PENGARUH PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI PADA TOPIK BAHASAN BERBASIS PSIKOMOTOR TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH SISWA KELAS X DI MAN 2 KOTA PAYAKUMBUH
DOI:
https://doi.org/10.58192/sidu.v2i1.512Keywords:
Metode Demonstrasi, Pembahasan Berbasis Psikomotor, Hasil Belajar, Mata Pelajaran FikihAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan di kelas X MAN 2 Kota Payakumbuh. Berdasarkan hasil observasi ditemukan bahwa permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa ada yang tidak mencapai KKM, siswa belum mampu mengaplikasikan materi pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari, dan proses pembelajaran diikuti oleh beberapa siswa yang kurang aktif, cenderung diam, melamun, asyik bermain dengan teman sebangku dan bahkan ada yang tidur. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan metode demonstrasi pada topik bahasan berbasis psikomotor terhadap hasil belajar fikih siswa kelas X di MAN 2 Kota Payakumbuh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di MAN 2 Kota Payakumbuh Tahun Pelajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir belajar yang berbentuk objektif dengan validitas tes. Analisis tes akhir yang diperoleh bahwa kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Statistik yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah dengan teknik korelasi Pearson Product Moment diperoleh signifikansi 0,5262 ≥ 0,2144 maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan hipotesis dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap hasil belajar Fikih siswa kelas X di MAN 2 Kota Payakumbuh.
References
Alizamar. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi
Anitah, Sri. 2015. Strategi Pembelajaran, Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Yogyakarta; Bumi Aksara
Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ar-Ruzz Media
Bakar, Rosdiana A. 2009. Pendidikan Suatu Pengantar. Bandung: Citapustaka Media Perintis
Burhan, M Bungin. 2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Kencana
Darajar, Zakiah. 1995. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara
Departemen Agama RI. 2005. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Al-Huda
Direktorat Kskk Madrasah and others. 2019. ‘KMA 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI Dan Bahasa Arab’
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta
Ecce’. 2018. Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas VII Pada Pembelajaran Fikih di MTsn Model Palopo
Hadi, Sutrisno. 2004. Metotagi Research Jilid II, cet. V, Yogyakarta: UGM
Handayani, Fitri dan Salmi Wati. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dengan Model Pembelajaran Jigsaw Di Kelas VII Mts S Bawan Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam, JURNAL INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, Vol 1, No 2.
Hasnita. 2021. ‘Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA di Kelas V SDN 347 Lamasi Pantai’
Hermawan. 2008. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Universitas Terbuka
Kamal, Muhiddinur, Muhammad Zainuddin bin Arrifaldi, and Muhammad Rezi. 2021 “Fostering Students Creativity in Accademic Writing at Islamic Junior High School Koto Tuo, West Pasaman”, Al-Ta Lim Journal Vol.22, No.1
Koto, Alaiddin. 2004. Ilmu Fikih dan Ushul Fikih. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Madrasah and others. 2019. ‘KMA 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI Dan Bahasa Arab’
Masganti. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Medan: Perdana Publishing
Moedjiono, Hasibuan. 2008. Proses Belajar Mengajar, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Narbuko, Cholid. 2001. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara
Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran, Jakarta: Dilia Press
Pratama, Andy Riski, et al. "Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 4 Kota Bukittinggi." CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan 3.1 (2023): 16-28.
Ririta, Muhiddinur Kamal, Wedra Aprison, Salmiwati. 2022. Strategi Pembelajaran dalam Pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal Mata Pelajaran PAI di SMP N 32 Sijunjung, Jurnal Pendidikan Tambusai Vol.6, No.1
Roestiyah NK. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sesmiarni, Zulfani. 2014. Kecerdasan Jamak Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol.1, No.2
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Suyono dan Hariyanto. 2015. Implementasi Belajar dan Pembelajaran, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Tambak, Syahraini. 2014. 6 Metode Ilmiah dan Inovatif Pendidikan Agama Islam, Yogyakarta: Graha Ilmu
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. 2008. Jakarta: Redaksi Sinar Grafika