Meningkatkan Kinerja Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Administrasi Sekolah Melalui Supervisi Manajerial Di SDK Wairpelit Dan SDI Solot

Authors

  • Yosef Sumardi Sekolah Dasar Dinas PKO

DOI:

https://doi.org/10.58192/sidu.v2i2.822

Keywords:

performance, administration, managerial supervision

Abstract

The purpose of this study is to improve the performance of the principal in managing school administration through managerial supervision. The model used in School Action Research is the Kemmis Model which is designed with a cyclical process (cylical) consisting of 4 (four) phases of activities, namely: planning, taking action, observing, and reflecting. These stages continue to repeat until the problem is considered resolved. From the results of data analysis conducted on the implementation of managerial supervision activities in an effort to improve the ability of principals in managing school administration through managerial supervision coaching activities carried out in 2 cycles, it can be concluded that the performance of 2 elementary school principals increased significantly.

References

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 81 A tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum (Pedoman Umum Pembelajaran). Jakarta: Depdikbud.

Depdiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 tahun 2007 tentang Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.41 tahun 2007 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen PMPTK: 2009, Bahan Belajar Mandiri Kelompok Kerja Pengawas Sekolah, Penelitian Tindakan Sekolah. Jakarta:

Depdiknas Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen PMPTK: 2010, Penelitian Tindakan Sekolah. Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah. Jakarta: Kemendiknas.

Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen PMPTK: 2010, Supervisi Akademik. Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah. Jakarta: Kemendiknas.

Imron, Ali, Triwiyanto, Teguh. 2009. Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Malang: Universitas Negeri Malang.

Kemendikbud, 2011. Buku Kerja Pengawas Sekolah, Jakarta, Pusbantensik, Badan PSDM dan PMP Kemendikbud.

Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah, 2011. Supervisi Akademik. Bahan Pembelajaran TOT Diklat Penyiapan Calon Kepala Sekolah. Kementrian Pendidikan Nasional. Miles, Matthew B dan Huberman A Michel (Terjemahan

Rohani Rohidi) (1992) “Analisis Data Kualitatif”. Jakarta: UI Press.

Mulyasa. 2006, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sisdiknas, 2003. Undang-undang Sisdiknas RI No. 20 Tahun 2003, Bandung: Fokus Media

Arikunto. S, (2006) Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Bina Aksara.

Daryanto,H.M. 2010. Administrasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta

Depdiknas. (2008). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.74 tahun 2008 tentang Guru. Depdiknas: Jakarta

Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta : Puskur- Balitbang,

Kemdiknas Kemendiknas. (2011). Supervisi Akademik . Jakarta.

Moleong, J. Lexy. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Ramaja Rosdakary

Depdiknas. 2003. Undang-undang No. 20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Depdiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah. Jakarta.

Depdiknas. 2007. Permendiknas No 13 tahun 2007 tentang Supervisi Akademik Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala sekolah. Jakarta.

Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan dan Jenderal Pendidikan Tinggi, 2009, Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan KKG dan MGMP, Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2023-05-22

How to Cite

Yosef Sumardi. (2023). Meningkatkan Kinerja Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Administrasi Sekolah Melalui Supervisi Manajerial Di SDK Wairpelit Dan SDI Solot. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 167–173. https://doi.org/10.58192/sidu.v2i2.822