PENERAPAN METODE STAD UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS XI DI SMAN 1 TAMBUN UTARA

Authors

  • Muhamad Jiddan Romli Universitas Islam 45 Bekasi
  • Yayat Suharyat Universitas Islam 45 Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.58192/karunia.v1i4.447

Keywords:

Metode STAD, PAI, Prestasi Belajar

Abstract

Tujuan dari penerapan metode Student   Teams Achievement  Division (STAD) pada pelajaran PAI yaitu untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi PAI di SMAN 1 Tambun Utara. Sasaran dalam kegiatan ini mengambil kelas XI sejumlah 30 siswa. Pelaksanaan kegiatan ini menerapkan metode deskriptif kualitatif. Adapun teknik Analisa data dilakukan dengan naratif deskriptif yang diterapkan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Permasalahan yang sering dijumpai dalam pendidikan salah satunya  pada penerapan metode pembelajaran yang monoton akan terkesan membosankan bagi beberapa siswa sehingga guru dituntut untuk senantiasa kreatif dalam menerapkan metode pembelajaran, salah satunya dengan metode STAD. Hasil belajar melalui metode STAD memaparkan bahwa prestasi siswa pada materi PAI mendapatkan peningkatan yang signifikan, siswa menunjukkan kekatifan, semangat, dan kekompakan saat bekerja sama antar kelompok selama mengerjakan pertanyaan dari guru. Agar lebih maksimal, maka  keterampilan guru dalam menerapkan metode pembelajaran PAI senantiasa diasah sehingga siswa merasa nyaman selama belajar.

 

References

Abdika, Y., Arham, M. A., & Sudirman, S. (2019). Pengaruh Metode Tanya Jawab Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.37479/jeej.v1i2.2522

Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866

Adib, M. A. (2022). Transformasi Keilmuan Dan Pendidikan Agama Islam Yang Ideal Di Abad-21 Perspektif Rahmah El Yunusiyah. 8(2), 15.

Akmal, R. (2020). Peran Guru PAI dalam Bimbingan Konseling Siswa Bermasalah Di SMA 1 Tambun Utara Kabupaten Bekasi. Eduprof : Islamic Education Journal, 2(2), 261–277. https://doi.org/10.47453/eduprof.v2i2.37

Amalia, A. (2020). Ice Breaking dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Shaut al Arabiyyah, 8(1), 75. https://doi.org/10.24252/saa.v8i1.11551

Asniar, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa pada Materi Mengenal Para Rasul-Rasul Allah SWT di kelas V SDN. No. 026/XI Cempaka Tahun 2016/2017. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19(2), 362. https://doi.org/10.33087/jiubj.v19i2.633

Ayatullah, A. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidkan Agama Islam Menggunakan Metode Demonstrasi dan Media Nyata pada Kelas IV SDN 3 Sepit Tahun Pelajaran 2017/2018. FONDATIA, 2(2), 61–82. https://doi.org/10.36088/fondatia.v2i2.127

Azis, R. (2019). Hakikat dan Prinsip Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 9.

Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095

Khuliani, D. E., Naharin, S., Ayu Kinesti, R. D., Fahrida, F., Ulya Khoirina, Faza Nuril, & Ulfa, Z. (2021). Pemberian Reward Bagi Siswa Berprestasi sebagai Strategi Guru Kelas dalam Pembelajaran di SD ALMA’SOEM BANDUNG. El Midad, 13(2), 101–115. https://doi.org/10.20414/elmidad.v13i2.4025

Maesaroh, S. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, 1(1), 150–168. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.536

Malia, A. M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. IQRO: Journal of Islamic Education, 2(1), 99–116. https://doi.org/10.24256/iqro.v2i1.851

Mulyanasa, D. (2012). Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. PT. Remaja Rosdakarya.

Nurjannah, N. (2021). IMPLEMENTASI METODE KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM UPAYA GURU MENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MATERI BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH DI KELAS XI IPA1 SMA NEGERI 1 PONTIANAK. STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 1(1), 80–87. https://doi.org/10.51878/strategi.v1i1.366

Ratnawati, D., Abidin, A. Z., & Zulfikar, E. (2020). Problematika Pembelajaran Al-Qur’an Di Era Industri Dalam Konteks Indonesia. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 6(1), 72. https://doi.org/10.24014/potensia.v6i1.8624

Suluwetang, M. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Ajar Makanan Dan Minuman Halal Dan Haram Melaui Metode Pembelajaran Ceramah Bervariasi (Tanya Jawab, Diskusi, Penugasan) Di Kelas VIII UPTD SMP Negeri Tembilahan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6, 7.

Yulismnaniar, L. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran PAI Kelas V SDN 13 Bathin Solapan Tahun Pelajaran 2020/202.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Muhamad Jiddan Romli, & Yayat Suharyat. (2022). PENERAPAN METODE STAD UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS XI DI SMAN 1 TAMBUN UTARA. Karunia: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(4), 129–138. https://doi.org/10.58192/karunia.v1i4.447