Pengaruh Model Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi SMA 1 Pagaden
DOI:
https://doi.org/10.58192/sidu.v1i3.693Keywords:
Model Pembelajaran daring dan motivasiAbstract
Berdasarkan latar belakang belum diketahuinya pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa kelas X MIPA 1 dan X MIPA 6penjas di SMAN 1 PAGADEN. Tujuan dari penelitian ingin mengetahui perbandingan motivasi belajar antara kelas X Mipa 1 dan kelas X Mipa 6 dalam pembelajaran daring pendidiikan jasmani. Metode yang digunakan menggunakan metode ex-post facto, populasi enam kelas dan menggunakan teknik cluster sampling. Temuan penelitian tidak terdapat perbedaan yang signifikan dari motivasi belajar pembelajaran daring pendidikan jasmani siswa siswi kelas X MIPA 1 (Unggulan) dan X MIPA 6 (Reguler) SMAN 1 Pagaden dan impikasinya sekolah bisa mengevaluasi sistem pembelajaran daring guna meningkatkan motivasi belajar terutama pada mata pelajaran Pendidikan jasmani.
References
Andhetya Cahyadi, Iin diah Listianti, Sari Puteri Deta Larasati, 2020, motivasi belajar siswa SMA pada pembelajaran daring di masa pendemi covid-19, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Alli sadikin , afreni Hamidah, 2020, Pembelajaran daring di tengah wabah covid-19, FKIP Universitas Jambi
Arikunto,S ,2006,prosedur penelitian suatu pendekatan praktik,Jakarta:rineka cipta
Aris Risyanto M.Pd, Hubungan Motivasi Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani di SMP N2 Sidamulih, Universitas Pendidikan Indonesia
Asmuni, 2020, problematika pembelajaran daring di masa pendemi covid-19 dan solusi pemecahanya, jurnal pedagogy, selong kanupaten Lombok utara
Djamarah, Syaiful Bahri, 2011, psikologi belajar, Rineka cipta, Jakarta
Gery Mega Prasetyo, Febi Kurniawan, Citra Resita, 2020, pengaruh model pembelaajran Blanded Learning dalam Kebugaran JAsmani Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah MA Nurul Huda, FKIP, Universitas Singaperbangsa Karawang
Kompri ,2015, motivasi pembelajaran prespektif guru dan siswa, Remaja Rodakarya, Bandung
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan model pembelajaran daring dalam perkuliahan Bahasa Indonesia di perguruan tinggi . Indonesian leaguage education.
Kuntum An Nisa Imania & Siti Khusnul Bariah,rencana pengembangan instrument penilaina pembelaajran berbasis daring, Jurnal PETIK. Vol 5. 31-47
Kumar. V, & Nanda, P, (2018), Social Media in Higher Education, International Journal of Information and Comunication Technology Education.
Kristiyandaru, Advendi. 2010. Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.
Nurhadi Apriadi,2020, Minat dan Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Secara Daring, Universitas Pendidikan Indonesia
Molinda. M, 2005, Instructional Technology and Media for Learning, New Jersey Colombus, Ohio
Mulyasa, 2013, pengembangan dan implementasi kurikulum 2013, Bandung:Remaja Rosadakarya
Muhamad Faiz Al-Hanif, 2021, survey motivasi dan minat belajar terhadap pembelajaran daring mata pelajaran penjasoerkes di SMK Islam Al qomar kecamatan patianrowo kabupaten nganjuk, Universitas Nusantara PGRI Kediri
Mirzon Daheri, Juliana, Deriwanto, Ahmad Dibul Anda, 2020, efektifitas whatsapp sebagai media belajar daring, Instirut agama isman negeri (IAIN) curup, bengkulu
Moh. Surya, 1997, psikologi Pembelajaran dan pengajaran. Bandung, PBB- IKIP Bandung
Oktafia ika handarini, 2020, pembelajaran daring sebagai upaya study from home (SFH) selama pendemi covid-19, universitas negeri surabaya
Purwoto , 2003, straregi belajar mengajar, Surakarta. UNS press
Ridwan, 2010, Belajar Mudah Penelitian, Alfabeta, Bandung
Rizqon halal syah aji, 2020, dampak covid-19 pada Pendidikan di Indonesia :sekolah,keterampilan dan proses pembelajaran, sekolah ekonomi unuversitas kebangsaan Malaysia
Rohmah Noer, 2015, psikologi pendidikan, Kalinedia, Yogyakarta
Rosdiano, Dini, (2012), perencanaan Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung :A lfabeta
Rosdiana, Dini. (2013), model Pembelajaran Langsung Dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Bandung:Alfabeta
Slameto,2010, belajar dan factor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta, PT.RIneka cipta
Sudirman ,2011,interaksi dan motivasi belajaar mengajar. Jakarta:PT. Grafindo Indonesia
Sugiyono, 2011, metode penelitian kuantitatif,kualitatif dan R&d, bandung:alfabeta CV
Sugiyono, 2014, metode penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif,kualitatif dan R&d, bandung:alfabeta
Sugiyono, 2017, metode penelitian kuantitatif,kualitatif dan R&d, bandung:alfabeta CV
Syafirda & Ralang Hartati, 2020, Bersama melawan covid-19 di Indonesia, universitas negeri tama jagakarsa
Wingkel, W.S, 1983, psikologi pendidikan dan evaluasi belajar, gramedia, Jakarta
Yusuf Bilfaqih & M.Nur Komarudin, 2015, Esensi Penyusunan Materi Pembeljaran daring, Yogyakarta