Penerapan Manajemen Operasional pada Usaha Pencetakan (Sudi Kasus CV. Ekribafam Multi Karya, Kota Serang BANTEN)
DOI:
https://doi.org/10.58192/profit.v4i1.2971Keywords:
Operational Management, Printing, Product EffectivenessAbstract
This research was conducted at the printing company CV. Ekribafam Multi Karya, Serang City, Banten. This study aims to find out how important the implementation of operational management is in a business in order to see how effective the products produced by the printing company CV. Ekribafam Multi Karya are. This research was conducted using a qualitative approach. Where qualitative research is data in the form of words or statements. This study aims to analyze the influence of operational management on the printing company CV. Eribafam Multi Karya. Data collection in this study was carried out by means of interviews, observations, and literature reviews. So that it produces conclusions.
References
Ahmad, G. N. (2022). Manajemen operasi. Bumi Aksara.
Higgins. (2013). Manajemen operasional: Definisi dan faktor yang mempengaruhi manajemen operasional. Jurnal Manajemen. Diakses dari http://jurnalsdm.blogspot.com/2013/02/manajemenoperasional-definisi-dan.html (diakses pada 19 Oktober 2023).
Kamillah, R. S. R. A., Hernanada, R., Nuramalia, E., & Suyatna, R. G. (2024). Pengaruh brand image, gaya hidup, dan lokasi terhadap keputusan pembelian. Jurnal Manajemen Riset Inovasi (MRI), 2(1), 1–10.
Konsep definisi operasional: Buku statistik bidang pertambangan, energi, konstruksi, dan industri pengolahan. (2008). Indonesia: Subdirektorat Klarifikasi dan Pembakuan Statistik, Direktorat Metodologi Statistik.
Kurniawan, A., & Sukarno, D. (2020). Strategi peningkatan efisiensi operasional pada industri manufaktur. Jurnal Riset Operasional, 7(2), 45–56.
Manajemen operasional dan implementasi dalam industri. (n.d.). (n.p.): Penerbit Pustaka Rumah C1nta.
Ramdhan, A. R., & Utomo, D. R. (2019). Implementasi manajemen operasional pada sektor pariwisata di era digital. Jurnal Manajemen dan Pariwisata, 4(1), 20–32.
Santoso, T., Maulina, A., & Utami, R. A. (n.d.). Manajemen operasional.
Setyawan, T., & Handayani, R. (2021). Analisis manajemen operasional pada usaha kecil dan menengah (UKM) berbasis teknologi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 9(3), 85–98.
Zulkarnaen, W., & Amin, N. N. (2018). Pengaruh strategi penetapan harga terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 2(1), 106–128.