Peningkatan Hasil Belajar 4 Gerakan Tari Kupu-Kupu Menggunakan Video Learning Di Kelas I SDN 3 Tugu Tasikmalaya

Authors

  • Rizqie Dwiyanti Ayuningtias Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Agus Ahmad Wakih Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Winarti Dwi Febriani Universitas Perjuangan Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.58192/sidu.v2i1.622

Keywords:

Hasil Belajar, Tari Kupu-Kupu, Video Learning.

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu, rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajar 4 gerakan tari kupu-kupu di kelas I SDN 3 Tugu Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perencanaan, pelaksanaan, dan peningkatan keterampilan 4 gerakan tari kupu-kupu dengan menggunakan video learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sesuai dengan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari perncanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi dalam setiap siklus. Bahasan penelitian ini menggunakan video learning dalam proses pembelajaran 4 gerakan tari kupu-kupu yang dilakukan tes pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil belajar peserta didik pada pembelajaran 4 gerakan tari kupu-kupu menggunakan video learning di kelas I SDN 3 Tugu Tasikmalya mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Peningkatan tersebut sebelum menggunakan video learning (Pra tindakan) memperoleh nilai rata-rata 63,5 dengan presentase 15%  kategori “kurang” Setelah menggunaan video learning pada siklus I memperoleh nilai rata-rata  68,5 dengan presentase 44% kategori “kurang” Kemudia pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 80,5 dengan presentase 81% kategori “baik”.

References

Aminudin. (2018). Pengajaran Apresiasi Karya Sastra. Sinar Baru.

Arief, S. S., Harjito, Anung, H., & Rahardjo, R. (2018). Media pendidikan : pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya (November 2). PT Rajagrafindo Persada 2018 Hak cipta 1986, pada penulis.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik / Suharsimi Arikunto (Rineka Cip).

Busyaeri, A., Udin, T., & Zenuddin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video. Al Ibtida, 3(20), 116–137.

Daryanto. (2016). Media pembelajaran : peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran (Cetakan I,). Gava Media.

Faraby, M. C. Al, T, J. M. F., & Wildan, R. M. A. P. (2021). Inovasi Video Based Learning Dalam Meningkatkan Interaksi Pada Proses Belajar Mengajar. 43–56.

Jazuli, M. (2008). Paradigma Kontekstual Pendidikan Seni. Unesa University Press.

Kemendikbud. (2018). Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013). Erlangga

Nainggolan, L. T., Zufriady, Z., & Guslinda, G. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Seni Tari Berbasis Gerak Alam Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 5(1), 57. https://doi.org/10.31258/jta.v5i1.57-77

Novalita, R. (2014). Pengaruh perencanaan pembelajaran terhadap pelaksanaan pembelajaran (suatu penelitian terhadap mahasiswa pplk program studi pendidikan geografi fkip universitas almuslim). Lentera: Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi, 147059.

Pebriani, N. L. P. P., Japa, I. G. N., & Antara, P. A. (2021). Video Pembelajaran Berbantuan Youtube untuk Meningkatkan Daya Tarik Siswa Belajar Perubahan Wujud Benda. Mimbar PGSD Undiksha, 9(3), 397–407.

Pudjiastuti, R. (2015). Pembelajaran Tari Kupu-Kupu Pada Siswa Kelas I Sdn 1 Karangsari Kecamatan Punggelan. In Universitas Negeri Semarang. https://doi.org/10.24036/jsu.v9i1.109393

Putri, D. I. (2019). Penguatan Program Pendidikan Karakter (PPK) Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Seni Tari Di Sd. Αγαη, 4(1), 125.

Riyana, C., & Asra. (2008). Komputer Sebagai Media Pembelajaran (pp. 5–7). Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

Sakti, Rochis Afiat Eka, and Wahyudi Wahyudi. "Penerapan Model VAK Berbasis HOTS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD." Jurnal Holistika 3.1 (2019): 37-44.

Sanaky, H. A. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif: Buku Bacaan Wajib Guru, Dosen, dan Calon Pendidik. Safirialinsani press.

Sanjaya, W. (2011). Kurikulum dan pembelajaran : teori dan praktik pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Kencana Prenada Media Group.

Suciati. (2018). Belajar dan Pembelajaran 2. Universitas Terbuk.

Suratun, S., Irwandani, I., & Latifah, S. (2018). Video Pembelajaran Berbasis Problem Solving Terintegrasi Chanel Youtube: Pengembangan pada Materi Cahaya Kelas VIII SMP. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(3), 271–282. https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i3.3602

Suryansyah, T., & Surwajo. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 209–221. htttp://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/index

Syefriani, Erawati, Y., & Rizqi, S. (2019). Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Seni Budaya Tari Kreasi Kelas Xi Sma Negeri 2 Bangko Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau. Koba, 6(1), 26–33. https://journal.uir.ac.id/index.php/koba/article/view/7884%0Ahttps://journal.uir.ac.id/index.php/koba/article/download/7884/3606

Zaini, I. (2008). Pembelajaran Seni Untuk Memberdayakan Anak Jalanan di Sanggar Alang-alang Surabaya. Imajinasi Jurnal Seni FBS Unnes, 2, 1

Downloads

Published

2023-03-13

How to Cite

Rizqie Dwiyanti Ayuningtias, Agus Ahmad Wakih, & Winarti Dwi Febriani. (2023). Peningkatan Hasil Belajar 4 Gerakan Tari Kupu-Kupu Menggunakan Video Learning Di Kelas I SDN 3 Tugu Tasikmalaya. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 196–212. https://doi.org/10.58192/sidu.v2i1.622