Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Balong Kabupaten Ponorogo
DOI:
https://doi.org/10.58192/sidu.v2i1.691Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI), Hasil BelajarAbstract
Model pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning / CL), yaitu model pengajaran dimana siswa belajar dalam kelompok-kelompok kecil. Setiap anggota kelompok saling bekerja sama dalam mengerjakan tugas. Group Investigation (GI) merupakan model pembelajaran yang memberi kebebasan pada siswa untuk membuat kelompok kecil dengan jumlah anggota 2-6 orang. Masing-masing kelompok memilih topik materi yang telah dipelajari, dan membagi topik-topik tersebut menjadi tugas pribadi. Hasil dari pekerjaan tugas pribadi anggota dipersiapkan untuk menyusun laporan kelompok. Belajar dikatakan belum selesai jika ada anggota kelompok yang belum menguasai bahan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Adakah peningkatan penguasaan materi pelajaran Sejarah pada kompetensi dasar menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan Bangsa Eropa melalui model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) siswa kelas XI IPS 1 SMAN 1 Balong Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2018/2019. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian tindakan. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru lain serta dengan kepala sekolah. Peneliti terlibat langsung dalam penelitian mulai dari awal sampai penelitian berakhir. Peneliti berusaha melihat, mengamati, merasakan, menghayati, merefleksi dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Tahap-tahap pelaksanaan penelitian tindakan terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat maka data yang telah terkumpul dianalisis secara statistik yaitu mengunakan rumus mean atau rata-rata. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa nilai rata-rata pada siklus I 75,46 dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 84,04. Mengacu pada hipotesis tindakan yang diajukan dalam penelitian tindakan kelas ini maka dapat disimpulkan bahwa: ada peningkatan penguasaan materi pelajaran Sejarah pada kompetensi dasar menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan Bangsa Eropa melalui model pembelajaran kooperatif Group Investigation siswa kelas XI IPS 1 SMAN 1 Balong Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2018/2019.
References
Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Kartu Domino Bilangan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Pelangi, 9(2), 123–134. https://doi.org/10.22202/jp.2017.v9i2.1900
Arsyad, A. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada
Arsyad, A. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta. Rajawali Press
Fitri, A. Z., & Haryanti, N. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Mixed method dan Research and Development. Malang: Madani Media.
Haryanti, N., Putra, T., & Putrianingsih, S. (2022). Analisis Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran …. Jurnal Pendidikan …, 10(3), 1057–1072. Diambil dari https://www.journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/PKWU/article/view/610%0Ahttps://www.journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/PKWU/article/download/610/378
Haryanti, Nik. (2014). Ilmu Pendidikan islam. Malang: Gunung Samudera.
Haryanti, Nik. (2014). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta.
Haryanti, Nik, & Hidayati, Y. (2022). Inovasi Model Aplikasi Pembelajaran Online Daring di Sekolah. Purbalingga: Eurika Media Aksara.
Haryanti, Nik, Muhibbudin, & Junaris, I. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa (Disleksia dan Disgrafia). Journal of Instructional and Development Researches, 2(1), 7–16.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sulistio, A., & Haryanti, N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif. Purbalingga: Eurika Media Aksara.
Mawardi, M. 2018. Designing the Implementation of Model and Instructional Media. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
Sardiman, A. S. 2012. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana