PENGARUH MEDIA MUSIK DAN LAGU DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI

Authors

  • Adyla Syukrhaini Marwi UIN Sumatera Utara
  • Isnaini Rahmah Lubis UIN Sumatera Utara
  • Yulianti Sinurat UIN Sumatera Utara
  • Syarifah Widya Ulfa UIN Sumatera Utara
  • Tsaabitah Husnaa Br Nainggolan UIN Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.58192/sidu.v2i1.507

Keywords:

Musik, Lagu, Media, Pembelajaran

Abstract

Musik merupakan segala sesuatu yang menyenangkan, mendatangkan keceriaan, mempunyai irama (ritme), melody, timbre (tone colour) tertentu untuk membantu tubuh dan pikiran saling bekerja sama. Musik telah lama dianggap memiliki pengaruh terhadap tubuh maupun jiwa manusia. Musik juga dapat menyeimbangkan fungsi otak kanan dan otak kiri, yang berarti menyeimbangkan perkembangan aspek intelektual dan emosional. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah  metode kuantitatif deskriptif. Penelitian kuantitatif ialah penelitian yang menjabarkan suatu fenomena. Metode ini digunakan untuk mendeskripsikan atau menjabarkan dengan jelas tentang pengaruh media music terhadap hasil belajar siswa. Hasil temuan menunjukkan bahwa mendengarkan music saat melakukan pembelajaran dalam kelas dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penggunaan musik di kelas akan membantu meningkatkan kegembiraan siswa dalam belajar dan sekaligus juga dapat meningkatkan efektivitas ketercapaian tujuan. Yang tidak kalah pentingnya belajar melalui musik dan atau belajar dengan music.

References

Campbell, Don. (2001) Efek Mozart, memanfaatkan Kekuatan Musik untuk Mempertajam

Chris Brewer, (1995) Music and Learning: Integrating Music in the Classroom. Pikiran,Meningkatkan Kreativitas, dan Menyehatkan Tubuh. Jakarta : Gramedia

Gerlach, Vernon S., and Donald P. Ely, 1971, Teaching and media : A systematic approach, Prentice-Hall, Englewood Cliffs, N.J

Izam, S. (2016). Pengaruh Musik Terhadap Kenyamanan Belajar Pengguna di perpustakaan mis lamgogub banda Aceh.

Jamalus. 1988. Pengajaran Musik melalui Pengalaman Musik. Jakarta: Depdikbud.

Kotu, J. T. (2017). Efektifitas Penggunaan Musik Terhadap Konsentrasi Belajar Fisika Kelas XI SMAN 3 Sungguminasa. Jurnal UIN Alauddin Makassar.

Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mustajib, A. (2010). Rahasia Dahsyat Terapi Otak. Jakarta: PT. Wahyu Media

Pasiak, T. (2007). Brain Management for Self Improvement. Bandung: Mizan.

Pramono, Octavia. 2015. Temukan Sedini Mungkin Keajaiban Potensi Anak Anda. Yogyakarta: In Azna Books.

Raharja, B. (2009). Efek Musik Terhadap Prestasi Anak Usia Prasekolah. Jurnal Cakrawala Pendidikan, XXVIII(2), 132–144.

Supradewi. (2010). Otak, music dan belajar. Buletin Psikologi, 58-68.

Wulansari, M. S., Dewi, S., & Murni, S. (2019). Pengaruh MUSIK Instrumental Islami Terhadap Kemampuan Pemecahan Msalah Matematis siswa kelas III Pada pembelajaran Matematika Di Sekola Dasar. Journal of Elementary Education, 02(01), 10–17.

Zamil, I. (2016). Pengaruh Musik dan Lingkungan Belajar Terhadap Siswa. Juurnal PPKn & Hukum, 11(2), 149–160.

Downloads

Published

2023-01-14

How to Cite

Adyla Syukrhaini Marwi, Isnaini Rahmah Lubis, Yulianti Sinurat, Syarifah Widya Ulfa, & Tsaabitah Husnaa Br Nainggolan. (2023). PENGARUH MEDIA MUSIK DAN LAGU DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 74–86. https://doi.org/10.58192/sidu.v2i1.507