Peningkatan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Di Sdn 10 Pantoloan

Authors

  • Siti Fajaria Universitas Tadulako
  • Ira Nuriya Santi Universitas Tadulako
  • Niluh Putu Evvy Rossanty Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.58192/ebismen.v2i1.666

Keywords:

Peningkatan Literasi Numerasi, Kampus Mengajar

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan dasar atas rendahnya kemampuan literasi dan numerasi siswa di SDN 10 Pantoloan Kecamatan Taweili Kota Palu. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi serta mengembangkan budaya literasi numerasi siswa. Bentuk kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan program kegiatan pojok baca, penambahan jam pembelajaran materi literasi dan numerasi di sekolah. Program pengabdian dilakukan secara kolaboratif oleh kelompok dosen dan mahasiswa kampus mengajar mandiri angkatan 1 di SDN 10 Pantoloan selama 4 bulan mulai dari bulan September-Desember 2022. Subjek pengabdian ini adalah siswa kelas 1-5 untuk kegiatan pojo baca dan penambahan

References

Aryani, I., Nadia, R., Susanti, M., Musriandi, R., Irfan, A., Anzora, A., ... & Maulida, M. (2022). Peningkatan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Abdimas Unaya, 3(2), 37-41.

Darmadi, D., Primiani, C. N., Sudarmiani, S., Pujiati, P., & Sanusi, S. (2022). Program Pojok Baca Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar di Desa. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi, 2(2), 605-614.

Daroin, A. D., Santoso, O. V. K., Pranidia, D. M. A., & Halimah, L. L. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa di SDN 2 Gombang Tulungagung. D'edukasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 38-49.

Dasor, Y. W., Mina, H., & Sennen, E. (2021). Peran guru dalam gerakan literasi di sekolah dasar. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 19-25.

Hartatik, S. F. (2022). Pojok Baca Kelas Dalam Meningkatkan Budaya Literasi Siswa Dalam Program Kampus Mengajar di SMP Negeri 3 Satu Atap Karangploso Malang. Anfatama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 21-25.

Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916-924.

Warsidah, W., Amir, A., Linda, R., Sofiana, M. S. J., & Satyahadewi, N. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi Dan Adaptasi Teknologi Melalui Program Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar No 5 Sejajah Kabupaten Bengkayang. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 8(2), 163-172.

Downloads

Published

2023-03-28

How to Cite

Siti Fajaria, Ira Nuriya Santi, & Niluh Putu Evvy Rossanty. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Di Sdn 10 Pantoloan. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 2(1), 160–169. https://doi.org/10.58192/ebismen.v2i1.666