Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli sebagai Variabel Intervening di UMKM Kacang Kulit Cap AS
DOI:
https://doi.org/10.58192/profit.v3i4.2654Keywords:
Price, Product Quality, Purchase intention, Purchasing Decision, UMKMAbstract
This research aims to analyze the influence of price and product quality on purchasing decisions with purchase intention as a mediation variable in UMKM of Kacang Kulit Cap AS in Blora Regency. The method used is quantitative with an associative approach and multiple linear regression analysis using SmartPLS software. The sample of this study consisted of 389 respondents who were selected using the simple random sampling technique. Research results show that price and product quality have a positive and significant effect on purchase intention, while product quality does not have a direct significant effect on purchasing decisions. Purchase intention is proven to play a role as a significant mediation variable between price and product quality with purchasing decisions. These findings show that competitive prices and good product quality can increase purchase intention and purchasing decisions, thus providing practical implications for UMKM to continue to improve their pricing strategies and product quality.
References
Aptaguna, Angga, dan Endang Pitaloka. 2016. “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Jasa Go-Jek.” Widyakala Journal 3(2012): 49. doi:10.36262/widyakala.v3i0.24.
Ashrori, Tahjuddin Ihsan, dan Suryono Budi Santosa. 2023. “Analisis Pengaruh Strategi Co-Branding, Harga Produk, Dan Media Sosial Sebagai Media Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu Lokal Aerostreet Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening.” Diponegoro Journal Of Management 12: 13.
Fikhri, Dian Nur, Rizal Ula Ananta Fauzi, dan Hari Purwanto. 2022. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris Pada Usaha Kerajinan Ukir Bonggol Jati Di Kecamatan Saradan).” SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen Bisnis dan Akuntansi 4(1): 1–21.
Foeh, John E. H. J., dan Rifdah Thifal Nur Aini. 2023. “Pengaruh Periklanan, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Teh Botol Sosro Di Tokma Cibitung.” Jemsi (Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi) 4(3): 587–97. https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/.
Gunarsih, Cindy Magdalena, Johny A. F. Kalangi, dan Lucky F. Tamengkel. 2021. “Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang.” Productivity 2(1): 69–72. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/view/32911.
Halim, Nico Rifanto, dan Donant Alananto Iskandar. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Strategi Promosi Terhadap Minat Beli.” Jurnal Ilmu dan Riset 4(3): 415–24. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/2605.
Hananto, Djoko. 2021. “Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jersey Sepeda Di Tangsel.” Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ 1(1): 1–10. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit.
Hilmi, M. Rizqi Alvan. 2022. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian iPhone Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa Unisma.” Jurnal Manajemen dan Bisnis 12(02): 2780–88.
Lestari, Tri, dan Suharyanto. 2022. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Kedai Kopi Lain Hati Di Grand Galaxy City Bekasi).” Jurnal Manajemen dan Perbankan (JUMPA) 9(2): 10–24.
Lisdiani, Nur Linna Isti, dan Arna Asna Annisa. 2022. “Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Pengetahuan Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fiesta Chicken Nugget Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening.” Invest Journal of Sharia & Economic Law 2(1): 79–91. doi:10.21154/invest.v2i1.3830.
Nafilah, Khoiriatun, Agus Widarko, dan M. Khoirul Anwarudin Broto Suharto. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Dan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB Universitas Islam Malang Yang Mengkonsumsi Mie Instan).” Jurnal Riset Manajemen 53(9): 1689–99.
Narendra Bagaskara, Nicodemus, dan Ngatno Ngatno. 2021. “Pengaruh Brand Image Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening.” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 10(1): 726–35. doi:10.14710/jiab.2021.29765.
Nirma, Nirma, Henny Welsa, dan Lusia Tria Hatmanti Hutami. 2023. “Pengaruh Kualitas Dan Inovasi Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Batrisyia Dengan Variabel Intervening Minat Beli.” Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI) 8(3): 778–89. doi:10.31932/jpe.v8i3.2931.
Shabrina, Sekar Ayu, dan Agung Budiatmo. 2020. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Pada Holland Bakery Pandanaran Semarang.” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 9(4): 475–81. doi:10.14710/jiab.2020.28771.
Suhendra, Romi, dan Satria Mirsya Affandy Nasution. 2023. “Pengaruh Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pemakai Sepatu Onitsuka Pada Mahasiswa FEB UMSU).” Jurnal Salman (Sosial dan Manajemen) 4(2): 138–55.
Yanti, Mutia Meiva, dan Agung Budiatmo. 2020. “Pengaruh Store Atmosphere Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Gelael Ciputra Mall Semarang).” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 9(4): 582–89. doi:10.14710/jiab.2020.28850.