PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MEDIA INTERAKTIF DIGITAL BERBASIS CHATBOT PADA SISWA KELAS IV 2 UPT SD NEGERI 8 BINAMU KECAMATAN BINAMU KABUPATEN JENEPONTO

Authors

  • Akram Mei Hasman Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nadrah Nadrah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Rahmatia Tahir Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.58192/sidu.v2i2.770

Keywords:

learning outcomes, chatbot-based digital interactive media, science

Abstract

This study aims to describe the increase in science learning outcomes through chatbot-based digital interactive media in class IV 2 UPT SD Negeri 8 Binamu, Binamu District, Jeneponto Regency. The subjects used in this study were 40 students. The research procedure consists of 4 stages in each cycle, namely planning, action, observation and reflection. Indicators of learning outcomes in this study in the form of achieving classical learning mastery, namely 85%. As for data collection, namely the observation sheet and the final test of each cycle. The results of this study indicate that there is an increase in student learning outcomes, namely in the first cycle student learning outcomes obtained an average value of 67.5 with 45% mastery learning. In cycle II the average score is 75.75 with a mastery level of 87.5%. Thus, it can be concluded that the application of chatbot-based digital interactive media can improve science learning outcomes in class IV 2 UPT SD Negeri 8 Binamu, Binamu District, Jeneponto Regency.

 

 

References

Akhiruddin, dkk. 2019. Belajar dan Pembelajaran. CV.Cahaya Bintang Cemerlang. Gowa.

Amalia, Fitri, dkk. 2021. Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Afrianto, Irawan, dkk. 2019. Aplikasi Chatbot Speak English Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Android. Komputika: Jurnal Sistem Komputer Volume 8, Nomor 2, Oktober 2019, hlm. 99 – 109. https://ojs.unikom.ac.id/index.php/komputika/article/view/2273

Besare , Stefen Deni. 2020. Hubungan Minat Dengan Aktivitas Belajar Siswa. JINOTEP Vol 7 (1) (2020): 18-25. http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/13284

Deni. 2020. Upaya Meningkatkan Perhatian Belajar Tema: Berbagai Pekerjaan Melalui Model Kooperatif LearningKelas IV SD N Bungurendah Bandung Barat Semester 1. Bandung. Kementerian Riset Dan Teknologi Pendidikan Tinggi.

Dwiningtiyas, Nur Aini. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Line Chatbot Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Sman 1 Gedangan Sidoarjo. Tesis. Surabaya: Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Hasan, Dr. Muhammad, dkk. 2021. Media Pembelajaran. Tahta Media Group. Klaten, Jawa Tengah.

Hakim, Miftahul, dkk. 2018. Upaya Peningkatan Akivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Media E-Book Berekstensi EPUB Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di SMP 01 Islam Jember 2017/2018. Jurnal Educazione : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No.1.http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1055927&val=15804&title=UPAYA%20PENINGKATAN%20AKIVITAS%20DAN%20HASIL%20BELAJAR%20SISWA%20MELALUI%20MEDIA%20EBOOK%20BEREKSTENSI%20EPUB%20PADA%20MATERI%20PENCEMARAN%20LINGKUNGAN%20%20DI%20SMP%2001%20ISLAM%20JEMBER%2020172018

Herianto, Kukuh Pradityo. 2015. Sistem Chatbot Untuk Membantu Diagnosa Kerusakan Sistem Komputer. Fakultas Tehknik Universitas Darma Persada. Jurnal sains dan teknologi.

http://repository.unsada.ac.id/628/1/sistem%20chatbot%20untuk%20membantu%20diagnosa%20kerusakan%20sistem%20komputer.

Kristanto, Andi. 2016. Media Pembelajaran. Penerbit Bintang Sutabaya. Jawa Timur.

Kumala, Farida Nur. 2016. Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Penerbit Ediide Infografika. Kota Malang.

Lestari, Rina Tiya, dkk. 2018. Ebook Interaktif. Jurnal e - ISSN: 2615-8787. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/3529/2184

Mualimin. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Praktek dan Teori. http://eprints.umsida.ac.id/4119/1/BUKU%20PTK%20PENUH.pdf

Mustika, Dea, dkk. 2021. Proses Penilaian Hasil Belajar Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Vol 5 No 6 Hlm 6158 – 6167. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1819

Parina, Ria, dkk. 2022. Aplikasi Chatbot Sebagai Media Pembelajaran Interaktif SD N 17 Kota Bengkulu Berbasis Android. Jurnal Media Infotama Vol.18 No.1. https://jurnal.unived.ac.id/index.php/jmi/article/view/1772

Purwati, Ledi Merlin. 2021. Media Pembelajaran Digital Interaktif Berbasis Adobe Flash Pada Masa Pandemi Di Sekolah Dasar. Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, Vol.5, No.2. https://autentik.stkippgrisumenep.ac.id/index.php/autentik/article/view/133

Safitri, Alvira Oktavia, dkk. 2022. Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu Vol 6 No 4 Hlm 7096 – 7106 Research & Learning in Elementary.Education..https://www.neliti.com/publications/448758/upaya-peningkatan-pendidikan-berkualitas-di-indonesia-analisis-pencapaian-sustai

Sujana, Wayan Cong. 2019. Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 4, No 1 April. https://www.researchgate.net/publication/335772193_fungsi_dan_tujuan_pendidikan_indonesia

Widodo, Arif, dkk. 2022. Analisis Kesulitan Guru Dalam Mengukur Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol 4 No 5 Thn 2022 E-ISSN: 2685-936X dan P-ISSN: 2685-9351. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/6654

Wijaya, Mokhamad Hadi. 2018. Rancang Bangun Chatbot Pembelajaran Java Pada Google Classroom dan Facebook Messenger. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK). https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Media+pembelajaran+chatbot&btnG=#d=gs_qabs&t=1671789679980&u=%23p%3DOWwjxygkoMIJ

Yenggi. 2022. Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping di SD Muhammadiyah 1 Bontoala Kota Makassar. Unismuh Makassar.

Downloads

Published

2023-05-07

How to Cite

Akram Mei Hasman, Nadrah Nadrah, & Rahmatia Tahir. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MEDIA INTERAKTIF DIGITAL BERBASIS CHATBOT PADA SISWA KELAS IV 2 UPT SD NEGERI 8 BINAMU KECAMATAN BINAMU KABUPATEN JENEPONTO. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 01–25. https://doi.org/10.58192/sidu.v2i2.770