Pendampingan Rebranding dan Digital Marketing bagi UMKM di Desa Kedungdalem guna Menghadapi Persaingan Industri Kreatif
DOI:
https://doi.org/10.58192/karunia.v2i3.1141Keywords:
Industri Kreatif, UMKM, Rebranding, Digital MarketingAbstract
UMKM di Desa Kedungdalem memiliki peluang untuk berkembang karena memiliki beberapa keunggulan dan keunikan yang berpotensi. Namun pelaku UMKM di Desa Kedungdalem masih menggunakan pemasaran offline dikarenakan kurangnya ilmu pemanfaatan teknologi para pelaku UMKM, hal ini yang menyebabkan UMKM Desa Kedungdalem kurang dikenal oleh masyarakat luas. Dengan adanya permasalahan tersebut, kelompok 50 KKN-T MBKM melakukan kegiatan pengabdian berupa pendampingan rebranding dan digital marketing melalui Kuliah Kerja Nyata Tematik MBKM dengan tujuan dapat membantu dan memotivasi UMKM di Desa Kedungdalem agar berkembang mengikuti perkembangan industri kreatif masa kini. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu dengan pendampingan secara tatap muka dengan pelaku UMKM Desa Kedungdalem. Hasil dari kegiatan pendampingan ini yaitu dapat membantu beberapa UMKM dalam hal pembuatan logo, memperbaharui kemasan, dan juga menerapkan digital marketing dalam mempromosikan produk atau jasanya.
References
Adi Ahdiat. 2022. “Indonesia Punya UMKM Terbanyak di ASEAN, Bagaimana Daya Saingnya?” diakses dari Indonesia Punya UMKM Terbanyak di ASEAN, Bagaimana Daya Saingnya? (katadata.co.id).
Destrina, A. A., Lukyanto, G. C., Dewanti, M. C., & Aminah, S. (2022). Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Branding Pada UMKM Rajutan BKL Bismo. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi, 2(2), 1473-1478.
Dewantari, A. Z., Alvianto, R., Putri, C. P., Puspasari, M. D., Setiawati, P. M., & Arum, D. P. (2022). Rebranding Produk Tas Rajut Terhadap Umkm Azza Rajut. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 723-727.
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah pada era masyarakat ekonomi ASEAN. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61-76.
Gumilang, R. R. (2019). Implementasi digital marketing terhadap peningkatan penjualan hasil home industri. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9-14.
Hasugian, P. S. (2018). Perancangan website sebagai media promosi dan informasi. Journal Of Informatic Pelita Nusantara, 3(1).
Kannan, P. K., & Hongshuang, L. 2017. “Digital Marketing: A Framework, Review and Research Agenda, International Journal of Research in Marketing”, Issue 1, Volume 34, pp. 22-45.
Putra, A. B., Pamorraka, Sartika, D., Eka, D., Safitri, & Muhammad, A. (2020). Pemanfaatan media sosial sebagai sarana pemasaran. Humanism, 1(3), 1– 12.
Saifulloh, M. (2021). Branding product pelaku usaha mikro kecil menengah kuningan barat jakarta selatan. Jurnal Pustaka Dianmas, 1(1), 28-33.
Sugiarti, Y., Sari, Y., & Hadiyat, M. A. (2020). Peranan E-Commerce untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sambal di Jawa Timur. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 298-309.
We are social. 2022. “Digital in 20120: Global Overview”, 2020. Retrieved from https://wearesocial.com/special-reports/digital-in-2020-global-overview .