Penerapan Business Model Canvas pada Bisnis Kreatif Digital Stripsy.Space

Authors

  • Kayla Attya Ramadhani IPB University
  • Cynthia Octavania Putri Salma IPB University
  • Ayutyas Sayekti IPB University

DOI:

https://doi.org/10.58192/ebismen.v3i4.2733

Keywords:

Bisnis Kreatif Digital, Business Model Canvas, Strategi Bisnis

Abstract

Penelitian ini berfokus dalam merancang kerangka bisnis Stripsy.Space, sebuah bisnis kreatif digital yang menawarkan produk fotostrip personalisasi, dengan memanfaatkan pendekatan Business Model Canvas (BMC). Pendekatan ini memetakan sembilan elemen utama untuk menciptakan strategi bisnis yang terpadu dan dinamis terhadap perubahan pasar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mengevaluasi model bisnis yang ada serta mengidentifikasi peluang dalam meningkatkan efisiensi operasional, mendorong inovasi produk, dan memperkuat proposisi nilai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan BMC pada Stripsy.Space berhasil meningkatkan daya saing melalui optimalisasi saluran distribusi, pengelolaan hubungan pelanggan, dan diversifikasi produk. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dengan mengimplementasi BMC dapat menjadi panduan strategis yang efektif dalam pengambilan keputusan bisnis, sekaligus memperkuat posisi kompetitif Stripsy.Space di pasar bisnis kreatif digital. Rekomendasi diberikan untuk memperkuat strategi pemasaran digital dan menambah variasi produk untuk memperluas jangkauan pasar.

References

Almi, F., Praptono, B., & Hadi, R. M. E. (2021). PERANCANGAN MODEL BISNIS DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS PADA USAHA LIGHTMOS. 8(5), 7684.i

Faradilah, L. P., Endang Chumaidiyah, & Farda Hasun. (2024). Perancangan Model Bisnis Perusahaan Training dan Consulting PT.XYZ dengan Menggunakan Business Model Canvas. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(5), 3679–3696. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i5.1784

Fatricia, W., & Sultan, M. A. S. (2019). Implementasi Bisnis Model Kanvas dalam Perancangan Manajemen Bisnis Aplikasi JASKOST. JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS, 10(1), 93–100. https://doi.org/10.17509/jimb.v10i1.15338

Febriana, H., Andita, K. V., Rismarina, R. A., & Maulana, A. (2023). Peluang Bisnis Digital di Indonesia Pada Era Society 5.0. Jurnalku, 3(3), 365–374. https://doi.org/10.54957/jurnalku.v3i3.595

Hidayah, R., Farid, E. S., & Adda, H. W. (2023). Penerapan Bisnis Model Kanvas Dalam Upaya Pengembangan Usaha Sweet Banana. Jurnal EMA, 8(1), 10. https://doi.org/10.51213/ema.v8i1.316

Hutamy, E. T., Marham, A., & Hasan, M. (2021). Analisis Penerapan Bisnis Model Canvas pada Usaha Mikro Wirausaha Generasi Z (Analysis of the Canvas Model’s Application to Micro-Entrepreneurs of Generation Z). 1(1).

Kusriyanti, T. (2020). PERANCANGAN STRATEGI BISNIS DENGAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS PADA LEORA DESIGN INTERIOR & FURNITURE. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 1(2), 527–536. https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i2.294

Kuswandi, A., & Sultan, M. A. (2020). Penerapan Bisnis Model Kanvas Pada Social Marketplace Santree . 11(2). https://doi.org/10.17509/jimb.v11i2.27085

Makkarennu, Salim, S. A., Irnasari, Israwati, & Rahmiawati, V. (2023). MODEL BISNIS USAHA BERBASIS HASIL HUTAN BUKAN KAYU POTENSIAL. 19(3).

Mursyidah, A., & Alifa, S. (2022). Analisis Business Model Canvas Mengenai Program Dan Strategi Pemasaran Produk Bsi Griya Pada Bank Syariah Indonesia. 1(1).

Nurjaman, F. R. A., Aurachman, R., & Tripiawan, W. (2021). BUSINESS MODEL CANVAS SEBAGAI ALTERNATIF STRATEGI BISNIS DALAM PENGEMBANGAN INDUSTRI KREATIF: Studi Kasus di Galeri Batik Agnesa Kota Tasikmalaya. 8(1), 532.

Poerwanto, G. H., Kristia, K., & Pranatasari, F. (2021). Praktik Model Bisnis Berkelanjutan pada Komunitas UMKM di Yogyakarta. EXERO : Journal of Research in Business and Economics, 2(2), 183–204. https://doi.org/10.24071/exero.v2i2.4050

Rahmatang, R., Evahelda, E., & Agustina, F. (2019). Strategi Pengembangan Usaha Madu Dengan Pendekatan Business Model Canvas (Studi Kasus: UMKM Toko Pelawan Desa Namang Kabupaten Bangka Tengah). Journal of Integrated Agribusiness, 1(2), 115–129. https://doi.org/10.33019/jia.v1i2.1080

Reza, K. M. F., & Noviansyah, Ka. (2024). STRATEGI BISNIS STARTUP MELALUI BUSINESS MODEL CANVAS: STUDI KASUS GOJEK DAN AIRBNB. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 3(5), 1727–1738. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v3i5.7423

Sepriyadi, M. I., Wardani, A., Syahfitri, M., & Resmaliana, R. (2023). Analisis Business Model Canvas (BMC) Pada UMKM Cimol Aa di Kota Tanjungpinang. 3(4).

Sukarno, B. R., & Ahsan, M. (2021). Implementasi Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Business Model Canvas. Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA), 4(2), 51–61. https://doi.org/10.15642/manova.v4i2.456

Sunendar, S., Novia, R. A., & Zulkifli, L. (2021). ANALISIS BISNIS MODEL KANVAS PADA UMKM PENGOLAHAN MELINJO DI KECAMATAN LIMPUNG KABUPATEN BATANG. Agricore: Jurnal Agribisnis Dan Sosial Ekonomi Pertanian Unpad, 5(2). https://doi.org/10.24198/agricore.v5i2.29907

Trisna, N. M. S. W., & Zulkifli, F. F. (2021). BISNIS KREATIF DI ERA DIGITAL DENGAN MENGANGKAT KEARIFAN LOKAL. Jurnal Da Moda, 2(2), 42–47. https://doi.org/10.35886/damoda.v2i2.198

Wardana, M. H., & Sitania, F. D. (2023). Strategi Pengembangan Bisnis Melalui Pendekatan Business Model Canvas pada Kedai Kabur Bontang. Jurnal Teknik Industri (JATRI), 1(1), 10–17. https://doi.org/10.30872/jatri.v1i1.492

Warnaningtyas, H. (2020). Desain Bisnis Model Canvas (BMC) Pada Usaha Batik Kota Madiun. Jurnal Manajemen, 9(2), 2580–0043.

Published

2024-12-06

How to Cite

Ramadhani, K. A., Putri Salma, C. O., & Sayekti, A. (2024). Penerapan Business Model Canvas pada Bisnis Kreatif Digital Stripsy.Space. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 3(4), 74–82. https://doi.org/10.58192/ebismen.v3i4.2733

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.