Penerapan Hukum Bisnis Dalam Menjamin Kepatuhan Terhadap Etika Perusahaan di Era Digital

Authors

  • Ririn Dwi Cahyani Universitas Islam Negri Prof. KH Saifudin Zuhri
  • Intan Nuraini Muzagi Universitas Islam Negri Prof. KH Saifudin Zuhri
  • Sarpini Sarpini Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.58192/ebismen.v3i4.2843

Keywords:

business law, corporate ethics, compliance, digital era

Abstract

Companies face new challenges in maintaining compliance with business ethics in the digital era which is characterized by technological advancements and globalization. It is essential to implement business laws to ensure that the company's practices not only comply with applicable regulations but also follow high moral standards. The study looks at how business law can help with ethical compliance in the digital environment, including data protection, transparency, and social responsibility. Using case studies from various industries, this study shows that consistent application of business laws and ongoing ethical counseling can create a strong culture of compliance. As a result, the company can not only reduce legal risks but also build a good reputation in the eyes of the public and consumers.

References

Amalia, F. (2014). Etika Bisnis Islam: Konsep dan Implementasi pada pelaku usaha kecil. 116-125.

Firmansyah, Hamdan dkk. (2020). Pendidikan Ilmu Hukum, Politik Dan Pemerintahan Daerah”, Bandung: Cv. Media Sains Indonesia.

Halida, Uly Mabruroh. (2021). Teori Pengantar Bisnis”, Bandung: Duta Media Publishing.

Idayanti, Soesi. (2020). Hukum Bisnis”, Yogyakarta: Penerbit Tanah Air Beta.

LAH, R. A. D. (2023). Implikasi Hukum Bisnis Terhadap Praktik Etika Bisnis Di Indonesia. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 19(2), 163-172.

Bengu, Hany, Selus Kelin, and Ryan Hadjon. "Penerapan etika bisnis dalam kegiatan UMKM di era digital." TIMOR CERDAS-Jurnal Teknologi Informasi, Manajemen Informasi dan Rekayasa Sistem Cerdas 2.1 (2024): 1-7.

Putri, E. O. W. (2024). TRANSFORMASI KONTRAK DALAM ERA DIGITAL: TANTANGAN HUKUM BISNIS DALAM TRANSAKSI ELEKTRONIK DI BISNIS SEWA KEBAYA ONLINE (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).

Prayuti, Y. (2024). Dinamika perlindungan hukum konsumen di era digital: Analisis hukum terhadap praktik e-commerce dan perlindungan data konsumen di Indonesia. Jurnal Interpretasi Hukum, 5(1), 903-913.

Sain, M., & Bahri, S. (2024). Ekonomi Islam sebagai Landasan Fundamental dalam Praktik Bisnis Online Era Digital. El-kahfi| Journal of Islamic Economics, 5(02), 203-218.

Wahyuningsih, Y. Y., Roring, E. B., Desideria, O. R., Satino, S., Putri, C. W., & Lewoleba, K. K. (2025). Transformasi Hukum Bisnis dalam Ekosistem Digital: Tantangan dan Peluang. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial dan Humaniora, 9(1), 254-258.

Vanessa, G., & Angel, Y. (2024). MEMBANGUN KEPERCAYAAN DI ERA DIGITAL MELALUI ETIKA BISNIS INFLUENCER DAN ENDORSEMENT YANG BERTANGGUNG JAWAB. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(5), 1366-1371.

Syaeh, M. T., & Satino, S. (2024). Harmoni Hukum dan Bisnis: Antisipasi Tantangan Kepatuhan dan Inovasi Dalam Lingkungan Bisnis Merata-Tertata Berbasis E-commerce Tokopedia dalam Internet of Things (IoT) Melalui Gagasan 6.0. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 957-970.

Arianto, B., & Rani, R. (2024). Etika Bisnis dan Profesi.

Wahyuni, R. A. E., & Turisno, B. E. (2019). Praktik finansial teknologi ilegal dalam bentuk pinjaman online ditinjau dari etika bisnis. Jurnal Pembangunan Hukum Indonesia, 1(3), 379-391.

Haryaningsih, S., & Juniwati, J. (2021). Implementasi Program Electronic Filing (E-Filing) Dalam Upaya Peningkatan Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Kota Pontianak Kalimantan Barat Dengan Pemahaman Menuju Era Ekonomi Digital. Jurnal Reformasi Administrasi: Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani, 8(1), 32-41.

Breliastiti, R., Putri, S., & Valentina, S. (2020). Penerapan Gcg Dan Dampaknya Pada Csr (Perusahaan Pemenang Iigc–Asean Cg Scorecard). Jurnal akuntansi bisnis, 13(2).

Barkatullah, A. H. (2019). Hukum Transaksi Elektronik di Indonesia: sebagai pedoman dalam menghadapi era digital Bisnis e-commerce di Indonesia. Nusamedia.

Njatrijani, R., Rahmanda, B., & Saputra, R. D. (2019). Hubungan hukum dan penerapan prinsip good corporate governance dalam perusahaan. Gema Keadilan, 6(3), 242-267.

Nurmahadi, N., Misissaifi, M., & Susilawati, S. (2024). Akuntansi Syari’ah Di Era Digital: Peran Dan Kekuatan Dalam Menghadapi Era Digita. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 15501-15516.

Akbar Bahtiar, S. E., Kuswibowo, C., Maiza Fikri, M. M., SH, H. S. F., Kn, M., Kes, M. H., ... & Wardani, A. M. C. (2023). Etika Bisnis. Cendikia Mulia Mandiri.

Published

2024-12-21

How to Cite

Cahyani, R. D., Muzagi, I. N., & Sarpini, S. (2024). Penerapan Hukum Bisnis Dalam Menjamin Kepatuhan Terhadap Etika Perusahaan di Era Digital. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 3(4), 450–463. https://doi.org/10.58192/ebismen.v3i4.2843

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.