Permainan Tradisional dalam Meningkatkan Aspek Perkembangan Moral Anak SD

Authors

  • Durratus Sa’diyah Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.58192/sidu.v2i1.504

Keywords:

perkembangan moral, permainan tradisional, nilai-nilai

Abstract

Lingkungan sekolah memiliki peranan penting dalam pembentukan moral pelajar terlebih lagi pada masa sekarang di mana kemajuan teknologi dan arus globalisasi memicu degradasi moral penerus bangsa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan pendidikan moral melalui permainan tradisional. Kajian ini bertujuan untuk menemukenali nilai-nilai dalam permainan tradisional yang dapat mengembangkan moral anak. Hasil kajian mengungkap dalam permainan tradisional terkandung nilai-nilai karakter yang teramat strategis bagi penanaman, pembentukan, atau penguatan jati diri anak. Maka dari itu, perkembangan moral diharapkan dapat lebih optimal melalui permainan tradisional yang dipantau oleh guru.

References

Andriani, T., 2012. Permainan tradisional dalam membentuk karakter anak usia dini. Sosial Budaya, 9(1), pp.121-136 diakses melalui

https://media.neliti.com/media/publications/40427-ID-permainan-tradisional-dalam-membentuk-karakter-anak-usia-dini.pdf

Cholifah, P.S., 2017. Pemahaman perspektif sosial, penalaran moral dan prososial, serta pengaruh teman sebaya pada siswa sekolah dasar. Jurnal Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 1(2),

pp.1-11 diakses melalui

http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/79

Herawati, E.N., 2015. Nilai-Nilai Karakter Yang Terkandung Dalam Dolanan Anak Pada Festival Dolanan Anak Se-DIY 2013. Imaji: Jurnal Seni Dan Pendidikan Seni, 13(1) diakses melalui

https://journal.uny.ac.id/index.php/imaji/article/view/4045

Iswinarti, I., 2020. Model Peningkatan Perkembangan Moral Anak Melalui Permainan Tradisional: Bildung: Yogyakarta diakses melalui https://eprints.umm.ac.id/78939/1/Iswinarti%20-%20Model%20Peningkatan%20Perkembangan%20Moral%20Anak%20Melalui%20Permainan%20Tradisional.pdf

Kompas.com, 2020. Kasus "Bullying" yang Tewaskan Siswa SD di Tasikmalaya, KPAI Menduga Terduga Terpapar Konten Pornografi diakses melalui https://regional.kompas.com/read/2022/07/24/060600878/kasus-bullying-yang-tewaskan-siswa-sd-di-tasikmalaya-kpai-menduga-pelaku?page=all

Pamungkas, J., 2015. Stimulasi perkembangan nilai-nilai agama dan moral pada anak usia dini melalui estetika gerak permainan tradisional masyarakat Yogyakarta. Jurnal penelitian ilmu pendidikan, 8(2) diakses melalui https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/view/8265

Samho, B., 2016. Mengupayakan Pendidikan Nilai-Nilai Moral Berdasarkan Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara diakses melalui https://repository.unpar.ac.id/bitstream/handle/123456789/4434/maklhsc325_Bartolomeus_Mengupayakan%20pendidikan%20nilai-p.pdf?sequence=3&isAllowed=y

Saputra, S.Y., 2017. Permainan tradisional vs permainan modern dalam penanaman nilai karakter di sekolah dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1) diakses melalui http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/873

Rafael, Simon Petrus. 2022. Modul 1.1 “Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional - Ki Hadjar Dewantara” Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi: Jakarta diakses melalui https://pubhtml5.com/jpfsi/vxwn/basic/

Utami, D.T., Raihana, R. and Wahyuni, I.W., 2022. Permainan Tradisional Statak Meningkatkan Aspek Perkembangan Agama Dan Moral Anak. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 19(1), pp.29-44 diakses melalui https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=ja&user=ImOrdswAAAAJ&citation_for_view=ImOrdswAAAAJ:YsMSGLbcyi4C

Wardani, IG.A.K. dkk. 2014. Perspektif Pendidikan SD. Universitas Terbuka: Tangerang Selatan.

Downloads

Published

2023-01-13

How to Cite

Durratus Sa’diyah. (2023). Permainan Tradisional dalam Meningkatkan Aspek Perkembangan Moral Anak SD. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–66. https://doi.org/10.58192/sidu.v2i1.504