KESALAHAN PENULISAN ARAB MELAYU DALAM TEKS TANJUNG PINANG KOTA PANTUN

Authors

  • Hasnah Faizah Universitas Riau
  • Ory Dwi Oktanur Universitas Riau
  • Mutia Novaska Universitas Riau
  • Yana Lisa Warni Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.58192/sidu.v1i4.371

Keywords:

menulis, Arab-Melayu, teks bacaan.

Abstract

Tulisan Arab Melayu pada hakikatnya adalah tulisan yang menggunakan Aksara Arab ditambah Aksara Non Arab dengan tidak berharakat seperti ; fathah, katsrah, dhommah, tasydid dan sebagainya. Tulisan Arab Melayu kerap kali dikembangkan menjadi rangkaian teks bacaan. Bahan bacaan teks Arab Melayu menjadi wadah pembelajaran budaya Melayu. Penulisan yang salah dapat menyebabkan kekeliruan bagi pembacanya. Maka dari itu, penulis melakukan kajian terhadap kesalahan penulisan Arab Melayu yang terdapat dalam teks bacaan Tanjung Pinang Kota Pantun. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi perkembangan dan kemajuan dalam penulisan Arab Melayu yang baik dan benar.

References

Dr. Nursapia Harahap, M. . (n.d.). PENELITIAN KUALITATIF. Diterbitkan & Dicetak Oleh Wal Ashri Publishing Jl. Ekarasmi Medan Sumatera Utara Cetakan Pertama , Maret 2020, 59.

Efendi, A. (2014). Analisis Kontrastif Penulisan Arab Melayu Riau dan Penulisan Bahasa Arab serta Implikasinya Terhadao Pengajaran Bahasa Arab. Sosial Budaya: Media Komunikasi Ilmu-Ilmu Sosial Dan Budaya, 11(2), 206–225. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SosialBudaya/article/view/917/873

Hermanda, R., AR, H. F., & Sinaga, M. (2016). KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN WACANA ARAB MELAYU MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UNIVERSITAS RIAU. Https://Medium.Com/. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Kamza, M., Haikal, M., & Kusnafizal, T. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Sumber Arab Melayu Berbasis Infografis Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Syiah Kuala. Jurnal PENDIDIKAN SEJARAH, 10(2), 97–115. https://doi.org/Doi.org/10.21009/JPS.102.01

Pratiwi, Y. (2018). Pola pembelajaran aksara arab melayu di kelas iii mis hm hefni jln. batang kuis desa dalu xa kec. Tanjung Morawa Kab. Deli Serdang. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4345

Rahmadhi, A., Rahmadhi, A., Yani, D., Tanjung, H., Teknik, J., Universitas, I., Utama, P., Jurusan, D., Informatika, T., Potensi, U., Utama, U. P., & Melayu, A. (2020). Perancangan Aplikasi Belajar Membaca Dan Menulis Aksara Arab Melayu Berbasis Android. Jurnal Mahasiswa Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer, 1(1), 829–843. http://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/FTIK/article/view/928/1363

Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. In Journal Equilibrium: Vol. 5 No. 9 (pp. 1–8). yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/Jurnal-Penelitian-Kualitatif.pdf

Risdiawati, D., Siswanto, W., & Nurhadi, N. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Tulisan Arab-Melayu. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(6), 1002–1007.

Roza, E. (2017). Aksara Arab-Melayu di Nusantara dan Sumbangsihnya dalam Pengembangan Khazanah Intelektual. Tsaqafah, 13(1), 177. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v13i1.982

Upaya, D. A. N., & Budaya, M. (n.d.). PEMBELAJARAN KITAB ARAB-MELAYU DI ACEH BESAR SEBAGAI PROSES TRANSFER ILMU AGAMA ISLAM PENDAHULUAN Meskipun dunia semakin maju dalam semua sendi kehidupan , namun kitab-kitab Arab-Melayu atau juga dikenal Arab-Jawi terus diajarkan di tengah-tengah masyarak. 374–397.

Downloads

Published

2022-12-16

How to Cite

Hasnah Faizah, Ory Dwi Oktanur, Mutia Novaska, & Yana Lisa Warni. (2022). KESALAHAN PENULISAN ARAB MELAYU DALAM TEKS TANJUNG PINANG KOTA PANTUN. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 1(4), 189–196. https://doi.org/10.58192/sidu.v1i4.371