Pengaruh Ekspektasi Kinerja, Sosial, dan Kondisi Memfasilitasi terhadap Minat Penerapan Aplikasi Akuntansi Seluler pada UMKM

Authors

  • Sania Putri Politeknik Negeri Lampung
  • Endah Yuni Puspitasari Politeknik Negeri Lampung
  • Endang Asliana Politeknik Negeri Lampung

DOI:

https://doi.org/10.58192/ebismen.v4i1.3173

Keywords:

mobile accounting application, small and medium enterprises, UTAUT

Abstract

The existence of micro, small and medium enterprises, especially in Bandar Lampung City, is not free from obstacles, one of which is related to bookkeeping or financial reporting. Mobile accounting-based applications are present as one of the technologies that are expected to overcome the problems faced by micro, small and medium enterprises. This study was conducted to determine the factors that influence the interest in implementing mobile-based accounting in micro, small and medium enterprises in Bandar Lampung City. The theory used in this study is UTAUT which consists of performance expectations, social influences and facilitating conditions. From the results of the study, it was obtained that performance expectations influenced the interest in implementing mobile accounting. Social influences did not affect the interest in implementing mobile accounting. Conditions that helped influence the interest in implementing mobile accounting.

References

Achadiyah, B. N. (2019). Otomatisasi pencatatan akuntansi pada UMKM. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 10(1), 188–203.

Adisty, N. (2022). Mengulik perkembangan penggunaan smartphone di Indonesia. https://goodstats.id/article/mengulik-perkembangan-penggunaan-smartphone-di-indonesia-sT2LA (Diakses pada 19 Juni 2024).

Alvian, S. (2019). Analisis determinan minat UMKM dalam adopsi aplikasi sebagai sistem pencatatan akuntansi berbasis teknologi. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=217760 (Diakses pada 27 Juni 2024).

Asri, D. P. (2020). Pengembangan industri kreatif UMKM asal Yogyakarta melalui pendaftaran “Jogja Co-Branding”. Fakultas Hukum, Universitas Janabadra Yogyakarta, 1–17.

Astiyah, A., & Budiantara, M. (2023). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat pelaku UMKM untuk menggunakan aplikasi akuntansi berbasis seluler di Dusun Bugel Sampang Kabupaten Cilacap. Jurnal Akuntansi dan Keuangan (JAK), 28(1), 76–86.

Badan Pusat Statistik. (2023). KemenKopUKM gandeng BPS lakukan pendataan lengkap koperasi dan UMKM 2023. https://www.bps.go.id/id/news/2023/09/15/533/kemenkopukm-gandeng-pendataan-lengkap-koperasi-dan-umkm-2023.html (Diakses pada 11 Juni 2024).

Baydhia & Haryati. (2021). Penggunaan aplikasi akuntansi berbasis mobile pada UMKM di Sidoarjo. senapan.upnjatim.ac.id, 1(1.1), 70–78.

Budiman, B. (2023). Pemprov Lampung sebut 70 persen UMKM telah terdigitalisasi. https://www.antaranews.com/berita/3743376/pemprov-lampung-sebut-70-persen-umkm-telah-terdigitalisasi (Diakses pada 8 Mei 2024).

Desfitria, V. (2023). Analisis going concern pelaku UMKM Kota Tanjungpinang. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pembangunan Tanjungpinang.

Direktorat Jenderal Perbendaharaan. (2023). Kontribusi UMKM dalam perekonomian Indonesia – DJPb. https://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/lubuksikaping/id/data.publikasi/artikel/3134-kontribusi-umkm-dalam-perekonomianindonesia.html (Diakses pada 11 Juni 2024).

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 (Edisi Sembilan). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hayon, T. O. (2019). Pengaruh pengetahuan pemilik tentang akuntansi dan teknologi informasi, ukuran perusahaan, dan umur perusahaan terhadap pemilihan aplikasi akuntansi pada UMKM. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Jogiyanto. (2008). Sistem informasi keperilakuan. Yogyakarta: Andi.

Kholid, M. N., Alvian, S., & Tumewang, Y. K. (2020). Determinants of mobile accounting app adoption by micro, small, and medium enterprise in Indonesia. Journal of Accounting and Strategic Finance, 3(1), 52–70.

Kriyantono, R. (2016). Teknik praktis riset komunikasi: Disertai contoh praktis riset media, public relations, advertising, komunikasi organisasi, publik, komunikasi, manajemen, dan pemasaran (Edisi Pertama). Jakarta: Kencana.

Ku Ka. (2020). Survey LIPI: Penjualan UMKM turun akibat COVID-19. https://kuka.co.id/page/news/survey-lipi-penjualan-umkm-turun-akibat-covid-19 (Diakses pada 11 Juni 2024).

Mahmudah, N., Yasmin, A., Harjanti, R. S., Krisdiyawati, K., & Sulistiyowati, D. (2019). Peningkatan pengetahuan manajemen usaha dengan menggunakan aplikasi Android (Akuntansi UMKM) pada Paguyuban Ibu-ibu Pedagang Kelontong Kelurahan Margadana. Jurnal Abdimas PHB, 2(2), 56–63.

Prasetyo, E. (2019). Peran usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam kebijakan penanggulangan kemiskinan dan pengangguran. Jurnal AKMENIKA UPY, 2(1), 1–13.

Purwanto, A. (2021). Kota Bandar Lampung: Kota Tapis Berseri dan Pintu Gerbang Sumatera. https://kompaspedia.kompas.id/baca/profil/daerah/kota-bandar-lampung-kota-tapis-berseri-dan-pintu-gerbang-sumatera (Diakses pada 19 Juni 2024).

Putri, N. K. R. D., & Suardikha, I. M. S. (2020). Penerapan model UTAUT 2 untuk menjelaskan niat dan perilaku penggunaan e-money di Kota Denpasar. E-Jurnal Akuntansi, 30(2), 540–555.

Republik Indonesia. (2020). Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Republik Indonesia. (2021). Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Pelindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Rini, D. S. (2023). Pengaruh faktor sosial, ekspektasi kinerja, persepsi kepercayaan, persepsi kemudahan penggunaan terhadap minat memakai aplikasi akuntansi (Studi empiris pelaku UMKM di Dusun Berenan, Kabupaten Kulon Progo). Jurnal Disrupsi Bisnis, 6(5), 471–479.

Sekretariat Jenderal MPR RI. (2023). Segera atasi kendala dalam transformasi digital di sektor UMKM. https://www.mpr.go.id/berita/Segera-Atasi-Kendala-dalam-Transformasi-Digital-di-Sektor-UMKM (Diakses pada 11 Juni 2024).

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D (Edisi Sembilanbelas). Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D (Edisi Sembilanbelas). Bandung: ALFABETA.

Venkatesh, V., Morris, M. G., Davis, G. B., & Davis, F. D. (2003). User acceptance of information technology: Toward a unified view. MIS Quarterly, 27(3), 425–478.

Wardani, N. G. A. P., & Effendy, L. (2023). Analisis faktor-faktor yang memengaruhi minat UMKM di Kota Mataram dalam menggunakan software akuntansi. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 3(4), 17–33.

Downloads

Published

2025-03-20

How to Cite

Sania Putri, Endah Yuni Puspitasari, & Endang Asliana. (2025). Pengaruh Ekspektasi Kinerja, Sosial, dan Kondisi Memfasilitasi terhadap Minat Penerapan Aplikasi Akuntansi Seluler pada UMKM. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 4(1), 127–143. https://doi.org/10.58192/ebismen.v4i1.3173

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.