PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SAINTIFIK BERBASIS STEAM DAN LOOSE PARTS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA SISWA

Authors

  • Atik Wahidatul Hasanah Universitas PGRI Semarang
  • Sumarno Universitas PGRI Semarang
  • Ida Dwijayanti Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.58192/sidu.v2i1.503

Abstract

hasil analisis awal bahwa penggunaan model pembelajaran guru di RA Al Kautsar Kebonbatur Mranggen Demak masih sangat rendah sekali karena rata rata ada pada kategori kurang. Hal ini karena kebanyakan  guru hanya melakukan pembelajaran dengen ceramah di depan dan menulis di papan tulis serta bernyanyi untuk menghidupkan suasana, pada pengamatan terhadap penggunaan alat bantu pembeljaaran ada pada kategori cukup ini artinya sudah ada alat bantu atau media pembelajaran, hanya kurang maksimal penggunaannya dan khusus alat bantu looseparts masih kurang. keaktifan belajar anak ada pada kategori kurang, hal ini disebabkan salama pembelajaran guru kurang dapat memberikan stimulasi secara tepat terhadap arah perkembangan kognitif anak sehingga keaktifan anak menjadi kurang, respon anak dalam pembelajaran ada pada kategori sangat kurang. Sedangkan keterlibatan anak dalam pembelajaran ada pada kategori kurang kemudian perkembangan kognitif anak ada pada ketegori kurang kemampuan kognitif diberbagai aspek masih kurang sekali seperti memecahkan masalah sederhana, berfikir logis sebab akibat, berpikir simbolik seperti konsep bialangan mengenal huruf dan lain sebagainya. Oleh sebab itu perlu dikembangkan model pembelajaran saintifik berbasis steam  dan loose parts untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada siswa.

References

Kurniawan, M. I. (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190–199.

Qomaria, N. (2020). Guru menggunakan metode sosiodrama dalam mengembangkan keterampilan berbahasa anak yang masih rendah di TK Darussalam Wedoro Belahan Waru …. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44183

Raharjo, S. B. (2013). Evaluasi Trend Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16(2), 511–532. https://doi.org/10.21831/pep.v16i2.1129

Ditjen PAUDNI, Pedoman Pendekatan Saintifik, Jakarta: Kemendikbud, 2014.

Yuliani Nurani, dkk., Implementasi Kurikulum 2013 PAUD, Jakarta: Yayasan Yebefo, 2015

Dewi Ishak, Abdul Rahmat, M. Z. (2020). Prosiding Webinar Magister Pendidikan Nonformal UNG | 207. Webinar Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, September, 207–218

Purnamasari, I., Handayani, D., & ... (2020). Stimulasi Keterampilan HOTs dalam PAUD Melalui Pembelajaran STEAM. Prosiding Seminar …, 2008. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/614/533

Musayyadah, Pusparini, D., & Anggra, D. D. (2019). Penerapan Metode Bermuatan STEAM ( Science , Technology , Engineering , Art , Mathematic ) Untuk Meningkatkan Pembelajaran Pada Anak Usia Dini. Prosiding National Conference on Mathematics, Science, and Education (NACOMSE), “Mewujudkan Generasi Unggul Dan Berdaya Saing Di Era Revolusi Industri 4.0,”2(1), 99–104.

Agustina, D., Mugara, R., & Rohmalina, R. (2020). Pembelajaran Steam pada Pembuatan Instalasi PenJernihan Air Menggunakan Botol Plastik Air Mineral untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(4), 323–328.

Nurjanah, N. E. (2019). Pembelajaran STEM Berbasis Loose Parts untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PUD.

Safitri, D., Lestariningrum, A., & Nusantara, U. (2021). Penerapan Media Loose Part untuk Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1.3612), 40–52.

Montolalu. W (2008) Bermain Dalam Kelompok, Bermain Bola, Bermain dengan Angka. Jakarta: Grasindo

Fatmawijayati., J. 2018. Telaah Kreativitas. See discussions, stats, and author profiles for this publication at: https://www.researchgate.net /publication/328217424.

Prameswari, T. W & Lestariningrum, A. (2020). STEAM Based Learning Strategies by Playing Loose Parts for the Achievement of 4C Skills in Children 4-5 Years. Jurnal Efektor, 7 (1), pp: 24-34.

Muqowin, & Imamah. Z. (2020). Pengembangan Kreativitas dan Berpikir Kritis Pada Anak Usia Dini melalui Metode Pembelajaran Berbasis STEAM and Loose Parts. YINYANG. Jurnal Studi Islam, Gender, dan anak. Vol.15, No.2 Juli 2020.https://doi.org/10.24090/yinyang.v15i2.3917

Mulyati, S., & Sukmawijaya, A. A. (2013). Meningkatkan Kreativitas pada Anak. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan.

Shabrina, E., & Lestariningrum, A. (2020). The role of loose parts play in logical thinking skill in KB Lab school. Journal of Early Childhood Care and Education. https://doi.org/10.26555/jecce.v3i1.1679

Heldanita. (2018). Pengembangan Kreativitas Melalui Eksplorasi. Golden Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini.

Fauziah, N. (2018). Penggunaan Media Bahan Alam Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak. JIV, 8(1), 23–30. https://doi.org/10.21009/jiv.0801.4

Kusumawardani. R. et.al. (2018). Profil Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD dan DIKMAS-Vol.13, No.1, Juni 2018

Downloads

Published

2023-01-13

How to Cite

Atik Wahidatul Hasanah, Sumarno, & Ida Dwijayanti. (2023). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SAINTIFIK BERBASIS STEAM DAN LOOSE PARTS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA SISWA. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 42–54. https://doi.org/10.58192/sidu.v2i1.503