Pengaruh Brand Trust, Kemudahan Fintech, dan Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Paylater Payment

(Studi Kasus di Kelurahan Gading RT. 10 RW. 07 Kota Surabaya)

Authors

  • Dea Rachmadany STIE Pemuda Surabaya
  • Nuryadi Nuryadi STIE Pemuda Surabaya
  • Syamsul Arifin STIE Pemuda Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.58192/ebismen.v2i4.1378

Keywords:

brand trust, ease of use, risk, purchase decision, paylater

Abstract

Rachmadany Dea, 1961201032, Effects of Brand Trust, Fintech Convenience, and Risk on Purchase Decisions Using the Paylater Payment (Case Study in Gading Village Rt. 10 Rw. 07 Kota Surabaya). This study aims to determine the effect of brand trust, fintech convenience, and risk variables on purchasing decisions using paylater payment feature in a case study in Gading Village, Rt. 10, Rw. 07 City of Surabaya. The sample in this study is 62. The variables of this study are brand trust, convenience, and risk. The model in this study uses multiple linear analysis, namely the classical assumption test and hypothesis testing which consists of the T test and the coefficient of determination. The results of this study indicate that: 1) Brand trust partially influences purchasing decisions. 2) Ease partially has no effect on purchasing decisions. 3) Partial risk has no effect on purchasing decisions.

References

Adhari, I. Z. (2021). Kepuasan Pelanggan dan Pencapaian Brand Trust. CV. Penerbit Qiara Media.

Aisah, S. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Penggunaan Transaksi Shopee Paylater. Universitas Islam Malang.

Andriyanto, Y. (2014a). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Risiko dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Rekening Ponsel (Studi Kasus Pada Nasabah CIMB NIAGA Daerah Istimewa Yogyakarta). Universitas Negeri Yogyakarta.

Angelia, D. (2022, January 17). Inilah 7 Layanan Paylater Paling Sering Digunakan di Indonesia 2021. GoodNewsIndonesia. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2022/01/17/inilah-7-layanan-paylater-paling-sering-digunakan-di-indonesia-2021

Canestren, A. A., & Saputri, E. M. (2021). PENGARUH KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, DAN RESIKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MENGGUNAKAN METODE PEMBAYARAN SHOPEE PAYLATER. EProceedings of Management.

Dwiyanti, E. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Pendapatan Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Metode Pinjaman Online SPayLater (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus). IAIN Kudus.

Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Stategy) (Q. Media (ed.)). CV. Penerbit Qiara Media.

Hanafi, M. M. (2016). Manajemen Risiko (3rd ed.). UPP STIM YKPN.

Hesti, R. (2021, November 12). 88,1 Persen Pengguna Internet Belanja dengan E-Commerce. CNN Indonesia. https://www.google.com/amp/s/www.cnnindonesia.com/ekonomi/20211111123945-78-719672/881-persen-pengguna-internet-belanja-dengan-e-commerce/amp

Istiarni, P. R. D., & Hadiprajitno, P. B. (2014). Analisis Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan Dan Kredibilitas Terhadap Minat Penggunaan Berulang Internet Banking Dengan Sikap Penggunaan Sebagai Variabel Intervening (studi empiris: nasabah layanan internet banking di Indonesia). Journal Of Accounting , 3(2), 19–20.

Rosalia, D. (2016). Pengaruh Persepsi Risiko terhadap Kepercayaan dan Berdampaknya Terhadap Keputusan Pembelian. Manajemen, 10.

Rosana, F. C. (2022, November 29). Ekonomi Prediksi Pengguna Paylater akan Meningkat Pesar Pada 2024 Apa Sebabnya. Tempo.Co. https://bisnis.tempo.co/read/1662558/ekonom-prediksi-pengguna-paylater-akan-meningkat-pesat-pada-2024-apa-sebabnya

Sherly. (2022). Manajemen Merek (Sherly). CV. Media Sains Indonesia.

Silalahi, P. R., Althariq, G. N., Pohan, A., Wibowo, A., & Wijaya, H. R. (2022). PENGARUH SISTEM PAYLATER TERHADAP MINAT BELANJA KONSUMEN PENGGUNA GOJEK . Ekonomi Dan Perbankan Syariah.

Sugiyono. (2014a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tjiptono, F. (2015). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, Dan Penelitian. CV. Andi Offset.

Downloads

Published

2023-09-29

How to Cite

Dea Rachmadany, Nuryadi Nuryadi, & Syamsul Arifin. (2023). Pengaruh Brand Trust, Kemudahan Fintech, dan Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Paylater Payment: (Studi Kasus di Kelurahan Gading RT. 10 RW. 07 Kota Surabaya). Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 2(4), 94–112. https://doi.org/10.58192/ebismen.v2i4.1378