PENGARUH KARAKTERISTIK PEKERJAAN, PENGEMBANGAN KARIR DAN KOMPENSASI TERHADAP LOYALITAS KURIR PADA PT. SHOPEE EXPRESS HUB KEDIRI

Authors

  • Galang Supra Yudha Universitas Islam Kadiri
  • Rike Kusuma Wardhani Universitas Islam Kediri
  • Nuraidya Fajariah Universitas Islam Kediri

DOI:

https://doi.org/10.58192/ebismen.v1i3.47

Keywords:

Karakteristik Pekerjaan, Pengembangan Karir, Kompensasi dan Loyalitas Kurir

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh karakteristik pekerjaan, pengembangan karir dan kompensasi terhadap loyalitas kurir pada PT. Shopee Express Hub Kediri. Teknik analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini menggunakan uji statistik melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji t, uji F dengan alat bantu SPSS versi 26.0. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara dan observasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh, dengan jumlah responden 65 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh peneliti dari persamaan regresi linier berganda Y = 17,557 + (-0,496)X1 + (-0,229)X2 + 0,572X3. Hasil dari analisis yang dilakukan, hasil penelitian menunjukan bahwa variabel karakteristik pekerjaan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas kurir dengan bukti bahwa Sig t 0,002 < 0,05, variabel pengembangan karir tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas kurir dengan bukti Sig t 0,461 > 0,05, variabel Kompensasi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas kurir dengan bukti Sig t 0,003 < 0,05, dan hasil karakteristik pekerjaan, pengembangan karir dan kompensasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas kurir dengan bukti Sig t 0,001 < 0,05.  Hasil analisis nilai R2 = 0,245 atau 24,5%.

References

Elbadiansyah (2019) ‘PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, KOMPETENSI KERJA DAN KARAKTERISTIK PEKERJAAN TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH (BAPPEDA) PONOROGO’, p. 41.

Logahan, J. M. and Tjoe, T. F. (2013) ‘Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan CV MUM INDONESIA Konsep Lingkungan Kerja , Kompensasi , dan Kinerja’, Binus Business Review, 3(1), pp. 573–586.

Luthan (2016) ‘Loyalitas Kerja’, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 9((p-ISSN 2338-9605; e-2655-206X), pp. 93–100.

Mahmudah (2019) ‘PENGARUH KOMPENSASI, LINGKUNGAN DAN BEBAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI CV. BERDIKARI MADIGONDO MAGETAN’, Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 7(2), pp. 107–15.

Malthis (2006) ‘PENGARUH KOMPENSASI NON FINANSIAL TERHADAP KINERJA ( Studi pada Agen AJB’, p. 4.

Marpaung (2012) ‘Pengaruh Kepuasan Kerja dan Pemberian Kompensasi terhadap Kinerja Individu dengan Loyalitas Sebagai Variabel Intervening’, AKSES: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 15(2), pp. 128–137. doi: 10.31942/akses.v15i2.3786.

Nasution, U. H. (2020) ‘Pengaruh Premi Asuransi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi Jiwa Pada PT. SinarMas MSIG Medan’, Jurnal Bisnis Corporate, 5(1), pp. 37–53.

Noe, D. (2008) ‘KINERJA KARYAWAN PADA PT AIR MANADO THE EFFECT OF CAREER DEVELOPMENT , TRAINING AND MOTIVATION ON EMPPLOYEES PERFORMANCE OF PT . AIR MANADO’, EMBA, 6(1), pp. 341–350.

Nur, M. T. (2015) ‘Kompensasi Kerja Dalam Islam’, Jurnal Muamalah, v(2), pp. 120–128.

Panudju (2010) ‘Analisis Kompetensi, Karakteristik Pekerjaan, dan Kepuasan Kerja Terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan Hotel Saka Medan’, https://journal.pancabudi.ac.id/index.php/jurnalfasosa/article/view/1430/1293, p. 91.

Parerung (2014) ‘Pengaruh Pengembangan Karier, Komitmen Organisasional Dan Perceived Organizational Support Terhadap Retensi Karyawan’, E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(7), p. 4153. doi: 10.24843/ejmunud.2019.v08.i07.p06.

Pio, R. J. (2017) ‘Perencanaan dan pengembangan karir’, Seminar Nasional TIK dan Ilmu Sosial (SocioTech) 2017, 7(2), pp. 207–215.

Purwaningsih, I. (2008) ‘Hubungan Antara Karakteristik Pekerjaan Dengan Komitmen Organisasi’, Jurnal Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Robbins (2013) ‘Karakteristik Pekerjaan dan Karakteristik Individu Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai’, Gastronomía ecuatoriana y turismo local., 1(69), pp. 3–24.

Sastrohadiwiryo (2002) ‘PENGARUH PROMOSI JABATAN DAN MUTASI TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI PT.BANK MANDIRI (PERSERO) CABANG AHMAD YANI MEDAN’, Jurnal ilmiah "INTEGRITAS, 1(3).

Sedarmiyanti (2007) ‘Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Axa Financial Indonesia Sales Office Malang’, Jurnal Mitra Manajemen, 4(6), pp. 1–10.

Siagian (2005) ‘Analisa Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Loyalitas Karyawan Hotel X Bali’, Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., pp. 2013–2015.

Wicaksono (2013) ‘Model Hubungan Beban Kerja, Kompensasi Dan Pengembangan Karir Terhadap Loyalitas Karyawan Pt. Abc’, Jurnal Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Kewirausahaan, 1(1), pp. 36–45. doi: 10.52909/jbemk.v1i1.26.

Downloads

Published

2022-09-07

How to Cite

Yudha, G. S. ., Wardhani, R. K., & Fajariah, N. (2022). PENGARUH KARAKTERISTIK PEKERJAAN, PENGEMBANGAN KARIR DAN KOMPENSASI TERHADAP LOYALITAS KURIR PADA PT. SHOPEE EXPRESS HUB KEDIRI. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 1(3), 47–57. https://doi.org/10.58192/ebismen.v1i3.47