, 2021. Implementasi Kebijakan Pemerintah Papua Dalam Pelestarian Tradisi Bakar Batu Masyarakat Papua Suku Dani Di Kecamatan Malalayang Kota Manado, Universitas Teknologi Sulawesi Utara

Hartono lapan suroto. (2016, June 20). 4 Strategi Produk Dan Cara Menciptakan Peluang Produk - Gomarketingstrategic.com. Gomarketingstrategic.com. https://www.gomarketingstrategic.com/4-strategi-produk-dan-cara-menciptakan-peluang-produk/

Ichwanda, F. I., Arifin, Z., & Yulianto, E. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Ekspor (Studi Pada Pt Petrokimia Gresik. Administrasi Bisnis (JAB), 24(1), 1–9.

Karmila Rini, 2016. Strategi Pemasaran Kerupuk Ubi di Nagari Sungai Tarab.

Kasimen Stie, 2020. “pengaruh kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada hotel bukit serelo lahat” dalam jurnal media wahana ekonomika Vol. 17 (halaman 330)

Maulana S Ade, 2016. “pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan PT.TOI” dalam jurnal ekonomi Vol. 2 (halaman 115-116)

Okta agus, 2020. Strategi Distribusi Produk Baru | DISTRIBUSI PEMASARAN. (2020, September 11). DISTRIBUSI PEMASARAN Dotcom. https://distribusipemasaran.com/strategi-distribusi-launching-produk-baru/

Sulfiana, 2020. “Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Rumah Makan Mbak Daeng Alauddin Makassar, Universitas Muhammadiyah Makassar Makassar.

Tjiptono, F. (2008). Strategi pemasaran Yogyakarta: ANDI. Product’s Attributes

Wibowo handika dimas, 2015. “analisa strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM” dalam jurnal adminitrasi bisnis Vol. 29 (halaman 60-61).

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

MICHIKO NISHINO. (2022). STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN DI ALFAMART MALALAYANG SATU TIMUR. Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4), 362–372. https://doi.org/10.58192/profit.v1i4.578