PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, KOMISARIS INDEPENDEN, KECUKUPAN MODAL TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING

Authors

  • Arde Lianti Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Hesty Ervianni Zulaecha Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Hamdani Hamdani Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Ahmad Zaki Mubbarok Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.58192/ebismen.v1i4.148

Keywords:

Islamic Social Reporting (ISR), Leverage, Profitability, Company Size, Company Age and Independent Commissioner

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of leverage, profitability, company size, company age, Capital Adequacy (Capital Adequacy Ratio) and independent commissioners on Islamic social reporting (ISR). The research time period used is 6 years, namely the 2015-2020 period. The population of this research is Islamic Bank. The sampling technique used a purpose sampling technique. The type of data used is secondary data obtained from the official website of each Islamic Bank. The analysis method used is panel data regression. The results showed that leverage (DER) had a negative effect on Islamic social reporting (ISR), while profitability (ROE), company age and independent commissioners had no effect on Islamic social reporting (ISR). while company size and Capital Adequacy (Capital Adequacy Ratio) have a significant effect on the disclosure of Islamic Social Reporting (ISR) at Islamic Bank in Indonesia and Then together, the variable leverage (DER), profitability (ROE), company size, company age, Capital Adequacy  and independent commissioners have an effect on Islamic social reporting (ISR).

 

 

References

Affandi, H., & Nursinta, M. (2019). Profitabilitas, Liquidtas, Leverange, dan ukuran perusahaan: sebuah analisis Islamic social reporting (ISR) pada perusahaan yang terdaftar di Jll. Majalah ilmiah BIJAK Vol. 16, No. 1,1-11.

Andrayani, Devi. 2016. Pengaruh profitabilitas, umur perusahaan dan ukuran perusahaan terhadap corporate social responsibility (CSR) disclosure (studi empiris pada perusahaan industry dasar dan kimia yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2010-2014). Kripsi. Sekolah tinggi ilmu ekonomi perbanas. Surabaya.

Avianto, A. (2018). Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Tabun 2013-2016). Skripsi Universitas Santa Darma. Yogyakarta.

Deviani, R., & Kusuma, H. (2019). Apa determinan tingkat pengungkapan Islamic Social Reporting bank. Jurnal Ekonomi & Keuangan Islam, Vol. 5 No. 1, 34-41.

Eksandy, A. (2018). Metode Penelitian Akuntansi dan Manajemen. Tangerang: FB Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Faradilla, N. (2018). Pengaruh Good Corporate Governance Dan Leverage Terhadap Pengungkapan Islam Ic Social Reporting Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia. MEDAN: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Faricha, N. (2015). Analisis Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Islamic Social Reporting pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar dalam Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) tahun 2011 - 2014. 9-16.

Herviani, V., & Febriansyah, A. (2016). Tinjauan Atas Proses Penyusunan Laporan Keuangan Pada Young. Surnal Riset Akuntansi Vol VIlLANO. 2 ISSN: 2086- 0447, 19-27.

Hidayah, K, & Wulandari, W. M. (2017). Determinan Fakor Yang Nempensamuli Islamic Social Reporting Pada Perusahaan Pertanian Yang Terdaar Di Indeks Saham Syariah Indonesia (Issi) Tahun 2012-2015. Islamic Economics and Business Volume 2, No 2, 213 - 238.

Karomah, U., Nurlaela,S., & Suhendro. (2018 ). Faktor-Faktor Yang mempengaruhi, Islamic, Social, Reporing lurnal Exonomi Paradigma USSN: 1693-0827 Vol. 19 No. 02, 141-145.

restari, S. (2015), Pane gril, Vincka: Profiablias, Likuidias, Leverage, Umur perusahaan Dan Umur Perusahaan Terhadap Pengungkapan Islamic scra Reporting (Pada Perbankan Syariah Indonesia Tahun 2010-2014). 1-23.

Novizal, Mi. Fin de fitro M. (2016),. Faltorfakior yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responbility. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA) Vol. I, No. 2, 177-189.

Nufraheni, Peni, dan Deasy Permatasari. 2016. Perusalhaan Syariah dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility: Analisis Pengaruh Faktor Internal dan Karakteristik Perusahaan. Jural Akuntansi & Auditing Indonesia. 20(2), 1410 -2420.

Nuraeni, & Muilah, A. (2019). Pengaruh Tipe Industri, Profitabilitas dan Kinerja Lingkungan Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index Period 2011-2015). Sketsa Bisnis Volume (6) No (1), 1-12.

Perdana, H. (2019). Pengaruh Capital Adequacy Ratio, Financing To Debt Ratio, Non Performing Financing, Dan Leverage Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Tangerang. Tangerang

Pratama, A. A., Muchlis, S., & Wahyuni, I. (2018). Determinan Pengungkapan Islamic Social Reporting(ISR) Pada. Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah Volume 2, Nomor 1, 104-115.

Prativi, R., & Yulianto, A. (2016). Pengaruh Struktur Kepemilikan Dan Komisaris Independen Terhadap Biaya Keagenan Perusahaan Yang Masuk Dalam Indonesia Most Trusted Companies. Management Analysis Journal 5 (3), 215-228.

puttani, K. N- 2017), Faktor-faktor Yang Memengaruti Pengungkapan islamic social reporting pada perusahaan di Jakarta slamic index. skripsi Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Downloads

Published

2022-11-18

How to Cite

Arde Lianti, Hesty Ervianni Zulaecha, Hamdani, H., & Ahmad Zaki Mubbarok. (2022). PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, KOMISARIS INDEPENDEN, KECUKUPAN MODAL TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 1(4), 55–81. https://doi.org/10.58192/ebismen.v1i4.148