Perancangan dan Implementasi Strategi Pemasaran Digital Pada UMKM Gardinio
DOI:
https://doi.org/10.58192/karunia.v2i4.1580Keywords:
Pemasaran digital, Instagram, Facebook, TiktokAbstract
Gardinio merupakan salah satu UMKM yang memproduksi kue di Kota Batam. Meski Gardinio telah berjalan lama adapun masalah yang dihadapi yaitu belum memanfaatkan pemasaran digital dengan baik dan masih sangat bergantung pemasaran dari mulut ke mulut (Word of Mouth). Maka tujuan implementasi program pengabdian ini adalah membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi UMKM Gardinio. Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini adalah observasi dan wawancara. Dalam pelaksanaan program ini hasil yang dikembangkan yakni pembuatan akun media sosial di Instagram, Facebook, dan TikTok. Hasil implementasi menunjukkan bahwa pemasaran digital memberi banyak manfaat bagi UMKM Gardinio seperti meningkatkan omset penjualan, meningkatkan brand awareness, memperluas jangkauan pasar, dan memudahkan penyebaran promosi produk, dan dapat bersaing dengan kompetitor lainnya.
References
Firdaus, M., Jahja, F. A., Santosa, G. N., Elbert, G., Hafsari, I., Tanujaya, M. E., Teja Winata, S., Raynaldo, T., Nur, P., Rizki, M., Studi, P., & Mulya, U. P. (2023). Strategi dan Pengembangan Pemasaran UMKM “Like Cake” di Masa Pandemi COVID-19. ABDIMASKU: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 309–316. https://doi.org/10.33633/ja.v6i2.817
Haqiqi Ali, S. A. S. (2021). Implementasi Strategi promosi Digital Marketing dan penggunaan E-menu Pada Warung Indah Lanang Banyuwangi. ConCEPT: Conference on Community Engagement Project , 1(1), 2490–2497. https://journal.uib.ac.id/index.php/concept
Roslin, F. Y., Engka, D. S. M., & Tumangkeng, S. Y. L. (2023). Strategi Pengembangan Objek Wisata Buntu Burake dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Tana Toraja. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 23(7), 49–60.
Shofiyah, S., Fitriana, A., Maharani, T., Fajar, I. A., & Valentino, J. (2023). Menarik Minat Beli Konsumen dengan Digital Marketing-UMKM Korean Cake Batam. JURNAL ECONOMINA, 2(6), 1183–1192. https://doi.org/10.55681/economina.v2i6.561
Sya, C., Feroza, B., & Misnawati, D. (2020). Penggunaan Media Sosial Instagram pada Akun @Yhoophii_official sebagai Media Komunikasi dengan Pelanggan. Jurnal Inovasi, 14(1), 32–41.
Trulline, P. (2021). Pemasaran Produk UMKM melalui Media Sosial dan E-commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 259–279. https://doi.org/10.24198/jmk.v5i2.32746