SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN DENGAN MENGGUNAKAN MYOB ACCOUNTING PADA PT INDAH CARGO LOGISTIK SEMARANG TAHUN 2021

Authors

  • Ngaijan Ngaijan Universitas Maritim AMNI

Abstract

Penelitian ini bertujuan agar PT. Indah Cargo Logistik Semarang dapat menyusun laporan keuangan dengan baik. Perkembangan teknologi informasi saat ini, mempengaruhi berbagai bidang usaha, baik pendidikan  maupun bisnis. Penggunaan akuntansi komputer adalah alat untuk memfasilitasi kegiatan  perusahaan dalam menyelesaikan pemrosesan data secara efektif, efisien, dan akurat. Perusahaan  sangat membutuhkan program aplikasi untuk memfasilitasi pencatatan transaksi yang masih berlangsung dengan Microsoft Excel, kesalahan paling sederhana bahwa kesalahan manajemen  Human Error adalah salah dalam pencatatan sering terjadi, selain memasukkan data secara  manual dan membuat jurnal membutuhkan waktu. lebih panjang dan membutuhkan ketelitian ekstra  dalam proses perhitungan. Ini dapat mengakibatkan tidak seimbangnya buku besar umum dan  laporan keuangan yang dibuat kemudian. Metode pengumpulan data termasuk observasi, wawancara,  dan metode studi pustaka. Penggunaan aplikasi Myob Accounting merupakan penyelesaian masalah alternatif yang  dibutuhkan oleh perusahaan, sehingga dapat memudahkan perusahaan dalam memproses data  akuntansi, serta memperoleh informasi yang berkualitas, hasil yang lebih akurat, dan waktu yang  digunakan lebih efektif dan efisien.

References

Hidayat, Syarief. (2017). MYOB PREMIER (Panduan Praktisi Disertai Pengoprasian Kasus Perusahaan Industri). Bandung: BI-Obses.

Jusup, Al Haryono. (2011). Dasar-dasar Akuntansi. Yogyakarta: Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.

Kuntoro, Agus. (2012). Praktikum Komputer Akuntansi Menggunakan MYOB. Yogyakarta: UPP STIM YKPN Yogyakarta.

Manurung, Elvy Maria. (2011). Akuntansi Dasar (Untuk Pemula). Jakarta: Erlangga.

Mas’ut dan Masrura, Abdan (2018) “Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Akuntabilitas Pendapatan Pajak Daerah di Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Kota Medan” Jurnal Riset Akuntansi Multiparadigma(JRAM), Volemu 5, Nomor 1, Halaman 30.

Sasongko, Catur, Agustin Setyaningrum, Annisa Febriana, Ayu Nadia Hanum, Aisyah Dian Pratiwi, dan Vivi Zuryati. (2011). Akuntansi Suatu Pengantar-Berbasis PSAK Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono . 2012 . Metode Penelitian Bisnis. Bandun g : CV . Alfabeta .

Winarni, F., dan G. Sugiyarso. (2011). Konsep Dasar dan Siklus Akuntansi. Yogyakarta: CAPS

Downloads

Published

2022-03-16

How to Cite

Ngaijan, N. (2022). SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN DENGAN MENGGUNAKAN MYOB ACCOUNTING PADA PT INDAH CARGO LOGISTIK SEMARANG TAHUN 2021. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 65–76. Retrieved from https://journal.unimar-amni.ac.id/index.php/EBISMEN/article/view/41

Most read articles by the same author(s)