IMPLEMENTASI KAPILARA (KARAKTER PILAR DUA) MELALUI KEGIATAN PEMBIASAAN UNTUK MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK

Authors

  • Kustiana Dewi Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.58192/sidu.v2i1.502

Keywords:

Kapilara, Pembiasaan, Kemandirian

Abstract

Urgensi dari proses pendidikan adalah terbentuknya manusia yang berkarakter. Pembentukan karakter tersebut dimulai sedini mungkin. Dalam menanamkan nilai karakter pada anak merupakan sarana paling penting dalam pilar pendidikan terhadap upaya pembinaan dedikasi positif bagi anak dalam menghormati tatanan hidup seperti etika dan tingkah laku. Implementasi pendidikan karakter terhadap anak usia dini dapat dilakukan dengan 9 pilar karakter melalui pembiasaan dan keteladanan yang difokuskan pada karakter pilar dua yaitu karakter kemandirian. Sebagaimana kita ketahui bahwa pada pendidikan anak usia dini sering kita jumpai beberapa anak yang belum mandiri misalnya, anak makan masih disuapi, enggan mengambil minum sendiri, sekolah minta ditunggui memakai dan melepas sepatu dengan bantuan guru/orang tua dan membiarkan peralatan belajarnya tergeletak disembarang tempat. Guru perlu menerapkan pendidikan karakter kemandirian pada peserta didik melalui kegiatan pembiasaan dan keteladanan yang tertuang dalam RPPH (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian). Guru membiasakan perilaku kemandirian pada peserta didik melalui aktivitas rutin dan berulang-ulang. Perubahan yang nampak pada peserta didik setelah menerapkan pilar dua melalui pembiasaan yakni peserta didik menjadi lebih mandiri seperti makan dan minum sendiri, berani bersekolah sendiri tanpa ditunggui, bisa memakai dan melepas sepatu sendiri serta mampu merapikan peralatan belajarnya secara mandiri.

References

Irin Setiani, Agung Prasetyo. 2013. Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Media Pilar Karakter 2 Pada Tk B Di Ra Pelangi Nusantara 02 Semarang Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Penelitian PAUDIA.

Novan Ardy Wiyani. 2020. Manajemen Program Pembiasaan Untuk Membentuk Karakter Mandiri Pada Anak di Paud Banyu Belik Purwokerto. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, Vol. 8 | No. 1 | Januari – Juni 2020.

Ruliana Fajriati, Yunita Prastiani. 2022. Implementasi Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan. Al Abyadh Volume 5, No 1, Juni 2022 (9-14).

Oksa Putri Unjunan, Emmy Budiartati. 2020. Pelaksanaan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Di Paud Sekar Nagari Unnes. Jurnal pendidikan non formal. Vol. 5 No 2 Hlm. 174 - 189. Agustus 2020. Universitas Negeri Semarang.

Andrianus Krobo. 2020. Identifikasi Penerapan Pendidikan Karakter (Pilar Dua : Kemandirian, Disiplin dan Tanggung Jawab) Di TK. Pertiwi XIII Kotaraja. PERNIK Jurnal PAUD, VOL 3 NO. 1 September 2020.

Nur Cahyani, Tri Joko Raharjo. 2021. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan di PAUD Sekolah Alam Ungaran. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah FIP Universitas Negeri Semarang, Vol. 1, No.1, Bulan April, 2021.

Aidah Sari. 2017. Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Kegiatan Pembiasaan Dan Keteladanan. Tarbawi Vol. 3 No. 02, Desember 2017, hal.249-258.

Endah Purwanti, Dodi Ahmad Haerudin. 2020. Implementasi Pendidikan Karakter terhadap Anak Usia Dini melalui Pembiasaan dan Keteladanan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, Vol. 9 | No. 2 | Juli - Desember 2020.

Siti Ridnawati. 2020. Implementasi Karakter Disiplin Anak Usia Dini Melalui Pendekatan 9 Pilar Karakter Dalam Pilar 2 Disiplin Mandiri Dan Tanggung Jawab Pada Kelompok B di TK Darul ‘Amal Tonjong. Jurnal Jendela Bunda.

Downloads

Published

2023-01-13

How to Cite

Kustiana Dewi. (2023). IMPLEMENTASI KAPILARA (KARAKTER PILAR DUA) MELALUI KEGIATAN PEMBIASAAN UNTUK MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 33–41. https://doi.org/10.58192/sidu.v2i1.502