Pengaruh Fasilitas Wisata Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Perjalanan Wisata (Open Trip) C.V Gass Adventure, Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.58192/ebismen.v2i3.1281Keywords:
Tourism Facilities, Service Quality, Customer SatisfactionAbstract
The purpose of this study was to determine the effect of tourist facilities and service quality partially on customer satisfaction for travel services C.V Gass Adventure, Sidoarjo. As well as to find out between the Tourism Facilities and Service Quality significantly influence Customer Satisfaction of C.V Gass Adventure Travel Services, Sidoarjo. This research was conducted using a questionnaire method using a sampling technique on 100 customers who are or have used C.V Gass Adventure travel services, Sidoarjo. The results of this study indicate that tourist facilities (X1) have a positive effect on customer satisfaction with a significance value of 0.02 which is smaller than the significance value of α of 0.05. Service Quality (X2) has a positive effect on customer satisfaction with a significance value of 0.04 which is smaller than the significance value of α of 0.05.
References
Alana, P. R., & Putro, T. A. (2020). Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Pada Goa Lowo Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan …, 180–194. http://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/481
Almunawwaroh, M., & Marliana, R. (2018). Pengaruh Car,Npf Dan Fdr Terhadap Profitabilitas Bank Syariah Di Indonesia. Amwaluna: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 2(1), 1–17. https://doi.org/10.29313/amwaluna.v2i1.3156
Anam, C., & Laily Maghfiroh, R. (2021). Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-Wom),Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian Jasa (Studi Kasus : Bimbingan Belajar Sony Sugema Collage Area Jombang). Journal of management, Accounting, Economic and Business, Vol 02 No(02), 142–155. http://trianglesains.makarioz.org
Aulia, A. R., & Yulianti, A. L. (2019). Pengaruh City Branding “a Land of Harmony” Terhadap Minat Berkunjung Dan Keputusan Berkunjung Ke Puncak, Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) 1,2, 3(3), 71. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss1.pp67
Cahyono, D., Qomariah, N., & Perusahaan, C. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal ekonomi, XX(Xx), 1–5.
Christian, K., Handoyo, S., Kelvin, Hondo, P., & Fitriano, A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Rem Cakram dan Rem Tromol Motor Honda Matic Pada PT. MEGA ANUGERAH MANDIRI MEDAN. Wahana Inovasi: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UISU, 8(1), 44–53.
Christy, Y., Setiana, S., & Wijaya, C. (2020). Pengaruh Kompensasi Finansial Dan Non Finansial Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Budaya Organisasi Sebagai Variabel Moderasi. BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 17(1), 72. https://doi.org/10.30651/blc.v17i1.4185
Elva Nuraina, F. S. (2017). Pengaruh sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Madiun. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 5(1), 45. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v5i1.1005
Fian, J. Al, & Yuniati, T. (2016). Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Auto 2000 Sungkono Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 5(6), 1–18.
Ghozali, Imam dan Ratmono, D. (2017). Analisis Multivariat dan Ekonometrika dengan Eviews 10. Universitas Diponegoro.
Ghozali. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Noach Cafe And Bistro. Agora, 7(2), 1–5. https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/8734/7880
Hutomo, M., Setiawan, R., Bisnis, P. M., Manajemen, P. S., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2015). Kinerja Karyawan Pada Pt Lestari Purnama Perkasa. Ekonomi, 3(2), 60–69.
Irfan, A. M. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Fasilitas Yang Diberikan Kenari Waterpark Bontang Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan. Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam, 9(2), 82. https://doi.org/10.32507/ajei.v9i2.451
Mentang, J. J. ., Ogi, I. W. ., & Samadi, R. (2021). Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Marina Hash In Manado Di Masa Pandemi Covid-19 The Influence Of Product Quality And Service Quality Toward Consumer Satisfaction At Marina Hash In Manado Restaurant The Covid-19 Pandemic Jurnal Emba Vol . 9 No . 4 Oktobe. Jurnal EMBA, 9(4), 680–690. file:///C:/Users/USER/Documents/proposal/jurnal/PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI RUMAH MAKAN MARINA HASH IN MANADO DI MASA PANDEMI COVID-19.pdf
Nainggolan, M. N., Sirait, A., Nasution, O. N., & Astuty, F. (2022). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan penjualan,dan leverage terhadap profitabilitas melalui rasio Roa pada sektor Food & Beverage dalam BEI periode 2015-2019. Owner, 6(1), 948–963. https://doi.org/10.33395/owner.v6i1.440
Nuraeni, O. : (2021). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM MENGGUNAKAN JASA TRANSPORTASI ONLINE GRAB (Studi Kasus pada Mahasiswa Prodi S1 Manajemen 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Singaperbangsa Karawang). Eqien - Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 8(1), 94 – 100–194 – 100. https://stiemuttaqien.ac.id/ojs/index.php/OJS/article/view/197
Pandaleke, C. J., & Mananeke, L. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kunjungan Wisatawan di Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi, 7(4), 5476–5484.
Prastika, N. (2020). TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT . KERETA API INDONESIA ( PERSERO ) INTERNATIONAL BUSINESS MANAGEMENT INDONESIA.
Sanjaya, P. K. A., Dewi, M. H. U., & Dewi, N. P. M. (2020). Faktor Penentu Penerimaan Devisa di Provinsi Bali : Analisis Partial Adjustment Model. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(2), 192–202. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/26430
Suryadana, M. . dan O. V. (2015). Pengantar Pemasaran Pariwisata. Pengantar Pemasaran Pariwisata. Bandung, 30(9), 21–25. http://www.elsevier.com/locate/scp
Wulandari, A., Adi Cakranegara, P., Widyo Widjajanti, W., & Yaelt Lemus Vergara, A. (2022). Pengaruh fasilitas wisata, kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasan wisatawan di Kabupaten Pesisir Selatan. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(11), 5339–5344. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i11.1785
Yuni Anggriani, & Ismunandar, I. (2022). Pengaruh Brand Awareness Dan Perceived Quality Terhadap Repurchase Intention Pada Produk Ms Glow Di Kota Bima. JUEB : Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1(2), 71–81. https://doi.org/10.55784/jueb.v1i2.120