Penerapan Metode Demonstrasi Pada Gerak Tari Bunggong Jeumpa Untuk Menumbuhkan Keterampilan Siswa Kelas 4 SDN Metro
DOI:
https://doi.org/10.58192/karunia.v2i1.595Keywords:
Metode Demonstrasi, Tari Bunggong Jeumpa, KeterampilanAbstract
SDN 3 Metro adalah lembaga pendidikan formal di kota Metro yang menjadi lokasi pada penelitian yang berokus pada penerapan metode demonstrasi pada gerak Tari Bunggong Jeumpa. Penelitian ini mengakomodir dua temuan utama. Pertama, bahwa metode demonstrasi pada pembelajaran Tari Bungong Jeumpa dapat menumbuhkan keterampilan siswa. Hal ini tidak terlepas dari peran pendidik yang terus memberikan motivasi dan pujian sehingga berdampak pada siswa yang semakin semangat untuk mengikuti peroses pembelajaran. Kedua, terdapat faktor-faktor pendukung dan penghambat pada proses pembelajaran Tari Bungong Jeumpa melalui metode demonstrasi yakni, faktor guru, siswa, sarana prasarana dan lingkungan.
References
Ahmad Sabri. (2005). Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. Ciputat: Quantum Teaching.
Armei Arief. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers.
Budi Purwanto. (2004). Belajar yang Efektif dan Kreatif. Jakarta: Ganesa.
IhsanEl Khuluqo. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Lynn Wilcox. (2012). Psikologi Kepribadian. Jogjakarta: IRCiSoD.
Rahmawati Yeni, Kurniawati Euis. (2011). Strategi Pengembangan Kreativitas Anak Jakarta: Pustaka Pelajar.
Syaiful Bahri Djamarah, Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Saleh Abdurrahman,Wahab muhbib Abdul. (2004). Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kencana.
Utami Munandar. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Winda Gunarti, Lilis Suryani, Azizah Muis. (2012). Metode Pengembangan Prilaku Dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.