ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMANFAATAN DAN PENGGUNAAN SISTEM E-TICKET PADA PO. BUS HARYANTO

Authors

  • Agus Aji Samekto Universitas Maritim AMNI Semarang
  • Retno Mulatsih Universitas Maritim AMNI Semarang
  • Azid Dipo Yamah Sari Universitas Maritim AMNI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.58192/ebismen.v1i1.7

Keywords:

Ekspektasi Kinerja, Faktor Sosial, Kondisi Yang Memfasilitasi, Pemanfaatan Penggunaan

Abstract

Pada penelitian ini menganalisis tiga variabel, yaitu variabel ekspektasi kinerja, faktor sosial dan kondisi yang memfasilitasi yang mempengaruhi variabel dependen yaitu pemanfaatan penggunaan E-tiket. Perumusan masalah, tujuan penelitian dan hipotesis pada penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh yang positif dan signifikan secara individual antara variabel independen yaitu: ekspektasi kinerja, faktor sosial dan kondisi yang memfasilitasi terhadap variabel dependen yaitu pemanfaatan penggunaan E-tiket. Pada penelitian ini obyek yang diambil adalah penumpang bus PO. Haryanto di kudus. Teknik analisis datanya adalah teknik regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dihasilkan persamaan regresi: Y = -0,469 + 0,375 X1 + 0,478 X2 + 0,169 X3 + µ. Hasil  persamaan regresi linier berganda menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial antara ekspektasi kinerja terhadap  pemanfaatan penggunaan E-tiket (nilai t hitung sebesar 5,470 > nilai t tabel sebesar 1,986), Hasil  persamaan regresi linier berganda menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara faktor sosial terhadap pemanfaatan penggunaan E-tiket  (nilai t hitung = 7,197 > t tabel = 1,986), Hasil  persamaan regresi linier berganda menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kondisi yang memfasilitasi terhadap pemanfaatan penggunaan E-tiket (nilai t hitung = 2,596 > t tabel = 1,986), Koefesien determinasi mendapatkan nilai Adjusted R square sebesar 0,549 dengan demikian 54,9% penumpang bus PO. Haryanto di kudus dijelaskan oleh 3 variabel tersebut, sedangkan sisanya 45,1% seperti harga, kemudahan dan lainnya. merupakan pengaruh variabel lain yang tidak termasuk didalam penelitian ini.

 

References

Anindhita, dkk. (2016). “Analisis Penerapan Teknologi Komunikasi Tepat Guna Pada Bisnis Transportasi Ojek Online”. Universitas Bakrie. Jakarta

Ghozali iImam , 2016 “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 SSPS” dalam Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hidayat (2019). “Pengukuran Penerimaan Pengguna dompet elektronik Berbasis Server di Tanggerang Selatan Menggunakan UTAUT 2”. Universitas Islam Negeri. Jakarta

Hoffman, K. Douglas and Bateson, John E.G. 2010. Pelayanan Konsep Marketing , Strategis and Cases Fourth Edition. South Western Cengange Learning.

Indah, Agustin (2019). “Penerapan Model Utaut (Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology) Untuk Memahami Niat Dan Perilaku Aktual Pengguna Go-Pay Di Kota Padang”. Jurnal Eksplorasi Akuntansi. Vol. 1, No 4

Lovelock, Wirtz, & Mussry, 2018. Manajemen Pemasaran Jasa. Boston Pearson, Jakarata.

Pamugar, dkk. (2014). “Model Evaluasi Kesuksesan dan Penerimaan Sistem Informasi E-Learning pada Lembaga Diklat Pemerintah”. Scientific Journal of Informatics. Vol. 1, No. 1

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatifdan R&D. Bandung: Alfabeta.

Venkatesh, et.al (2012). Consumer Acceptance and Use of Information Technology: Extending the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology.

Wibisono, dkk. (2017). “faktor-faktor yang mempengaruhi pengguna transportasi gojek di Kota Semarang : sebuah analisa kualitatif”. Dinamika Sosial Budaya. Vol. 19, No. 2

Yulistina dan Hartati. (2017). “analisa pengguna layanan gojek di kota Palembang”. Jurnal TAM (technology acceptance model). Vol.8, Hal. 101 – 106

Ariesto, Hadi Sutopo dan Adrianus Arief, 2010. Terampil Mengolah Data Kualitatif Dengan NVIVO. Penerbit Kencana Prenada Media Group : Jakarta

Mahardika, Putra.2017.” Pengukuran Tingkat Penerimaan System E-Ticket Di Taman Margasatwa Ragunan Menggunakan Model Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (UTAUT)” Sekripsi, UIN Syarif Hidayatullah.

Irawan, (2018),“Akseptasi Electronic Ticketing ( Studi Pada Penumpang Pesawat Di Provinsi Lampung )”, Jurnal ilmiah ESAI, Vol. 12, No. 1

Agustin, Indah, (2019), “Penerapan Model UTAUT (Unified Theory Of Acceptance And Use Of Thechmology) Untuk Memahami Niat Dan Perilaku Aktual Penggunaan Go-Pay di Kota Padang”, Jurnal Eksplorasi Akutansi, Vol. 1, No. 4

Hidayat, (2019), “Pengukuran Penerimaan Pengguna Dompet Elektronik Berbasis Server Di Tangerang Selatan Menggunakan UTAUT 2”, Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Surifah, Atika Putriana, (2015), “ Analisis Minat Penggunaan Sistem Informasi Dengan Pendekatan Model UTAUT Pada Kantor Pos Di Wilayah Bantul”.

Nia Auliya, (2018), “Penerapan Model Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology Terhadap Minat Dan Perilaku Penggunaan E-Ticket Di Yogyakarta”, Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Downloads

Published

2022-03-06

How to Cite

Agus Aji Samekto, Retno Mulatsih, & Azid Dipo Yamah Sari. (2022). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMANFAATAN DAN PENGGUNAAN SISTEM E-TICKET PADA PO. BUS HARYANTO. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.58192/ebismen.v1i1.7

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.