Pengenalan Pupuk Organik Kompos Kepada Siswa/i Play Group Ya Ummi Fatimah Kudus untuk Mendukung Pertanian Berkelanjutan
DOI:
https://doi.org/10.58192/karunia.v1i3.603Keywords:
Pupuk Organik, Kompos, Pertanian Berkelanjutan.Abstract
Pertanian berkelanjutan merupakan kegiatan pertanian yang berupaya untuk memaksimalkan manfaat sosial dari pengelolaan sumber daya biologis. Untuk mendukung upaya pertanian berkelanjutan, salah satunya yaitu dengan mengurangi penggunaan pupuk kimia dan menggantikannya dengan pupuk organik. Pupuk organik merupakan hasil dekomposisi bahan-bahan organik baik tumbuhan kering maupun limbah dari kotoran ternak yang diurai oleh mikroba hingga dapat menyediakan unsur hara yang dibutuhkan tanaman untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Tujuan pengabdian ini adalah untuk mengenalkan pupuk organik kompos, serta proses pembuatannya kepada siswa/i Play Group YA UMMI Fatimah untuk mendukung pertanian berkelanjutan. Metode yang dilakukan yaitu dengan memberikan pengenalan mengenai pupuk organik kompos dan cara pembuatan kompos, serta melakukan penanaman bibit cabe menggunakan pupuk organik kompos organik. Siswa/i Play Group YA UMMI Fatimah sangat semangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan mulai dari pengenalan pupuk organik kompos, proses pembuatan pupuk organik kompos dan penanaman bibit cabe menggunakan pupuk organik kompos.
References
Kurniawan, A. 2018. Produksi MOL (mikroorganisme lokal) dengan pemanfaatan bahan-bahan organik yang ada di sekitar. Jurnal Hexagro.Vol. 2. No:2. Hal: 37-44.
Munasinghe, M., 1993. Enviromental Economics and Sustainable Development. Washington D.C. World Bank.
Salikin, K,A. 2003. Sistem pertanian berkelanjutan. Kanisius. Yogyakarta.
Saputra, Maidandi. 2022. Aplikasi Bokashi Daun Ketapang Dan Urea, Tsp, Kcl Terhadap Pertumbuhan Serta Produksi Kacang Kedelai (Glycine Max L.). Thesis. Universitas Islam Riau.
Supartha, INY et al. 2012. Aplikasi Jenis Pupuk Organik pada Tanaman Padi Sistem Pertanian Organik. Agroekoteknologi Tropika. Vol. 1. No 2. Hal 98-106.
Widodo, H. 2020. Dinamika Pendidikan Anak Usia Dini. ALPRIN. Semarang.