Peningkatan Kemampuan Berbicara Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples

Authors

  • Ahmad Ibrohim Mahasiswa Universitas Islam Negeri KH Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Siti Aminah MI Al Ma’arif Pesucen Petarukan pemalang

DOI:

https://doi.org/10.58192/sidu.v2i2.837

Keywords:

Speaking Ability, Cooperative Learning Model, Examples Non Examples

Abstract

The examples non examples learning model is a learning model that uses examples of pictures, symbols shown by the teacher through cases or pictures that are relevant to basic competencies. the use of cooperative learning models of the Examples non Examples type in class II students of MI Al Ma'arif Pesucen is expected to improve speaking skills. This study uses Classroom Action Research (CAR), which consists of two cycles. The quantitative approach in this study is based on the use of data, variables, operationalities, hypotheses, statistically significant. The data source for this research is from the research subjects themselves, namely students, through observations of fellow teachers, reflections from researchers and from test results. The subjects of this study were 25 students of grade II MI Al Ma'arif Pesucen. The results showed that the cooperative learning model of the examples non examples type could improve the speaking skills of class II MI Al Ma'arif Pesucen students. This is evidenced by the courage indicator from 64.57% in pre-cycle increased to 72.57% in cycle II, the description according to the picture from 75.20% increased to 91.20% in cycle II and the use of language from 75.50% in pre-cycle increased to 88.00% in cycle II.

References

Ahmadi, Mukhsin. 2000. Strategi Belajar Mengajar, Keterampilan Berbahasa dan Apresiasi Sastra. Malang: YA3 Malang.

Apriani, dkk. 2010. Implementasi Model Pembelajaran Examples Non Examples. Sumedang: IKIP PGRI.

Arifin, Tatang M. 2005. Menyusun Rencana Penelitian, Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman. 2012. Keterampilan Berbicara. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Psikologi Belajar. Bandung: Rineka Cipta.

Departemen Agama RI, 2000. Al Qur’an dan Terjemahannya, Bandung: CV. Diponegoro.

Hadi, Amirul dan Haryono, 2008, Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia.

Hartiningsih, Sri. 2014. “Peningkatan Hasil Belajar Melalui Metode Example Example Pada Materi Struktur Bunga dan Fungsinya di Kelas IV Semester I SDN Gunung Kulon”. Rembang: UT.

Hartono. 2012. Pembelajaran Tati Anak Usia Dini. Semarang: Unnes Press.

Haryono dan Amirul Hadi, 1998. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Hasmita, Eli. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN 028 Sintong”, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Riau: Universitas Riau.

Heriawan, Adang. dkk. 2012. Metodologi Pembelajaran Kajian Teoretis Praktis, Banten:UP3G.

Kusuma,Wijaya. 2011. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Indeks.

Mansur. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Marganingsih., Apriska. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Examples Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Kampung Baru”. Skripsi Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Lampung :Universitas Lampung.

Marmadi, Berlian Sri. 2012. Implementasi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. http://pelitaku.sabda.org. Diunduh 20 Oktober 2018 pukul 08.25 WIB.

Nababan, Sri Utari. 2003. Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta: Gramedia.

Nurhayati, Tri Kurnia. 2005. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Eska Media Perss.

Rosalina, Selvia. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran example non example meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas VIII B di SMP Negeri I Kejayan Pasuruan”. Malang : Universitas Negeri Malang.

Sadiman, A. S., dkk. 2007. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajagrafindo.

Subana, 2000. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Sudijono, Anas. 2003. Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Sunarto. 2000. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanti, R. 2014. “Pembelajaran Model Examples Non Examples Berbantuan Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA”, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii

Tarigan, Djago dan H.G. Tarigan. 2008. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa.

Wandira, Ayu. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Banda Aceh”, Banda Aceh: Unsyiah.

Yusuf L.N., Syamsu dan Nani M. Sugandhi. 2011. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Zainal Aqib. 2009. Belajar dan Pembelajaran di Tamam Kanak-Kanak. Bandung: Yrama Widya.

Downloads

Published

2023-05-24

How to Cite

Ahmad Ibrohim, & Siti Aminah. (2023). Peningkatan Kemampuan Berbicara Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples . Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 231–247. https://doi.org/10.58192/sidu.v2i2.837