Strategi Pemasaran Umkm Keripik Pisang Tunas Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha
DOI:
https://doi.org/10.58192/profit.v2i2.711Abstract
Strategi pemasaran mempunyai peran yang penting bagi UMKM. Peran penting dari strategi pemasaran yang tepat mampu meningkatkan daya saing usaha dalam suatu produk. Usaha menyusun strategi pemasaran membutuhkan informasi yang lengkap berkaitan dengan pasar, konsumen maupun produk yang dibutuhkan. Sulitnya informasi pendukung dalam penentuan strategi pemasaran tentu saja menjadikan umkm sulit untuk bersaing. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya yakni teknik wawancara dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran umkm keripik pisang tunas dalam meningkatkan daya saing usaha. Hasil penelitian dilakukan di Jalan Mujahir No. 27 Yosodadi Metro Timur, dalam strategi pemasaran umkm keripik pisang tunas sudah mengalami peningkatan dilihat dari pemasaran produk yang sudah memanfaatkan media digital seperti di Instagram, WhatsApp, Shopee dan Tokopedia. Sehingga menciptakan produk menjadi dikenal oleh masyarakat luas tidak hanya di wilayah Metro saja. Dalam meningkatkan upaya daya saing pada umkm keripik pisang tunas, dengan melakukan analisis SWOT. Hasil yang didapat yaitu dengan memperluas wilayah pemasaran, menjaga kualitas produk, melakukan inovasi cita rasa serta bentuk, dan memanfaatkan media digital untuk hal promosi.
References
Agustina, S. (2020). Manajemen Pemasaran : Manajemen Pemasaran Modern. Management Pemasaran, 9(2), 26.
Gunawan, C. E. P. (2017). Analisis Strategi Bisnis Pada PT. Omega Internusa Sidoarjo. Agora, 5(1), 1–7. https://media.neliti.com/media/publications/57198-ID-none.pdf
Hanim, L. (2018). UMKM (Usaha Mikro, Kecil, & Menengah) & Bentuk-Bentuk Usaha. In Hak cipta dilindungi Undang-undang All Rights Reserved.
Kusumaningrum, R. A., Iranita, & M.Syuzairi. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Strategi Pemasaran Terhadap Minat Beli Pada Usaha Keripik Tempe Sarimas Kota Tanjungpinang. Soj Umrah, 2(2), 1348–1357. http://www.bioline.org.br/
Musyawarah, I. Y., & Idayanti, D. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di Kecamatan Mamuju. Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(1), 1–13.
Nabilla A. G, A. T. (2021). Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Pada Diva Karaoke Rumah Bernyanyi. Kritis, 5, 21–40.
Priangani, A. (2013). Memperkuat Manajemen Pemasaran Dalam Konteks. Jurnal Kebangsaan, 2(4), 1–9.
Putra, A. H. (2018). Peran Umkm Dalam Pembangunan Dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Blora. Jurnal Analisa Sosiologi, 5(2). https://doi.org/10.20961/jas.v5i2.18162
Rindrayani, S. R. (2016). Strategi Produk Dalam Menghadapi Pesaing Pada Perusahaan Batik “Merak Manis” Laweyan-Surakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 246–265. http://www.jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jupeko/article/view/58%0Ahttps://www.jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jupeko/article/download/58/32
Rohmah, K., & Badi’, A. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Pasar Pada Toko Roti Merah Delima Kediri. Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 2(2), 218–236. https://doi.org/10.33367/at.v2i2.1450
Yulia, farida, Lamsah, & Periyadi. (2019). Buku Manajemen Pemasaran_compressed.pdf (Issue April, p. 79).