PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VII DI MTS S TERPADU GUGUAK RANDAH
DOI:
https://doi.org/10.58192/sidu.v2i1.513Keywords:
Pembelajaran Pembelajaran Reward, Hasil Belajar.Abstract
Berdasarkan pada data nilai peneliti dapat menyimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas VII yang berjumlah 70 orang pada mata pelajaran akidah akhlak tergolong rendah, di mulai dari nilai ulangan harian (UH), ujian tengah semester (UTS), dan ujian akhir semester (UAS) rata-rata berada di bawah KKM, rendahnya hasil belajar siswa di atas sebagai proses pembelajaranyang dilakukan selama ini. Dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah penelitian menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penefsiran data, serta penampilan dari hasilnya. Sdangkan jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, yaitu peneltian yang bertujuan untuk memperoleh informasi yang dapat diperoleh dari eksperimen berdasarkan perlakuan (Treatment) terhadap suatu unit percobaan dalam batas-batas desain yang ditetapkan pada kelas eksperimen sehingga di peroleh data yang menggambarkan apa yang diharapkan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Quasy Eksperimental subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII1 jumlah populasi 20 peserta didik. Sampel penelitian yaitu kelas VII3 sebagai kelas ekpsperimen dengan model pembelajaran pemberian Reward, kelas VII1 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran Konvesional . teknis analalisis data menggunakan uji nolmalitas dengan uji Shapiro Whilk, dan homogenitas dengan Chi – Square. Dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan uji-t post Group. Berdasarkan data yang telah peneliti kumpulkan menunjukkan bahwa hasil belajar dalam kelompok eksperimen diperoleh rata-rata = rata-rata= 13,29 dan pada kelompok kontrol di peroleh rata-rata= 8,57, sehingga menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran reward terhahadap hasil belajar akidah akhlak. Hal ini sesuai dengan perhitungan uji- t dan uji menggunakan SPSS17 yangmana dari uji-t diperoleh hasil t hitung = 11.766 dan nilai t table = 1,734, maka t hitung > t table maka Ho ditolak dan Hi di terima serta perhitungan dengan menggunakan SPSS17 di peroleh nilai signifikan 2-tailed atau nilai sig. (2-tailet)= 0.000 pada taraf nyata,a = 0,05. Karena nilai signifikan 2-tailet <a, yaitu 0, 000< 0,05 maka Ho di tolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh terhadap penerapan model pembelajaran Pemberian Reward terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak kelas VII di MTS S Terpadu guguak Randah.
References
A. Rahman Shaleh, kamus lengkap bahasa Indonesia, (jombang: lintas media)
Abdullah bin ‘Abdil Hamid al-Atsari, 2005. Panduan Aqidah Lengkap Bogor: Pustaka Ibnu Katsir,
Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta
Abu Ahmadi, 2004 Psikologi Belajar, Jakarta: Rienka Cipta,
Ahmad jayadi & Abdul majid, 2005. tadzikirah pembelajaran pendidikan agama islam, PT. Rata Grafindo Persada,
Al-Qur’an dan Terjemahan, 2014. CV. Pustaka Jaya Ilmu
Aris Shoimin, 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA,
Departeman Pendidikan Nasional, 2003, Undang–Undang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas,
E. Mulyasa , 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi, konsep, Karakteristik dan Implementasi), Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Fuad bin Abdul Aziz Al-Syalhub, 2005.Panduan Praktis Bagi Para Pendidik, Quantum Teaching, Jakarta: Zikrul Hakim,
Fuad ihsan. 2005.Dasar-dasar Kependidikan, Cet. 4,Jakarta : Rineka Cipta.
Hamzah B Uno dan Nurdin Muhammad, 2011. Belajar dengan Peendekatan PAILKEM Jakarta: Bumi Aksara,
Imam Ghazali Masykur, Lc,dkk, 2014,”AL MUMAYYAZ (Al-Qur’an Tajwid Warna Transeliterasi pr kata terjemah per kata). Bekasi: Cipta Bagus segara,
Imas Kurnasih & Berlin Sani, 2014. Implementasi Kurikulum 2013 konsep dan penerapan, (Surabaya, Kata Pena,
Kompri, 2015. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa, Bandung: Remaja Rosdakarya,
M. Yamin Abdullah, 2007. Studi Akhlak Dalam Perspektif Al-Qur’an Jakarta: Amzah,
Mokh. Iman Firmansyah. “Pendidikan Agama Islam:pengertian, tujuan, dasar dan fungsi:.Vol 17 No. 2-2019
Nana Sudjana, 2011. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Prose Belajar Mengaja, Bandung: Sinar Baru Algensindo,
Nana Sudjana, 2010, Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo,
Ngalim Purwanto, 2005, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: Rosdakarya,
Oemar hamalik2001, Kurikulum dan pembelajaran, Jakarta: PT. Bumi Aksara,
Peraturan Pemerintah RI no 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan, 2005 .Jakarta: BP. Cipta Jaya,
Pupuh Fathurrahman & M. Sobry Sutikno, 2007, Strategi Belajar Mengajar,Bandung: Aditama,
S. Margono, 2005, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta,
Salmi Wati, Charles, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Card Sort Terhadap Hasil Belajar PAI, Materi Hukum Tajwid Kelas XI IPS di SMA N 1 Timpeh, Vol. 6. No. 2 Tahun 2022
Saminanto, 2010,Ayo Praktik Penelitian Tindakan Kelas, Semarang: Rasail Media Group,
Sugiyono, 2012, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta
Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung, Alfabeta,
Suma di Suryabrata, Metodologi Penelitian,Jakarta : Rajawali Pers,
Tadjab, Muhaimin, Abd. Mujib, 1994,Dimensi-Dimensi Studi Islam .Surabaya: Karya Abditama,
Wedra Aprison dan Iswantir, Pengaruh penggunaan E-Learning Aplikasi Moodle Terhadap hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Batang Kapas, Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, Vol. 2. Tahun 2022
Wina Sanjaya, 2008, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta : PT. Kencana Prenada Group,
Zainal Arifin, 2010, Evaluasi Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya,
Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter, konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan (Jakarta: Kencana Media Droup)