Pembuatan Bisnis Ekstrakurikuler Desain UI/UX Berbasis Figma dengan Penerapan Business Model Canvas

Authors

  • Nur Indah Chasanah IPB University
  • Rajhaga Jevanya Meliala IPB University
  • Syah Bintang IPB University
  • Wien Kuntari IPB University

DOI:

https://doi.org/10.58192/ebismen.v3i4.2732

Keywords:

Business Model Canvas, Desain UI/UX, Ekstrakurikuler, Pendidikan Teknologi

Abstract

Penelitian ini mengkaji pentingnya keterampilan desain antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) bagi siswa SMP, SMA, dan SMK dalam menghadapi tuntutan industri digital. Tujuan penelitian adalah untuk mengevaluasi efektivitas program pembelajaran Academy Figma dalam meningkatkan kompetensi desain siswa. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif, yang meliputi riset pasar dan analisis kebutuhan untuk merancang kurikulum yang sesuai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini berhasil meningkatkan pemahaman siswa tentang prinsip dasar desain UI/UX serta keterampilan praktis dalam menggunakan Figma. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa Academy Figma berperan penting dalam menjembatani kesenjangan antara kurikulum pendidikan formal dan kebutuhan industri, serta mempersiapkan siswa dengan keterampilan yang relevan untuk bersaing di pasar kerja global. Program ini diharapkan dapat menjadi model bagi inisiatif pendidikan lainnya dalam bidang desain digital.

References

Alfina, Alfina, Afra Lathifah, and Ulfa Isni Kurnia. 2024. “Efektivitas Penggunaan Figma Sebagai Alat Prototyping Dalam Mata Kuliah Interaksi Manusia Dan Komputer.” Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (J-Diteksi) 3(2):40–45.

Fadli, Muhammad Raffi. 2020. “User Interface And User Experience Of Indosport Mobile Applications Using A User Centered Design Approach.” Arty: Jurnal Seni Rupa 9(2):128–38. doi: 10.15294/arty.v9i2.40365.

Hadiya, Ananda Harsel Rafa, Karis Widyatmoko, Naufalendra Mulyahartantya, Rafi Darodjatuzzaki, and Zidan Alfarezi Sukoco. 2024. “Eksplorasi Desain UI/UX Digital Siswa Menggunakan Figma di SMAN 15 Semarang.” Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat Ilmu Komputer (JNPMIK) 3(2):46–57.

Herawati, Novitha, Triana Lindriati, and Ida Bagus Suryaningrat. 2019. “Penerapan Bisnis Model Kanvas dalam Penentuan Rencana Manajemen Usaha Kedelai Edamame Goreng.” doi: 10.19184/j-agt.v13i01.8554.

Jati, L. Jatmiko, Sri Sulastri, Susilo Talidobel, and M. Chothibul Umam Assa’ady. 2024. “Pengembangan Bisnis Dengan Pembuatan BMC Berdasarkan Analisis SWOT Dan Pemasaran Berbasis Teknologi UMKM Pisang Coklat.” JUAN: Jurnal Pengabdian Nusantara 1(4):8–15.

Maulana, Dava alif. 2024. “Faktor Yang Mempengaruhi Antarmuka Pengguna Pada Aplikasi Branly Berbasis Mobile.” TECHSI - Jurnal Teknik Informatika 15(2):15–27. doi: 10.29103/techsi.v15i2.19420.

Purnama, Nyoman. 2024. “Pelatihan Business Model Canvas Bagi Siswa SMAN 1 Gianyar Dalam Membangun Bisnis Di Usia Dini.” Jubaedah : Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education) 4(1):214–20. doi: 10.46306/jub.v4i1.192.

Putra, Muhammad Devrian Adi, Heny K. Suwarsinah, and Tanti Novianti. 2019. “Strategi Pengembangan Bisnis CV. MSA Di Majalaya, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.” Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen (JABM) 5(3):478–478. doi: 10.17358/jabm.5.3.478.

Rahmadiansyah, Chafidz, and Rois Abin. 2023. “Strategi Persaingan Usaha Melalui Business Model Canvas Pada Sentra Industri Kecil UD. Percetakan Hilmi Putra Di Desa Ketanon Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung.” Jurnal Cakrawala Ilmiah 2(7):2923–34. doi: 10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v2i7.5279.

Ravelino, Calvin, and Yeremia Alfa Susetyo. 2023. “Perancangan UI/UX Untuk Aplikasi Bank Jago Menggunakan Metode User Centered Design.” Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi) 7(1):121–29. doi: 10.35870/jtik.v7i1.697.

Rosiana, Puput Silva, Apriade Voutama, and Azhari Ali Ridha. 2023. “Perancangan UI/UX Sistem Informasi Pembelian Hasil Tani Berbasis Mobile Dengan Metode Design Thinking.” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan 11(3). doi: 10.23960/jitet.v11i3.3048.

Surianto, Dewi Fatmarani, M. Syahid Nur Wahid, Jumadi M. Parenreng, Abdul Wahid, Satria Gunawan Zain, Marwan Ramdhany Edy, and Andi Akram Nur Risal. 2023. “PKM Pelatihan Figma Untuk Desain Prototipe Sistem Informasi.” Vokatek : Jurnal Pengabdian Masyarakat 57–63. doi: 10.61255/vokatekjpm.v1i2.88.

Suryadi, Suryadi, and Faizal Amir Parlindungan Nasution. 2023. “Revolusi Industri, Tren Pekerjaan Masa Depan, Dan Posisi INDONESIA.” Jurnal Ketenagakerjaan 18(2):124–41. doi: 10.47198/jnaker.v18i2.237.

Wijaya, Selvika, and Hendra Lukito. 2024. “Strategi Pengembangan Sekolah Swasta Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas (BMC) Dan SWOT Analysis Pada SDIT Cahaya Hati Kota Bukittinggi.” Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan 8(2):268–77. doi: 10.35446/diklatreview.v8i2.1861.

Yusriyah, Afiftya Hana, and Dian Retnasari. 2023. “Mengembangkan Bakat Dan Minat Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler.” Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana 18(1).

Published

2024-12-06

How to Cite

Chasanah, N. I., Meliala, R. J., Bintang, S., & Kuntari, W. (2024). Pembuatan Bisnis Ekstrakurikuler Desain UI/UX Berbasis Figma dengan Penerapan Business Model Canvas. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 3(4), 114–129. https://doi.org/10.58192/ebismen.v3i4.2732

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 

You may also start an advanced similarity search for this article.